Dark
Light

Facebook Page Insight Untuk Strategi Marketing Lewat Media Sosial yang Solid

1 min read
October 20, 2013

Minggu lalu TRL sudah membuka perkenalan apa itu Facebook page insight dan mengapa tool ini jadi “golden key” kampanye marketing lewat sosial media khususnya Facebook. Di artikel tersebut kita juga disajikan beberapa ulasan singkat overview dan menu tab secara sederhana, dan selanjutnya kita akan coba memilih menu tab yang tergolong lebih penting di dalamnya memuat informasi paling dibutuhkan untuk perencanaan marketing.

Salah satu tab menu yang menyediakan resource berupa informasi penting adalah Post dan People, di dalamnya terdapat data statistik yang berguna sebagai alat analisis sebelum menyusun strategi marketing.

Posts

Di dalam menu Posts Anda dapat temukan dua sub menu When Your Fans Are Online dan Post Types. Sub menu When Your Fans Are Online menyajikan informasi statistik jumlah fans yang online lengkap dengan grafik yang dibagi berdasarkan jam. Dari informasi ini, Anda bisa memutuskan kapan waktu terbaik membagikan post di fan page dengan tujuan menjaring lebih banyak traffic dan respon fans. Dari gambar di bawah ini, saya bisa mengetahui bahwa hari senin adalah waktu paling pas untuk mendapatkan lebih banyak respon fans.

Scroll mouse Anda ke bawah dan temukan informasi post yang sudah pernah dibagikan dan jumlah respon dari fans, informasi ini dapat Anda gunakan untuk mengenali minat dan tipe berita yang lebih disukai oleh fans, sehingga Anda dapat menyusun strategi marketing yang lebih tepat guna.

Beralih ke sub menu Post Types, di halaman ini Anda akan disajikan statistik tipe post Link dan Photo, di mana dari informasi tersebut Anda bisa menggali lebih dalam tipe post apa yang cenderung mendapatkan respon lebih baik.

People

Menu tab People merupakan menu kedua yang saya nilai punya data penting untuk meningkatkan keberhasilan kampanye marketing Anda. Ada 3 sub menu yang masing-masing memuat data jenis kelamin dan umur. Statistik ini wajib Anda ketahui, sebab saat Anda memutuskan untuk memilih promosi via iklan Facebook, kedua informasi di atas menjadi faktor yang punya pengaruh besar terhadap tercapai tidaknya target konsumen dari iklan yang Anda buat.

Selain jenis kelamin dan usia, menu tab People juga menyajikan informasi lokasi fans yang terdiri dari negara, kota dan bahasa. Ketiga informasi ini juga menjadi modal penting yang nantinya Anda butuhkan saat membangun kampanye marketing via Facebook Ads.

Masing-masing sub menu di atas memuat informasi yang nyaris sama, tapi setiap kategori jelas berguna untuk menentukan target konsumen dari kampanye marketing Anda.

Tips ini mungkin masih terlalu dangkal untuk dikatakan sebagai referensi yang sempurna, tetapi informasi yang disampaikan bisa menjadi elemen penting yang tak kalah menentukan keberhasilan strategi Anda. So, selalu pelajari data statistik di Facebook PageIinsight Anda dengan baik sebelum memulai kampanye. Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Game Android Terpilih 13 – 19 Oktober 2013

Next Story

40% Penonton YouTube Berasal Dari Perangkat Mobile

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri
Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi