Dark
Light

Meski Motorola Merugi, Google Raih Laba Bersih $2.97 Miliar di Kuartal Ketiga 2013

1 min read
October 19, 2013

Perusahaan raksasa teknologi Google mencatatkan laba fantastis di kuartal ketiga tahun 2013 ini sebesar $2.97 miliar atau meningkat 36% dibandingkan laba bersih tahun lalu sebesar $2.18 miliar. Pendapatan total Google tercatat meningkat 12% menjadi $14.89 miliar, kemudian pendapatan operasional sebesar $3.44 miliar dengan margin operasional 23%, pendapatan per lembar saham meningkat 34% dari $6.53 menjadi $8.75.

Pencapaian ini pantas disebut fantastis sebab Google masih mampu mencapai profit yang melebihi ekspektasi, meskipun Mototola yang juga di bawah bendera Google, mengalami kerugian operasional sebesar $248 juta, di mana nilai adalah kerugian terbesar yang disumbang oleh Motorola setelah tahun lalu juga merugi sebesar $192 juta di kuartal yang sama. Bisa dibayangkan jika Motorola tak menyumbang kerugian tersebut, sudah barang tentu laba bersih Google jauh di atas angka yang dicapai saat ini.

Hingga kuartal ketiga tahun ini, Motorola menyumbang pendapatan sebesar $1.18 miliar atau 8% dari pendapatan total Google, angka ini lebih rendah dibandingkan pendapatan tahun lalu yang mencapai $1.78 miliar, menyumbang 13% pendapatan total Google atau menjadi yang tertinggi di tahun tersebut, meskipun kerugian operasional masih saja jadi sandungan.

Bergeser ke lantai bursa di mana kuartal ketiga tahun ini Google menghasilkan $10.74 per lembar saham, angka ini mematahkan prediksi analisis yang berkisar di angka $10.34.

Kontribusi yang tak kalah menggembirakan datang dari bisnis iklan berbayar Google yang meningkat sebesar 26% dari tahun ke tahun atau naik 8% dari kuartal kedua di tahun yang sama. Bisnis iklan berbayar Google juga menunjukkan performa apik dengan tingkat biaya per klik yang turun sebesar 8% dibandingkan kuartal yang sama tahun 2012 lalu. Rendahnya biaya klik ini menunjukkan kesehatan cashflow perusahaan untuk bisnis ini.

Volume iklan di sektor mobile memang belum sebesar sektor desktop, tapi dari tahun ke tahun pengguna mobile yang mengakses layanan Google terus meningkat secara signifikan. YouTube misalnya, dua tahun lalu angka pengguna mobile hanya berkisar di angka 9% tapi di tahun ini sudah mencapai 40% atau nyaris separuh pengguna desktop.

Well done Google!

Sumber berita Yahoo Finance.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Fasilitas Edit Status dan Komentar Facebook Kini Ada di iOS

Next Story

InMobi: Indonesia in Top Five Country for App Downloads and Tablet Usage, Interstitial Ads Have Best Conversion Rates

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Google Trend di Indonesia Makin Cangih, Kini Ada Fitur Sedang Trending

Google secara resmi menghadirkan fitur Sedang Trending di Indonesia yang

Google Luncurkan AI Academy untuk Jaring Startup AI di Asia-Pasifik

Implementasi teknologi kecerdasan buatan atau AI memang berkembang pesat. Maka