Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Perubahan META Standard Hearthstone Setelah Patch 20.8.2

26 July 2021Kevin Fernando

Deck Aggro kembali menguasai meta Hearthstone saat ini.

Hearthstone mendapatkan update terbaru melalui Patch 20.8.2 yang dirilis pekan lalu. Patch kecil ini berisikan Balance Updates untuk kartu Standard dan perbaikan bug. Terdapat 3 kartu Standard yang mendapatkan perubahan yaitu Apotheosis, Renew, dan Gibberling.

Priest yang sebelumnya merupakan class terkuat berhasil dilumpuhkan melalui dua kartu andalannya yang mendapatkan nerf. Walaupun Priest mengalami penurunan tetapi Deck ini sejatinya mampu beradaptasi dengan baik di META terbaru.

Image Credit: Apotheosis by Eva Widermann

Druid sebagai salah satu class terkuat di META terdahulu melalui deck Token Druid juga mendapatkan nerf untuk Gibberling. Gibberling adalah ancaman serius bagi setiap deck yang tidak memiliki kartu AOE. Saat kondisi tangan mendukung, Anda bisa menang cepat menggunakan Gibberling dengan kombinasi spell mana rendah. Priest dan Druid saling berkebalikan, Anda tinggal pilih dikalahkan secara cepat dengan Druid atau lambat dengan Priest.

Pada kesempatan kali ini saya akan kembali mengulas kesepuluh class Hearthstone di META Standard beserta decklist terbaik dari masing-masing class.

Sumber pembahasan terinspirasi dari Vicious Syndicate.

Demon Hunter

Salah satu ancaman terbesar Deathrattle Demon Hunter ialah Token Druid yang saat ini sudah terkena nerf. Keruntuhan deck Token Druid menghadirkan ancaman baru dari deck Druid lainnya Clown Druid. Selain Druid, Warrior juga menjadi lawan terburuk dari Demon Hunter dengan tech card Watch Post yang lagi marak digunakan kembali saat ini.

Deathrattle Demon Hunter (Deck Code): AAECAea5AwSH1AOb2AO/7QOoigQN2cYDyd0D194D8+MD9+gDmOoDu+0DvO0D/e0DqO8Dr+8DgIUE7KAEAA==

Druid

Keruntuhan Token Druid menjadi penanda kebangkitan deck Druid lainnya. Salah satu player Hearthstone, Jambre (James Brennan) menemukan variasi deck Druid baru yang dikenal dengan Anaconda Druid. Kunci kemenangan deck ini melalui kombinasi Lady Anacondra dan Germination. Tidak terlalu konsisten tetapi bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang bosan dan ingin mencoba deck baru.

Turunnya Token Druid juga menjadi berkah bagi Clown Druid yang berhasil menjadi salah satu deck terbaik di META terbaru. Vicious Syndicate merekomendasikan untuk menggunakan Cenarion Ward di dalam Clown Druid.

Jambreconda Druid (Deck Code): AAECAZICAuTuA9efBA7lugPmugPougPvugObzgPw1AOJ4AOK4AOk4QPR4QOM5AOP5AOunwTanwQA

Clown Druid (Deck Code): AAECAZICApLNA5XkAw7ougOVzQObzgO60AO80AOT0QPe0QPw1AP+2wOk4QPm4QPe7AOJnwSunwQA

Image Credit: Germination by Max Grecke

Hunter

Control Priest sebagai counter dari Face Hunter telah hilang, hal ini membuat Face Hunter kembali menjadi salah satu deck terkuat saat ini. Tidak ada banyak perubahan baru untuk deck ini, tetapi pemain mulai membawa kembali Arcane Shot sebagai tambahan damage karena tidak ada class yang bisa heal seperti Priest.

Face Hunter (Deck Code): AAECAR8E/7oDj+MD5e8D5/ADDaK5A9zMA6LOA4LQA7nSA4biA9zqA5/sA/DsA9vtA6mfBKqfBLugBAA=

Mage

Lawan terbaik Spell Mage adalah Control Priest. Hilangnya Control Priest secara otomatis membuat Spell Mage sudah tidak bisa diandalkan. Deck selain Spell Mage memiliki tingkat kemenangan yang lebih rendah dibandingkan dengan Spell Mage.

