Dark
Light

Menilik Pertarungan Windows Phone dan BlackBerry dari Data IDC

by
1 min read
May 21, 2013

Beberapa hari yang lalu IDC merilis laporan perhitungan untuk pengiriman (shipment) smartphone berdasarkan sistem operasi di kuartal pertama tahun 2013. Dari laporan ini bisa terlihat bahwa Android masih menjadi raja serta Windows Phone yang untuk pertama kalinya mengalahkan BlackBerry.

Dua teratas dari sistem operasi perangkat yang dikirimkan di kuarter pertama 2013 adalah Android dengan pengiriman perangkat 162.1 juta unit serta pangsa pasar 75%, naik dari tahun sebelumnya di kuarter yang sama sebesar 90.3 juta unit dan 59.1%. Sedangkan posisi kedua adalah iOS pengiriman perangkat 37.4 juta unit serta pangsa pasar 17.3%, naik dari tahun sebelumnya dikuarter yang sama 35.1 juta unit dan 23%.

Yang menarik adalah melihat pertarungan antara Windows Phone dan BlackBerry OS. Untuk kuarter pertama tahun ini, pertama kalinya Windows Phone mengalahkan BB OS dari volume pengiriman dan market share.

Pengiriman perangkat di kuarter pertama 2013 Windows Phone 7 juta unit serta pangsa pasar 3.2%, naik dari tahun sebelumnya dikuarter yang sama 3 juta unit dan 2%, sedangkan BB OS turun ke 6.3 juta unit dan 2.9% dari kuarter pertama tahun lalu 9.7 juta unit dan 6.4%.

Salah satu analisis yang diungkapkan IDC yang menjadi penyebab adalah kerja sama Microsoft dan Nokia. Nokia sendiri terus aktif merilis jajaran Lumia yang berbasis sistem operasi Windows Phone 8 dari Microsoft. Kurang lebih 79% dari pengiriman perangkat Windows Phone dikuasai Nokia, ada total 20.3 juta unit yang telah dikirimkan Nokia ke pasar dengan berbagai tipe Lumia mereka.

Kuarter kedua tentunya akan lebih ramai lagi, Lumia telah memperkenalkan Lumia 928 dan 925 dan BlackBerry yang siap melepas BB Q5 di pasaran yang berharga lebih murah dari Z10 dan Q10. Selain itu Q10 pun belum masuk semua negara, termasuk Indonesia.

Perbandingan tabel untuk data pengiriman kuarter pertama berdasarkan riset IDC bisa dilihat pada bagan di bawah ini, laporan lengkap bisa cek tautan ini.

 

Sumber: IDC dan DailySocial

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Jolla Buka Pre-Order Smartphone Berbasis Sistem Operasi Sailfish Pertama

Next Story

Rumor: Bocoran Tampilan Perangkat Samsung Galaxy S4 Active

Latest from Blog

Don't Miss

Di-Bawah-3-Juta,-Pilih-Tecno-Pova-6-Atau-Xiaomi-Redmi-Note-13-5G

Di Bawah 3 Juta, Pilih Tecno Pova 6 Atau Xiaomi Redmi Note 13 5G?

Bingung memilih smartphone baru karena budget terbatas? Jangan khawatir, karena
Fitur-Baru-Apple-iPhone-16-dan-iPhone-16-Plus,-Harga-dan-Perbedaannya

Fitur Baru Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Harga dan Perbedaannya

Sudah lama dinanti, akhirnya teka-teki seputar iPhone generasi terbaru terjawab