1. Startup

Mesin Pencari Khusus Theme: YellowThemes (Updated)

Indonesia punya beberapa mesin pencari lokal, diantaranya berkonsentrasi pada pencarian khusus atau yang melakukan pencarian dengan kategori tertentu, seperti Inkuiri dan PriceArea yang melakukan pencarian (metasearch) masing-masing untuk produk dari berbagai toko atau tempat jualan online yang juga menampilkan harga barang tersebut.

Selain itu ada juga produk dari Detik yang juga berfungsi sebagai mesin pencari, yang kini berfokus pada pencarian berita, forum dan blog. Kini muncul mesin pencari baru yang dikhususkan bagi mereka yang membutuhkan sebuah layanan untuk mencari theme dari berbagai CMS, YellowThemes.
YellowThemes adalah mesin pencari yang mengindeks dan mengumpulkan berbagai data tentang CMS dari berbagai themes store dan menampilkannya di satu situs. Seperti yang dijelaskan oleh tim dari YellowThemes, saat ini YellowThemes telah meng-crawl serta melakukan indeksasi dari 20 toko lebih dari berbagai CMS, mulai dari WordPress, Joomla, Magento, Drupal, dan PrestaShop. Untuk nama, sepertinya mereka mau mengambil nuansa YellowPages tetapi untuk themes, sebagaisumber informasi untuk berbagai theme. Tampilan serta fasilitas yang ada didalamnya mengingatkan kita pada layanan Inkuiri, hal ini bisa jadi dikarenakan dua layanan ini dikembangkan oleh orang yang sama, founder Inkuiri adalah Rizki (SkyShi), dan di YellowThemes Rizki mengembangkan layanan mereka bersama dengan Andri Yogi seorang desainer web asal Jakarta. Selain melakukan pencarian berdasarkan CMS, YellowThemes juga menyediakan fasilitas filterisasi untuk hasil pencarian, seperti misalnya pencarian berdasarkan harga, waktu themes itu dibuat, toko serta kategori. Pengguna juga bisa mengatur hasil pencarian berdasarkan harga dari yang paling rendah ke tinggi serta dari yang paling baru ke paling lama, begitu juga sebaliknya. YellowThemes saat ini masih dalam taraf beta, dan masih banyak yang dikembangkan, mungkin bisa ditambahkan keterangan singkat tambahan dari themes yang dihasilkan dari pencarian, saat ini memang telah ada preview dari themes serta keterangan harga dan sumber.
YellowThemes juga bisa menambahkan kategori tambahan, mungkin semacam yang diterapkan toko aplikasi, top, featured, free, dll. Jumlah toko yang di crawl juga masih bisa ditambah, beberapa toko lokal seperti Tokokoo sepertinya masih belum masuk (lihat update dibawah) atau ditambahkan area khusus untuk daftar pengembang pribadi, yang tidak memasukkan karya mereka ke toko tertentu tetapi tetap menjual themes di situs pribadi. Saya mencoba menanyakan pada teman saya, pengembang web tentang mesin pencari khusus untuk themes, dan sepertinya belum ada layanan seperti YellowThemes (CMIIW) lebih khusus lagi di Indonesia. Jadi peluang yang cukup besar bagi YellowThemes, tinggal bagaimana membuat strategi untuk layanan mereka agak bisa memberikan layanan yang berkelanjutan. Anda sudah mencoba YellowThemes? Bagaimana dengan pendapat dengan layanan ini, apakah cukup membantu? Pendapat Anda bisa dituliskan pada kolom komentar. Update: Seperti yang dituliskan oleh Yogi pada kolom komentar, YellowThemes telah meng-crawl themes dari Tokokoo sejak awal launching, namun sepertinya tidak tampil pada daftar toko themes pada halaman awal (pada bagian kanan) ketika kita mengklik tautan hanya untuk melihat themes dari WordPress. Untuk monetisasi juga sedang dipersiapkan oleh YellowThemes, dijelaskan Yogi di kolom komentar, "beberapa planning diantaranya yang paling utama adalah dari affiliate commission dari tiap-tiap theme store yang memiliki program affiliate".

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again