Gaming News

Microsoft Akuisisi Bethesda Senilai 110 Triliun Rupiah

22 Sep 2020 | Akbar Priono
Akuisisi ini berarti game-game besutan Bethesda seperti Doom, Fallout, seri Elder Scrolls akan hadir secara eksklusif di Xbox.

Pasca peluncuran Xbox Series X dan Xbox Series S, kini Microsoft umumkan akuisisinya terhadap ZeniMax Media, perusahaan induk dari Bethesda Softworks. Nilai akuisisi terhadap perusahaan studio game di balik Doom dan Fallout tersebut adalah sejumlah 7,5 miliar dollar AS atau sekitar 110 triliun rupiah, mengutip laporan dari The Verge.

Akuisisi tersebut berarti Microsoft akan memiliki kontrol terhadap games yang dibuat oleh Bethesda Softworks, termasuk game baru yang belatar dunia luar angkasa berjudul Starfield. Terlepas dari itu, sebelum pengumuman ini Bethesda sebenarnya sudah mengumumkan dua game eksklusif PlayStation 5 dan PC, yaitu Deathloop dan Ghostwire: Tokyo. Melihat akuisisi yang dilakukan, lalu bagaimana dengan nasib kedua game tersebut?

Lebih lanjut, Satya Nadella CEO Microsoft mengatakan dalam rilis. “Gaming adalah kategori paling ekspansif di industri hiburan, seiring orang-orang di berbagai belahan dunia menggunakan game untuk saling terhubung, bersosialisasi, dan bermain bersama teman-temannya. Konten berkualitas yang bervariasi adalah mesin di balik perkembangan, serta nilai dari Xbox Game Pass. Sebagai developer dan publisher game yang sudah terbukti, Bethesda telah sukses di berbagai kategori game. Bersama-sama, kami akan mencapai ambisi kami untuk memberdayakan tiga miliar gamers di seluruh dunia.”

Sumber: Forbes
Seri Fallout, salah satu game besutan dari Bethesda. Sumber: Forbes

Robert A. Altman selaku Chairmanand CEO ZeniMax Media mengatakan. “Ini adalah hari yang sangat menggembirakan bagi perusahaan, pegawai, dan penggemar kami. Kami telah menikmati kemitraan yang dekat dengan Microsoft selama berdekade lamanya, dan kesepakatan ini adalah kelanjutan alami dari kerja sama yang telah kami lakukan. Hari ini, pemenang terbesarnya adalah para fans kami. Kami akan tetap melanjutkan pengembangan game AAA, namun kini dengan bantuan Microsoft, yang tentunya akan membuat game-game Bethesda akan jadi lebih baik lagi.”

Microsoft sendiri akan meluncurkan konsol mereka pada 10 November mendatang. Dengan akuisisi ini, maka kemungkinan besar 23 game yang dibesut Bethesda Softworks sub-studio lainnya akan hadir secara eksklusif di Xbox. 23 game tersebut termasuk nama-nama seperti Dishonored yang dibuat oleh Arkane, Wolfenstein yang dibuat MachineGames, Doom yang dibuat maker id Softwares, dan The Evil Within yang dibuat oleh Tango Gameworks.