Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Mengintip Kabar Esports R6S di Asia dari Six August 2020 Major – North Division

1 September 2020Akbar Priono

Dari segi popularitas turnamen, tayangan Six August 2020 Major - North Division dikabarkan telah dikonsumsi selama 400 ribu jam dari 18 jam durasi siaran.

Ubisoft mengumumkan perombakan yang cukup besar pada skena kompetitif Rainbow Six: Siege pada Mei 2020 lalu. Perombakan tersebut terjadi di regional yang aktif secara skena kompetitif R6S, seperti Eropa, Amerika Serikat, termasuk juga Asia. Skena kompetitif Asia diubah dari sistem kompetisi terbuka dalam rangkaian ESL Pro League, menjadi sistem kompetisi yang cenderung lebih tertutup bernama R6S APAC League.

Mengutip Liquipedia dan laman resmi esports Rainbow Six: Siege regional APAC, format tersebut diubah lagi menjadi pertandingan online dengan nama Six August 2020 Major, lantaran situasi pandemi yang melarang turnamen tatap muka. Lalu dengan berbagai perubahan format tersebut, bagaimana kabar skena esports Rainbow Six: Siege di kawasan Asia kini?

Melihat dari tingkat ketertarikan komunitas terhadap pertandingan esports Rainbow Six: Siege, Esports Charts baru-baru ini telah merangkum catatan jumlah penonton rangkaian Six August 2020 Major. Lewat sebuah catatan blog, Six August Major 2020 North Division (yang mempertandingkan berbagai tim dari Asia dan Oseania) berhasil menduduki peringkat ke-4 berdasarkan catatan Total Hours Watched konten dikonsumsi.

Sumber: Esports Charts
Sumber: Esports Charts

Total konsumsi livestream turnamen Six August Major 2020 North Division adalah sebanyak 419.597 jam, dari 18 jam durasi livestream turnamen. Angka tersebut terpaut cukup jauh dari pengisi peringkat 3, yaitu Six August 2020 Major Europe, yang memiliki total konsumsi livestream sebanyak 818.663 jam dari 21 jam durasi livestream turnamen.

Lebih lanjut soal data tersebut, dijelaskan bahwa tim paling populer keseluruhan turnamen adalah CYCLOPS athlete gaming (CAG) dari Jepang, yang mencatatkan jumlah rata-rata penonton sebanyak 28 ribu orang. Dari segi pertandingan, pertemuan antara Cloud9 dengan roster berisi pemain asal Korea Selatan dengan tim CAG dari Jepang, menjadi pertandingan terpopuler dengan jumlah penonton terbanyak di saat bersamaan (Peak Viewers) sebanyak 33.508 orang.

Menariknya pertandingan tersebut justru merupakan pertandingan babak Semi-Final. Babak Grand-Final (yang mempertandingkan C9 dengan Giants Gaming) malah berada di peringkat ketiga dari daftar 5 pertandingan Six Major August 2020 – North Division paling populer, dengan sejumlah 30.884 orang penonton terbanyak menonton di saat bersamaan .

Sumber: Esports Charts
Sumber: Esports Charts

Masih dari catatan blog Esports Charts, Jepang disebut sebagai salah satu negara dengan penggemar tayangan esports Rainbow Six Siege terbesar di Asia. Alhasil, livestream Six August 2020 Major – North Division dengan bahasa Jepang menjadi tayangan bahasa lokal paling populer, di antara tayangan bahasa lokal lain di Asia. Tayangan Six August 2020 Major – North Division dengan bahasa Jepang sendiri berhasil mencatatkan jumlah penonton terbanyak sejumlah 10 ribu orang di saat bersamaan.

Melihat hal ini, sepertinya tayangan turnamen esports Rainbow Six: Siege masih cukup diminati oleh para penggemarnya. Namun, satu hal yang mungkin cukup disayangkan adalah kurangnya jumlah representasi dari negara-negara Asia Tenggara dalam turnamen tersebut.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV