Dark
Light

Menyambut Facebook Payment Gateway

1 min read
March 23, 2015

Budaya online masyarakat Indonesia semakin menjamur ke berbagai sektor. Salah satu sektor yang disinyalir menjadi pemicu peningkatan tersebut adalah media sosial. Facebook adalah awal dari semuanya. Facebook berhasil menjadi salah satu pemicu banyak lapisan masyarakat Indonesia melek terhadap teknologi, terhadap kehidupan online.

Sejak booming beberapa waktu lalu akun Facebook dijadikan salah satu indikator masyarakat untuk dapat dikatakan sebagai “masyarakat melek teknologi”. Semakin ke sini Facebook semakin menambah koleksi fitur-fiturnya. Tak hanya untuk sarana berkomunikasi, Facebook sekarang juga menyediakan fitur payment gateway yang memungkinkan tiap akun untuk dapat bertransaksi semudah berkirim pesan via messenger.

Beberapa waktu lalu Facebook melalui laman resminya mengumumkan akan segera meluncurkan fasilitas payment gateway yang terintegrasi dengan messenger. Facebook mengklaim layanan ini akan memberikan kemudahan dalam bertransaksi melalui jaringan Facebook dengan keamanan yang cukup terjamin. Namun sayangnya fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna Facebook di Amerika Serikat.

Potensi Mendorong E-commerce di Indonesia

Masyarakat Indonesia kini sedang ramai-ramainya menggeluti bisnis online dengan Facebook sebagai salah satu medium pilihan utama. Facebook kini tak hanya menjadi sarana komunikasi namun juga sarana untuk promosi berbagai macam produk dan hadirnya payment gateway di Facebook diharapkan menjadi salah satu alternatif pembayaran yang mampu menyuguhkan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat.

Selama ini banyak bisnis online masih mengandalkan COD  untuk metode pembayaran. Keamanan dan kemudahan selalu menjadi alasan utama, karena bagi sebagian orang transfer melalui bank masih terlalu merepotkan. Janji kemudahan bertransaksi melalui messenger Facebook dan berbekal jutaan orang Indonesia terdaftar tentu akan menjadi terbobosan budaya berbelanja online di Indonesia.

Edukasi masyarakat

Sama seperti teknologi lainnya yang mencoba masuk di Indonesia, salah satu hambatan fitur payment gateway bisa sukses di Indonesia adalah faktor kemampuan masyarakat dalam memahami dan mengoprasikan fitur ini. Tapi Facebook boleh berbangga hati mengenai hal ini, diakui atau tidak bagi sebagian besar masyarakat Indonesia Facebook adalah guru tentang kehidupan online. Facebook menjadi sarana pertama mereka merasakan bagaimana berinteraksi secara digital, real-time, dan tidak mempedulikan jarak.

Facebook berhasil mengedukasi banyak lapisan masyarakat baik tua maupun muda untuk dapat mengoptimalkan teknologi. Banyak dari mereka yang semula tidak begitu paham teknologi lambat laun mulai belajar.  Pun begitu juga dengan hadirnya payment gateway ini. Facebook diharapkan mampu memberikan pembelajaran kepada masyarakat tentang bagaimana teknologi memudahkan sistem pembayaran.

Facebook adalah salah satu platform media sosial yang populer di tengah masyarakat Indonesia. Dengan nama besar dan kedekatannya dengan masyarakat Indonesia payment gateway yang digagas Facebook diharapkan juga bisa menjadi sebuah awalan untuk perlahan menghapuskan rasa canggung masyarakat terhadap teknologi transaksi pembayaran sehingga masyarakat bisa semakin nyaman berbelanja dan bertransaksi secara online. Dengan begitu bisnis e-commerce di Indonesia bisa semakin tumbuh.

Previous Story

MDI Venture Gelar Acara Founders Meetup

Next Story

Marketplace Puali Siapkan Fitur Iklan Premium

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut