15 March 2022

by Lukman Azis

Microsoft Merilis DirectStorage, Hadirkan Dunia Lebih Detail Dalam Game PC Dengan Loading Lebih Cepat

Para pengembang dapat lebih memanfaatkan kecepatan dari penyimpanan NVMe SSD

Sekitar satu setengah tahun yang lalu, Microsoft mengungkapkan bahwa salah satu terobosan terpenting dalam konsol Xbox Series X terbarunya akan datang ke PC. Saatnya telah tiba, Microsoft akhirnya membawa "API DirectStorage" ke platform Windows.

Singkatnya dengan API DirectStorage memungkinkan para pengembang dapat lebih memanfaatkan kecepatan dari perangkat penyimpanan NVMe solid state drive (SSD). Membawa kemampuan untuk mengalirkan data dalam jumlah besar dari NVMe SSD ke GPU, alih-alih mengandalkan CPU untuk mendekompresnya terlebih dahulu. Hasilnya game PC dapat memuat dunia yang lebih detail dan waktu loading lebih cepat dari sebelumnya.

Kabar bagusnya, fitur ini akan bekerja dengan Windows 10 dan bukan hanya untuk Windows 11. Dengan begitu, tidak masalah jika beberapa gamer masih ingin bertahan di Windows 10. Meski begitu, Microsoft tetap merekomendasikan Windows 11 untuk mendapatkan pengalaman bermain game lebih baik.

Untuk saat ini, game yang kompatibel dengan fitur DirectStorage belum tersedia. Para pengembang memang sudah dapat melihat preview teknologi ini sejak Juli tahun 2021 lalu.

Namun apakah para developer akan benar-benar memanfaatkan potensi perangkat penyimpanan NVMe SSD yang cepat tersebut masih dipertanyakan. Mengingat masih banyak gamer PC yang masih belum beralih kesana.

Kemungkinan kita akan mendapatkan informasi lebih lanjut pada acara Game Developers Conference di tanggal 23 Maret mendatang. AMD dan developer Luminous Productions akan menjelaskan bagaimana mereka membawa teknologi DirectStorage ke Forspoken.

Forspoken sendiri merupakan video game bergenre action role-playing, gameplay-nya menitikberatkan pada kecepatan dan fluiditas lintas medan. Pada awalnya Forspoken dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 24 Mei 2022, tetapi kemudian ditunda hingga menjadi 11 Oktober 2022. Alasan utamanya adalah agar tim bisa fokus pada pemolesan game.

Di bawah ini merupakan trailer gameplay terbaru Forspoken, yang besar kemungkinan akan mendukung teknologi DirectStorage ketika dirilis nanti. Game ini akan tersedia di Play Station 5, PC Windows, dan Xbox Series X.

Sumber: TheVerge