Menjual dan membeli barang secara online kini menjadi hal yang lumrah. Meski masih dalam masa pertumbuhan namun penyedia layanan yang terkait jual beli online atau e-commerce serta konsumennya terus bertambah.
Indonesia sendiri adalah pasar e-commerce yang unik. Pasar Indonesia, yang memasuki tahap booming babak dua untuk e-commerce masih dihadapkan para kondisi pasar yang belum mapan. Konsumen masih terus mempelajari apa itu e-commerce, belum percaya 100 persen tetapi di sisi lain mulai mencoba, beberapa grup konsumen bahkan sudah menjadi pelanggan tetap untuk transaksi online.
Model, pemahaman serta tingkat literasi di pasar Indonesia juga berbeda dengan pasar lain. E-commerce di luar negeri misalnya mengharuskan adanya sistem otomatis untuk proses belanja, sedangkan apa yang masuk di transaksi elektronik di Indonesia cukup lebar, tidak melulu yang terotomitasi. Selama menggunakan medium elektonik sebagai alat bantu menjual, itu termasuk dalam transaksi elektronik.
Ada beberapa tipe layanan jual beli online yang telah ada, sebagian telah cukup lama hadir dan sebagian lagi masih terus berkembang. Tipe layanan jual beli online ini antara lain marketplace, forum, classified ads dan online store. Yang paling populer di antara empat ini bisa jadi forum dan classified ads. Model ini memang tidak menerapkan e-commerce secara lengkap, lebih kepada display sebagai sarana promosi, sedangkan transaksi bisa dilakukan secara tatap langsung atau lewat medium lain, seperti SMS, email atau telepon.
Forum Jual Beli Kaskus adalah satu yang paling terkenal, penjual menggunakan forum ini untuk memajang barang dagangan mereka, pembeli mencari barang yang dibutuhkan di forum. Transaksi dilakukan secara terpisah, lewat private message (PM), SMS, telepon dan transfer bank atau menggunakan rekening bersama. Biasanya transaksi juga dilakukan dengan tatap muka langsung.
Classifed ads juga pada intinya adalah promosi. Penjual bisa mempublikasikan barang yang mereka jual di situs yang menyediakan layanan ini dan berharap agar pengunjung atau calon pembeli tertarik untuk membeli. Komunikasi lanjutan bisa dilakukan via private message atau bertemu langsung.
Sedangkan marketplace menyediakan fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk membuka toko. Layanan penyedia marketplace bisa dikatakan berfungsi sebagai mall atau pasar dimana ada banyak penjual di dalamnya. Biasanya layanan ini telah memiliki sistem, termasuk cara pembayaran yang bisa diintegrasikan dengan lapak/toko dari penjual.
Dan toko online adalah toko yang menjual berbagai macam barang atau satu macam namun dimiliki oleh satu brand atau penjual tertentu. Ini mirip dengan toko serba ada yang nama tokonya satu namun di dalamnya dijual bermacam merek dan jenis barang.
Bagi penjual, bermacam tipe e-commerce ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan bentuk sistem penjualan yang diinginkan. Ada yang membutuhkan layanan tersistemasi termasuk keranjang belanja dan sistem pembayaran, namun ada pula yang lebih nyaman dengan sistem manual – cash on delivery (COD) alias bertemu langsung.
Bagi pembeli, mereka juga bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mereka serta tentunya di tempat mana dijual barang yang mereka butuhkan.
Namun yang pasti, baik bagi penjual dan pembeli, salah satu yang terpenting adalah keamanan. Dua pihak ini harus melihat layanan mana yang memberikan sistem pembayaran yang aman dan terpercaya.
Sistem pembayaran pada umumnya diutamakan bagi tipe online marketplace dan online store. Dua tipe ini biasanya menggunakan sistem pembayaran yang terintegrasi dengan penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran.
Keamanan atas layanan pembayaran tentu sangat penting bagi pembeli agar merasa aman dan nyaman, bagi penjual, sistem pembayaran yang terpercaya bisa meningkatkan brand serta image toko online mereka. Penggunaan sistem pembayaran yang didukung dengan sistem deteksi fraud otomatis (salah satu contohnya adalah ReD Shield) serta memenuhi standar keamanan data PCI-DSS merupakan usaha untuk menjamin proses pembayaran online secara aman.
*) Artikel ini adalah advertorial yang disponsori oleh Veritans Indonesia, layanan yang menjadikan pembayaran online lebih mudah, cepat dan lebih aman.