Dark
Light

Mengintip Fitur-fitur Facebook Home

1 min read
April 5, 2013

Facebook baru saja mengumumkan mengenai Facebook Home yang pertama kali akan diintegrasikan dengan ponsel pintar HTC First. Barangkali sebagian pembaca Trenologi bertanya-tanya, apa sih Facebook Home? Apa saja fiturnya? Pada artikel ini kami akan mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi.

Mengutip sister blog kami, Daily Social, secara sederhana Facebook Home bisa dikatan sebagai sebuah launcher. Pengguna Android tentunya sudah tidak asing dengan istilah launcher dan bahkan mungkin sudah pernah menggunakan salah satu aplikasi launcher populer di Android seperti Go Launcher, Nova, atau Apex. Facebook Home akan berperan sebagai antarmuka yang menjembatani sistem operasi Android dengan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya. Gambar dari situs AllFacebook.com berikut bisa menjadi ilustrasi yang baik.

Fitur-fitur utama dari Facebook Home diantaranya adalah Cover Feed, Chat Heads, Notifications, dan App Launcher. Cover Feed merupakan fitur yang menggantikan antarmuka halaman lock screen sebuah ponsel. Dengan Cover Feed, halaman standar lock screen ponsel akan digantikan dengan halaman news feed akun Facebook pengguna tersebut. Menurut situs Inside Facebook, saat ini Cover Feed bisa menampilkan foto, status update, serta tautan yang dibagikan oleh orang-orang di news feed akun pengguna. Demikian juga dengan post dari aplikasi-aplikasi yang memiliki gambar seperti Instagram dan Foursquare.

Selain memodifikasi lock screen, Facebook Home juga menggantikan sistem pengelolaan pesan standar Android dengan Chat Heads. Dengan Chat Heads, pengguna bisa melihat dan merespon pesan SMS maupun pesan dari Facebook Message dalam sebuah jendela pop up tanpa harus keluar dari aplikasi yang saat ini sedang diaksesnya.

Facebook juga memodifikasi sistem notifikasi Android. Dengan Facebook Home, notifikasi-notifikasi dari Facebook serta aplikasi-aplikasi lainnya akan tampil di halaman home screen ponsel.

Lalu, dimana aplikasi-aplikasi Android lainnya? Jawabannya ada di App Launcher. Menggantikan launcher bawaan Android, App Launcher dari Facebook Home akan menjadi tempat pengguna mengakses aplikasi-aplikasi yang sudah di-install pada ponsel pintarnya.

Facebook Home akan mulai tersedia pada tanggal 12 April nanti, meskipun masih terbatas untuk perangkat-perangkat HTC One X, HTC One X+, Samsung Galaxy SIII, dan Samsung Galaxy Note II.

 

Sumber: Daily Social, AllFacebook.com, Inside Facebook.

Previous Story

Facebook. Connecting People

Next Story

Informasi Harga dan Spesifikasi Resmi HTC First

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut