Gadget News
for SEO
Gadget News

Menunggu Gebrakan OPPO untuk Menjadi Portrait Expert

21 January 2022Wiku Baskoro

Di perangkat terbaru Reno series, nantinya OPPO akan fokus pada fitur portrait

OPPO akan memfokuskan pada fitur portrait untuk perangkat terbaru mereka. Fokus ini akan didukung berbagai optimasi serta kemitraan dari sisi RnD agar bisa menjadikan hasil foto perangkat menjadi lebih baik.

Bersiap jadi ‘Portrait Expert’

Ada yang menarik dari rencana OPPO di tahun 2022 ini, dan ini berhubungan dengan sejarah brand ini yang sempat menjadi salah satu pemimpin cukup lama untuk kategori yang paling banyak dilakukan oleh pengguna gadget, yaitu selfie. Nah, untuk tahun ini, OPPO akan memfokuskan diri para fitur portrait untuk jajaran Reno mereka. 

Sebenarnya selfie pun bisa dikategorikan dengan fitur portrait dengan beberapa fitur tambahannya. Namun OPPO tidak hanya akan memfokuskan pada portrait pada kamera depan tetapi juga belakang, dengan kata lain kualitas keseluruhan kameranya. Namun demikian, untuk artikel kali ini kita akan membahas lebih pada kamera depan terlebih dahulu. 

Fitur portrait yang terbaik ini akan menggunakan sensor kamera SONY IMX 709 yang dikembangkan OPPO bersama dengan Sony. Sensor ini akan bergabung dengan dua unsur lain seperti AI yang hadir di ColorOS serta perangkat keras pengolahan gambar (NPU) yang menjadikan kombinasi unggul untuk menghasilkan foto terbaik. 

Kombinasi terbaru ini akan hadir di perangkat OPPO Reno selanjutnya yang sebentar lagi akan hadir di Indonesia. Ini akan menjadi Reno terbaru melanjutkan jajaran Reno lain yang telah tersedia di pasaran. 

Untuk hasil dari kombinasi antara sensor terbaru, sistem operasi dan NPU sendiri diperlihatkan dalam acara OPPO Reno Portrait Workshop yang diadakan kemarin, 20 Januari 2022. Dalam presentasi dan juga uji coba bersama awak media lain terlihat hasil kamera yang lebih meningkat dari seri Reno sebelumnya yaitu OPPO Reno 6. Detail foto, kecerahan sampai dengan efek bokeh ketika menggunakan fitur portrait bokeh juga background yang blur lebih terlihat natural. 

Keseriusan OPPO dalam RnD dan kerja sama strategis

Tidak hanya kombinasi dari ketiga kunci hasil kamera smartphone untuk hasil terbaik seperti yang dijelaskan di atas. Gebrakan OPPO untuk jadi portrait expert juga didukung dari usaha-usaha lain. Beberapa diantaranya adalah pengembangan fitur perangkat lunak baik dari sisi software sistem operasi atau dari fitur aplikasi kameranya sendiri, namun juga pengembangan dari sisi perangkat keras, yaitu kerja sama dengan Sony untyuk IMX 709 yang dikembangkan selama 3 tahun.

Pengembangan sensor ini melibatkan 300 insiyur, 87 paten yang semua jika dinilai dalam investasi bisa mencapai lebih dari 1.5 juta USD. Keseriusan brand smartphone dalam menggarap perangkat yang akan dirilis pada konsumen, biasanya terlihat dari bagaimana mereka memberikan porsi yang cukup banyak ada divisi RnD. Divisi yang mengembangkan teknologi yang nantinya disematkan pada perangkat dan menjadikan perangkat itu berbeda dari perangkat lain serta dioptimasi sesuai dengan perangkat keras. Ujungnya tentu saja untuk memberikan performa yang terbaik ketika sudah jadi perangkat yang bisa dibeli umum.

Dikutip dari rilis, dijelaskan OPPO bahwa, “sensor pengembangan bersama OPPO dan Sony ini memiliki keunggulan 60% peningkatan sensitivitas cahaya dan pengurangan noise signifikan sebesar 35% jika dibandingkan dengan sensor yang terdapat pada perangkat OPPO Reno6. IMX 709 merupakan salah satu sensor yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap lingkungan rendah cahaya. Tentunya sebagai sensor kelas premium, OPPO juga menempatkan sensor RGBW yang baru sehingga dapat menghasilkan foto portrait yang lebih jernih dan alami.”

Perangkat Reno tahun 2022

Fitur unggulan untuk portrait dari perangkat Reno dari OPPO sendiri memang sudah dimulai sejak Reno 4 yang menghadirkan berbagai optimasi yang berbeda dari setiap seri. Meski demikian menjadi penantian yang menarik untuk melihat apa yang akan OPPO berikan pada seri Reno selanjutnya yang akan hadir sebentar lagi. Dalam acara kemarin baru diperlihatkan sedikit bocoran kemampuan kamera depan dengan sensor Sony IMX 709, kita belum melihat kemampuannya untuk kamera belakang serta fitur-fitur lain yang ada di aplikasi kamera perangkat OPPO Reno.

Kita nantikan info selanjutnya tentang perangkat seri Reno terbaru dari OPPO lainnya.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO. 

Play video

23 June 2022

Daftar Adaptasi Animasi dari Game #hybridhighlight Eps. 6

HybridHighlight kali ini akan membahas tentang daftar animasi yang merupakan adaptasi dari game. Apa saja animasi itu?

Others from #HybridTV