Mobile
for SEO
Mobile

Microsoft PowerApps Permudah Pelaku Bisnis Ciptakan Aplikasi Seperti Membuat Slide PowerPoint

1 December 2015Glenn Kaonang

Bisa digunakan oleh siapa saja tanpa memerlukan bakat programming

Perkembangan teknologi digital berlangsung begitu pesat. Kini hampir semua layanan mempunyai aplikasi mobile. Akan tetapi di ranah bisnis, situasinya bisa dibilang agak stagnan. Selama bertahun-tahun, karyawan perusahaan masih ‘terperangkap’ di PC dan harus berkutat dengan aplikasi-aplikasi yang terasa kurang modern.

Menurut data yang dikumpulkan Microsoft, salah satu alasan utamanya adalah kurangnya jumlah developer yang bertugas merancang aplikasi mobile untuk perusahaan-perusahaan. Lebih lanjut, tantangan lainnya adalah sulitnya menyatukan seabrek data yang tersimpan di beberapa sistem ke dalam satu aplikasi yang mudah dinavigasikan.

Kalaupun dua problem di atas sudah dipenuhi, masih ada masalah lain yang harus diselesaikan, yaitu distribusi. Seringkali, aplikasi mobile suatu perusahaan harus didistribusikan lewat divisi IT. Ini merupakan suatu pekerjaan berat bagi mereka untuk menempatkan aplikasi ke smartphone milik semua karyawan.

Melihat kompleksitas semacam ini, Microsoft rupanya ingin memberikan alternatif yang lebih mudah buat seluruh pelaku bisnis. Mereka merilis Microsoft PowerApps, sebuah layanan baru yang memungkinkan pelaku bisnis untuk merancang aplikasi mobile atau web app sederhana tanpa harus menguasai dasar-dasar programming.

Microsoft PowerApps

Dengan PowerApps, karyawan perusahaan sejatinya bisa menciptakan aplikasi seperti ketika menggunakan Microsoft Office. PowerApps menyediakan berbagai template desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selanjutnya, aplikasi itu bisa disambungkan dengan berbagai layanan cloud, mulai dari Office 365, Dropbox, Salesforce sampai yang lebih kompleks seperti SQL Server maupun SAP.

Salah satu contoh aplikasi yang bisa dibuat adalah aplikasi untuk mengakomodasi pendaftaran sebuah event. Berbekal hanya file Excel, pengguna bisa menciptakan aplikasi yang apik, memudahkan karyawan lainnya untuk melakukan pendaftaran lewat smartphone masing-masing.

Microsoft PowerApps

Aplikasi yang dihasilkan PowerApps juga tidak terbatas platform. Proses pembuatannya memang melibatkan PC, tapi hasilnya bisa berupa aplikasi iOS, Android dan Windows Phone. Proses distribusinya hanya melibatkan sebuah tautan, dan pengguna bisa berkolaborasi dengan karyawan lainnya.

Saat ini Microsoft PowerApps masih ditawarkan berupa preview sehingga bisa dicoba secara cuma-cuma. Nantinya bakal ada tiga plan yang ditawarkan: Free, Standard dan Enterprise.

Sumber: Microsoft Blog dan TheNextWeb.

Play video

4 July 2022

Ini Alasan realme Rilis Banyak Varian realme GT Neo 3 #quickquery

realme belum lama ini hadirkan smartphone terbaru realme GT Neo 3. Ponsel ini hadir dalam beberapa varian. Simak alasan ...

Others from #HybridTV