Dark
Light

Menikmati PlayStation 3 Dengan Controller PlayStation 4?

1 min read
October 22, 2013

Sebuah berita baik kembali datang dari Sony. Setelah terdengar kabar bahwa Anda dapat menggunakan DualShock 4 di PC, tampaknya untuk Anda yang belum berkesempatan memiliki PlayStation 4 di hari peluncurannya setidaknya dapat menggunakan controller ini di console current-gen mereka, PlayStation 3 – untuk beberapa game tertentu.

Polygon melaporkan bahwa seorang user YouTube ber-nickname Udetto dengan mudah menyambungkan controller ini ke PS3 miliknya via port USB. Pertama kali ia mendemonstrasikan Urban Trial Freestyle. Saat memainkan game ini, DualShock 4 berjalan tanpa masalah, Udetto menavigasi permainan dengan tombol analog kiri dan tombol-tombol di tangan kanan. Sayangnya ia melaporkan bahwa controller ini tidak berfungsi untuk memainkan FIFA 14 karena membutuhkan controller wireless. Ia menyimpulkan bahwa DualShock 4 akan bekerja hanya di beberapa game PlayStation 3 saja.

Tentu saja karena fungsi ini sama sekali belum dikonfirmasi oleh Sony, maka kita belum tahu seberapa jauh mereka akan mendukung fitur ini – apalagi mengingat DualShock 4 didesain optimal untuk PlayStation 4. Yang cukup membuat penasaran adalah apakah bagian touchpad dua-titik kapasitifnya juga akan bekerja jika disambungkan ke platform lain? Jika sebuah game dirilis baik di PS3 dan PS4, serta mendukung fungsi touchpad, akankah bagian ini akan berfungsi jika kita bermain di PlayStation 3?

Namun ada sebuah hal yang sedikit menutup kemungkinan ini. Udetto menjelaskan bahwa koneksi DualShock 4 harus tersambung dengan menggunakan kabel. Saat kabel ia cabut, permainan tidak dapat diakses. Tentu saja hal ini bisa mudah diatasi dengan update firmware, tapi pertanyaannya adalah apakah Sony Computer Entertainment mau melakukannya?

Berkebalikan dengan hal tersebut, sebelumnya Sony pernah mengumumkan bahwa console baru mereka tidak mendukung DualShock 3. Anda bisa menyimak video buatan Udetto di bawah ini.

Udetto adalah salah satu orang beruntung yang bisa mengutak-atik PlayStation 4 sebelum waktu perilisannya, tetapi Sony hanya memperbolehkannya untuk mendokumentasikan bagian ‘fisik’ luar serta melarang keras memperlihatkan user interface dan sejenisnya. User YouTube asal Jerman ini sebelumnya telah membuat sebuah video unboxing Sony PlayStation 4 melalui channel Computer Bild.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Kompetisi Antar Pengembang Permainan Mobile Kembali Digelar Melalui Mobile Games Developer War (MGDW) 5

Next Story

Skybee Gandeng Guvera Untuk Menghadirkan Layanan Musik Streaming di Indonesia

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Strategi Sony untuk Mempopulerkan PS Plus

Belakangan, model bisnis subscription mulai populer di kalangan perusahaan game.

Nintendo Switch Jadi Konsol Paling Laku ke-3, Bagaimana Bisa?

Nintendo Switch kini duduk di peringkat 3 dalam daftar konsol