Spell Mage (Deck Code): AAECAf0EAA/BuAOMuQOBvwPgzAPHzgPNzgOU0QP30QP73QPr3gPQ7APR7AP8ngT9ngTCoAQA

Paladin

Paladin tetap kesulitan untuk mencapai performa terbaiknya. Pemain mungkin juga sudah jenuh dengan Paladin yang menguasai META selama beberapa bulan di masa ekspansi Forged in the Barrens. Harapannya ekspansi United in Stormwind dapat memberikan jawaban terbaik untuk class ini.

Image Credit: Blessing of Kings by Lucas Graciano

Priest

Dua kartu Priest yang terkena nerf berdampak cukup besar untuk Priest. Pada tingkat Legend performa Priest sangat turun sekali, sedangkan Ranked bawah Priest masih menjadi deck kuat. Pemain saat ini mencoba membawa Desperate Prayer sebagai kombinasi AOE dengan Xyrella dan alternatif healing. Giant Control Priest menjadi deck yang kembali diandalkan oleh pemain. Dapat dikatakan sebenarnya Priest tidak menderita terlalu parah dan masih sanggup beradaptasi dengan perubahan META.

Giant Control Priest (Deck Code): AAECAa0GBMi+A9TtA6bvA8jvAw2TugOvugPezAPXzgPB0QP+0QPi3gP44wOW6AOZ6wOb6wOe6wPo7wMA

Rogue

Nerf untuk class Priest, memberikan ruang bermain semakin besar untuk Rogue, akan tetapi kebangkitan dari Warrior menjadi ancaman baru untuk Rogue. Ditambah Control Warrior yang mulai menemukan build optimal. Rogue salah satu deck yang sulit dimainkan, menjadi alasan banyak pemain di tingkat Legend kebawah tidak menggunakan deck ini.

Miracle Rogue (Deck Code): AAECAaIHBtnRA8PhA5fnA/zoA+fwA7CKBAzevgOqywPHzgOk0QOL1QPf3QPn3QPz3QOo6wOq6wOr6wP2nwQA

Shaman

Elemental Shaman kembali menjadi salah satu class terbaik saat ini, meskipun kehilangan Control Priest sebagai lawan terbaiknya. Sama seperti pembahasan yang lalu, Whack-A-Gnoll berguna untuk melawan deck cepat dan Doomhammer melawan deck dengan tipikal Control.

Whack Elemental Shaman (Deck Code): AAECAaoIApzOA67eAw7buAOn3gOq3gOr3gOM4QPg7APh7AOt7gOv7gPj7gOU8AOMnwT5nwTjoAQA

Image Credit: Devolving Missiles by Matt Dixon

Warlock

Control Warlock tidak disangka menjadi lawan yang cukup kuat untuk Control Warrior dan Jambre Druid. Selain itu class ini tidak memiliki banyak harapan melawan class lainnya. Semoga United in Stormwind dapat membangkitkan Warlock yang terpuruk selama META Barrens berlangsung.

Control Warlock (Deck Code): AAECAf0GCM/SA/zeA87hA/LtA6bvA6iKBLCKBIWgBAusywPM0gPN0gPG3gPm4QP14wP44wOS5AOCoASDoATnoAQA

Warrior

Warrior masih memimpin sebagai deck Tier 1 saat ini di tingkatan Ranked manapun. Nerf dari Priest membuat Rush Warrior semakin berkuasa. Kedua varian Rush Warrior menunjukkan performa bagus, Vanilla Rush Warrior dan Watcher Rush Warrior. Control Warrior juga bangkit berkat nerf dari Priest dan menjadi salah satu deck yang diandalkan di tingkatan Legend.

Rush Warrior (Deck Code): AAECAQcGwN4Dzt4D++gDle0DqooEsIoEDLy5A+LMA93NA6fOA7PeA7XeA7reA8HeA8TeA/foA/noA5jtAwA=

Control Warrior (Deck Code): AAECAQcMvrkD474D+cIDitADk9ADq9QDwd4DyOEDqu4Dj+8Dpu8D1fEDCbi5A7beA5LkA5boA47tA4/tA4igBImgBO2gBAA=

Perubahan META kali ini hanya berlangsung singkat, karena awal bulan Agustus Hearthstone akan memasuki masa ekspansi kedua United in Stormwind. Selamat berjuang meraih Ranked tertinggi di masa terakhir ekspansi Forged in the Barrens.

Baca juga artikel lainnya dari Hybrid, Industri mobile game tumbuh pesat, Amerika Latin menarik perhatian publisher.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV