Dark
Light

Microsoft Mengkonfirmasi Fitur Dedicated Server Untuk Xbox One

1 min read
October 17, 2013

Kemampuan dedicated server pada game biasanya hanya hadir di game-game multiplayer platform PC. Namun sebuah berita baik terbaru menyebutkan bahwa fitur ini akhirnya juga diadopsi untuk Microsoft Xbox One, kabar ini dikonfirmasi oleh representatif Microsoft pada jurnalis Polygon.

Sebelumnya informasi ini dijelaskan oleh Alber Penello, Director of Product Planning Microsoft via forum NeoGAF. Ia menegaskan, “Salah satu keuntungan mempublikasikan game di Xbox One adalah semua developer dapat mendapatkan fitur dedicated server, Cloud Processing dan penyimpanan secara gratis,” Penello melanjutkan, “Jika Anda ingin membuat fitur dedicated server untuk platform-platform lain, Anda harus membuatnya sendiri. Tetapi untuk Xbox One, walaupun developer bisa menggunakan metode penyajian mereka sendiri, kami akan menyediakan fitur-fitur ini untuk semua orang.”

Kita mungkin bertanya-tanya, dengan mengenang track-record Microsoft, apakah nanti mereka akan mengenakan biaya tambahan? Penello menambahkan pernyataannya, “Tidak boleh ada kebingungan dalam hal ini. Kami [Microsoft] tidak menuntut biaya apa-apa untuk fitur dedicated server.” Tentu saja fitur dedicated server yang Penello rujuk adalah untuk fungsi multiplayer, bukan singleplayer.

Untuk mendukung kemampuan multiplayer Xbox One secara terpisah, Microsoft telah menyiapkan infrastruktur yang tidak kalah besar: terdapat kurang lebih 300.000 server yang ditenagai teknologi cloud.

Tentu saja akhirnya kemampuan dedicated server tidak bisa menjamin bahwa semua game ber-multiplayer di Xbox One memilikinya, karena ada tidaknya fitur ini kembali lagi bergantung pada masing-masing developer game.

Untuk Anda yang belum paham apakah dedicated server dalam game, saya akan mencoba menjelaskannya dengan sederhana: fitur ini memungkinkan Anda menggunakan perangkat (komputer pada umumnya) sebagai ‘tuan rumah’ pertandingan game multiplayer yang akan atau sedang berlangsung – bukannya melalui server sang developer game. Sesi permainan ini menjadi milik Anda dan Anda yang menentukan kapan akan memulai dan mengakhirinya.

Sebuah tanda lagi bagaimana console next-generation kian mengadopsi kemampuan yang telah lama hadir dalam PC. Fitur ini bisa jadi memperluas ruang gerak kreasi developer dalam meracik game, yang saya penasaran adalah: apakah dedicated server di Xbox One juga akan mendukung kemampuan cross-platform gaming? Jika iya, Microsoft akan saya ancungkan dua jempol.

Gambar header: MyBroadband.co.za.

Previous Story

Device AR Buatan Mantan Staff Valve Sukses di Kickstarter

Next Story

Kurangnya Kolaborasi Dianggap Menghambat Pertumbuhan Cacoo di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft 365 Copilot Rilis Update Terbaru, Tawarkan Sistem AI yang Lebih Terintegrasi

Keseriusan Microsoft untuk mengembangkan sistem AI Copilot terus dibuktikan lewat

GoTo Gandeng Microsoft Dukung Produktivitas Tim Engineer Lewat GitHub Copilot

GoTo Group, salah satu ekosistem digital terbesar di Indonesia, telah