27 February 2017

by Yoga Wisesa

Menguji Lenovo Ideapad 110 14AST-80TQ, Laptop Andal Terjangkau Bersenjata APU AMD Generasi ke-7

Ideapad 110 14AST-80TQ diramu untuk jadi laptop entry-level yang andal, ditopang kapabilitas olah data mumpuni, memori besar, serta ruang penyimpanan yang lapang.

Era telah berubah, namun AMD terus berpegang pada komitmen untuk menyediakan chip bertenaga di harga yang lebih bersahabat dibanding rival-rivalnya. Tahun lalu, AMD memperkenalkan APU generasi ke-7, dan berkat seimbangnya faktor harga serta performa, semakin banyak produsen laptop mengadopsi teknologinya. Salah satunya ialah Lenovo.

Minggu kemarin, tim PR AMD mengundang saya buat mencoba langsung salah satu laptop anggota keluarga Ideapad 100 Series bersenjata APU AMD A9-9400 Radeon R5, nama lengkapnya adalah Ideapad 110 14AST-80TQ. Ia merupakan notebook pertama bersenjata AMD A9-9400 'Stoney Ridge'. Dari penjelasan Lenovo, Ideapad 110 14AST diramu untuk jadi laptop entry-level yang andal, ditopang kapabilitas olah data mumpuni, memori besar, serta ruang penyimpanan yang lapang.

Ideapad 110 14AST juga ditunjang beragam konektivitas krusial, baik port fisik atau wireless, serta turut menyediakan optical disk drive. Dengan kelengkapan seperti ini, laptop siap mendukung kebutuhan produktif ataupun hiburan multimedia. Dan menarik lagi, Ideapad 110 14AST bisa Anda miliki cukup dengan mengeluarkan modal kurang dari Rp 5 juta.

Desain & pengalaman penggunaan

Meskipun bukan produk kelas premium, Lenovo tidak asal-asalan dalam meramu Ideapad 110. Tubuhnya terbuat dari bahan plastik kokoh berdimensi 377x265x22,9-milimeter. Walau belum masuk ke kategori ultra-thin, rasio ukuran dan bobot (yakni 2,3-kilogram) memastikannya tetap mudah dibawa dan disimpan dalam tas. Salah satu hal kecil favorit saya adalah display yang bisa dibuka seluas 180 derajat hingga sejajar dengan bagian tubuh bawahnya.

Ideapad 110 14AST menyuguhkan layar seluas 14-inci beresolusi 1366x768. Tubuh laptop mempunyai tekstur matte sehingga dapat meminimalisir bekas sidik jari serta tahan terhadap baretan, dengan area bawah yang lebih 'kasar' dari bagian lid. Warna hitam mendominasi seluruh permukaan tubuhnya, dan ketika layar dibuka, Anda bisa menemukan palm rest berpermukaan menyerupai kulit - sebetulnya terbuat dari plastik.

Absennya numpad di keyboard terbayarkan oleh tuts yang lebar dan empuk. Tombol-tombol di papan ketiknya mengusung tipe chiclet, ukurannya luas (kira-kira 1,5x1,5cm), dan disusun di jarak yang nyaman dalam enam baris. Ada banyak orang masih memanfaatkan tombol kursor arah sebagai salah satu metode navigasi - di desktop ataupun game - dan kabar gembiranya, tuts arah bahkan lebih lapang dibanding tombol teks dan angka.

Touchpad-nya sendiri diposisikan tepat di bawah tombol spasi, sama-sama mempunyai lebar serupa. Ketiadaan numpad membuat lokasinya tidak terlalu menjorok ke kiri, memastikan area wrist rest tangan kiri tetap luas.

Hardware & performa

API AMD A9-9400 merupakan penerus dari A8-7410 di keluarga Carrizo-L. Walaupun hanya menyimpan prosesor dual-core, kinerjanya tidak kalah dari chip quad-core generasi sebelumnya berkat pemakaian core berbasis arsitektur Excavator yang berukuran lebih besar. Core tersebut telah dioptimalkan, mampu berjalan di kecepatan hingga 3,2GHz, menyajikan peningkatan performa sampai 52 persen dalam pengujian 3DMark dan Cinebench.

Selanjutnya, prosesor grafis Graphics Core Next generasi ketiga Radeon R5 juga membuat penanganan olah visual 36 persen lebih baik. Ideapad 110 14AST memang hanya dibekali display HD, tapi laptop ini siap menghidangkan video 4K dengan lancar ketika tersambung ke layar UHD berkat teknologi HEVC dan VP9 yang tersemat di APU A9.

Selain itu, RAM DDR4 4G memastikan proses oleh data lebih gesit. RAM sebesar 4GB di sana bisa Anda tambah jadi 8GB. Dan untuk menyimpan data, Lenovo mengandalkan storage berbasis hard drive 1TB buatan Toshiba berkecepatan 5.400RPM.

Di sisi konektivitas, Ideapad 110 14AST dilengkapi port HDMI, LAN, sebuah USB 2.0, satuport USB 3.0, serta colokan audio 3,5mm. Optical disk drive di sana adalah tipe DVD-RW. Lalu untuk sambungan nirkabel, laptop ditunjang Bluetooth 4.0 serta Wi-Fi 802.11 a/c, dengan kecepatan tiga lebih tinggi dari versi 802.11 b/g/n. Kemudian buat menyempurnakan aspek penyajian konten hiburan, Lenovo menempatkan sebuah speaker stereo di bagian depan keyboard, tepat di dekat engsel.

Anda bisa melihat hasil benchmark PCMark 8 Home Conventional di bawah:

-

Mempertimbangkan faktor performa dan harga, Ideapad 110 14AST-80TQ bisa menjadi pilihan ideal bagi Anda yang saat ini sedang mencari perangkat olah data serta hiburan serba guna di harga terjangkau. Produk ini kabarnya sudah siap untuk Anda miliki, ditawarkan di harga Rp 4 juta saja (belum termasuk sistem operasi).