Dark
Light

Menjelajahi Rute Tour de France dengan Layanan-layanan Google

1 min read
July 9, 2013

Jika Anda pecinta olahraga bersepeda, tentu Anda tidak asing dengan ajang Tour de France. Ajang balap sepeda dengan rute mengelilingi berbagai kota di Perancis tersebut pada tahun 2013 ini merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Menyambut ulang tahunnya yang ke-100 tersebut, penyelenggara Tour de France menggandeng Google untuk menyajikan berbagai layanan interaktif yang berkaitan dengan ajang balap sepeda tersebut.

Tidak kurang dari empat layanan yang diberikan oleh Google untuk menyajikan pengalaman interaktif baru seputar Tour de France. Layanan pertama berupa sebuah kanal khusus di situs YouTube. Kanal Tour de France menyediakan beragam video-video yang berkaitan dengan Tour de France, mulai dari kilas balik 100 tahun ajang tersebut hingga peta 3D rute Tour de France seperti pada video di bawah ini.

[youtube id=”BMryWP7qXLw” width=”620″ height=”360″]

Di ranah media sosial, bermodalkan media sosial miliknya, Google menyediakan halaman khusus untuk Tour de France di Google+. Halaman resmi Tour de France di Google+ ini tentunya berperan untuk memberikan kabar-kabar terbaru mengenai ajang balap sepeda tahunan tersebut.

Sementara untuk perangkat bergerak, tersedia aplikasi Tour de France untuk sistem operasi Android. Dengan aplikasi ini pengguna bisa mengakses beragam konten yang berkaitan dengan Tour de France, mulai dari laporan langsung mengenai balapan yang disajikan setiap menit, penulusuran langsung posisi para pembalap melalui GPS, hingga konten-konten multimedia yang diambil langsung dari ajang perlombaan.

Terakhir, dan yang menurut saya paling menarik, adalah sebuah aplikasi yang dibangun Google dengan memanfaatkan Google Maps dan Street View. Dengan aplikasi interaktif yang diberi nama YourTour ini, pengguna bisa melihat seluruh stage pada ajang Tour de France dan menjelajahi stage tersebut dari sudut pandang orang pertama. Dengan demikian, pengguna bisa melihat pemandangan seolah-olah sedang bersepeda di rute Tour de France. Misalnya saja pada gambar di bawah ini, Anda bisa melihat bagaimana saya mencoba YourTour untuk menjelajahi stage yang bernama Pyrenees.

Jika Anda tertarik untuk ikut menjelajahi rute Tour de France 2013, Anda bisa melihat keterangan lengkap mengenai keempat layanan tadi pada blog resmi Google di tautan ini. Tour de France 2013 sendiri sudah dimulai sejak tanggal 29 Juni lalu dan akan berakhir pada tanggal 21 Juli nanti.

Previous Story

Smartfren Gabung Carrier Advisory Group Smartphone Ubuntu

Next Story

Empat Tren Menurut Facebook

Latest from Blog

Don't Miss

Google Luncurkan Model AI Generatif Gemma 2 untuk Para Peneliti dan Pengembang

Tren AI generatif terus berkembang untuk mengisi berbagai kebutuhan dan

Google Bagikan Trik untuk Mengatur Pekerjaan di Gmail Lebih Optimal

Bagi kalangan pekerja digital, berkomunikasi melalui email masih menjadi salah