Gadget News
for SEO
Gadget News

Mengenal Teknologi Kamera yang Dibawa pada Huawei P50 Pro: XD Optics dan XD Fusion

24 January 2022Dimas Galih W.

Memperkenalkan XD Optics dan XD Fusion Pro untuk membuat gambar menjadi lebih baik

Huawei setiap tahunnya selalu memegang tahta sebagai smartphone dengan kamera terbaik. Hal tersebut memang tidak lepas dari kerjasamanya dengan Leica. Namun selain itu, masih banyak teknologi dibalik kamera yang mereka ciptakan dan gunakan dari saat Huawei P20 Pro muncul hingga P50 Pro yang bakal mereka rilis di Indonesia sebentar lagi. Hal tersebut lah yang membuat smartphone flagship Huawei dapat mengambil gambar dengan bagus.

Pan Chaoyue

Teknologi pertama yang diperkenalkan oleh Pan Chaoyue, Camera solution reprensative, HUAWEI CBG pada acara yang diadakan pada tanggal 21 Januari 2022 secara live melalui Zoom adalah Huawei XD Optics. Huawei XD Optics ini merupakan pengembangan yang diciptakan oleh Huawei untuk meningkatkan hasil tangkapan kamera dari P50 Pro. Huawei XD Optics akan meningkatkan jumlah elemen lensa yang digunakan (misalkan 6p atau 7p). Selain itu, XD Opticcs juga bakal meningkatkan nilai f (aperture) dari kamera yang ada.

Huawei XD Optics juga meningkatkan hasil gambar dengan menggunakan material yang dipakai dalam mengambil gambar, seperti menggunakan kaca pada optiknya. Terakhir, pada XD Optics juga digunakan teknologi-teknologi yang sudah ada sebelumnya seperti periscope lens pada P30 Pro serta free-form lens yang ada pada P40 Pro+. XD Optics nantinya akan menyelesaikan masalah Aberration, di mana gambar yang diambil akan menyimpang dari keadaan yang sebenarnya. XD Optics akan membenahi Spherical Aberration, Coma, serta Astigmatism.

Pada proses pengambilan gambar tradisional pada sebuah smartphone, sebuah gambar yang diambil akan berkurang datanya hingga 50% karena sistem optik yang digunakan. Dengan hasil 50% tersebut, Huawei mengklaim bahwa sebuah proses gambar tradisional akan ditingkatkan kualitasnya hanya sekitar 10% pada sebuah ISP (Image Signal Processor). Hasilnya, gambar yang disajikan hanya akan terambil sekitar 55% dari sumber aslinya.

Huawei juga pernah mengambil langkah dengan menggunakan computational photography yang berhasil meningkatkan informasi akhirnya menjadi 60% dari sumber obyek aslinya. Computational photography atau sebuah AI digunakan pada saat optik sudah mengirimkan informasi tangkapan sebuah obyek ke ISP.  Huawei menyebut langkah ini sebagai “Half Way” Imaging Process.

Pada XD Optics yang digunakan pada P50 Pro, Huawei menggunakan proses yang disebut sebagai Full Path Imaging Process. Dengan XD Optics yang mengatasi aberration tadi, cahaya pada gambar yang ditangkap dibenahi serta detail yang ada pun juga menjadi lebih baik. Huawei mengklaim bahwa informasi gambar dari hasil tangkapan kamera meningkat dari hanya 50% saja menjadi sekitar 63%.

Hasil 63% tersebut dikirim langsung ke ISP dan dengan tambahan teknologi dari Huawei yang dinamakan XD Fusion Pro. XD Fusion Pro akan menggunakan Super Color Filter System, True Chroma Image Engine, dan Super HDR Technology. Hal tersebut akan meningkatkan detail informasi gambar sekitar 30%. Dengan begitu, sebuah gambar yang ditangkap oleh Huawei P50 Pro akan memiliki informasi gambar sebesar 81%.

Fitur True Chroma Image juga yang membantu warna sebuah gambar menjadi lebih baik pada Huawei P50 Pro. Proses warna pada pengambilan gambar sebuah smartphone diambil dari RAW, lalu mengaplikasikan white balance, dan terakhir mengaplikasikan colour correction. True Chroma Image Engine yang ada pada XD Fusion Pro akan menambahkan 10 channel multi spectrum sensor untuk meningkatkan pengambilan warna dari sensor kamera. Selanjutnya, sistem akan mengimplementasikan model adopsi warna dan meningkatkan palet warnanya ke DCI-P3.

True Chroma Image Engine mampu mereproduksi warna dengan baik. Warna merah biasanya akan terambil oleh kamera smartphone dengan tidak akurat. Huawei mengklaim bahwa P50 Pro mampu mengambil warna merah pada lipstik dengan cukup akurat. Selain itu, saat mengambil gambar dalam tingkat cahaya 0,5 lux, XD Fusion Pro juga mampu membuat gambar menjadi lebih baik.

Lensa Monochrome: Sama seperti P20 Pro?

Pada Huawei P50 Pro juga hadir sebuah kamera monochrome yang bisa mengambil gambar hitam putih. Kamera tersebut tentunya juga hadir pada smartphone pendahulu, seperti P20 Pro. Apakah algoritma yang digunakan pada P20 Pro sama dengan P50 Pro?

Pan mengatakan bahwa algoritma yang dihadirkan pada P50 Pro tentu berbeda dengan P20 Pro. Sayangnya, Pan tidak bisa menjelaskan bagaimana cara kerjanya karena hal tersebut merupakan rahasia dapur dari Huawei. Pan mengatakan bahwa mereka melakukan restrukturisasi ulang software pada P50 Pro untuk bagaimana semua kamera dapat bekerja secara bersamaan.

Hasil Foto

Kebetulan Huawei kembali mengundang saya pada tanggal 21 Januari 2022 lalu yang bertempat di EggHotel. Hal tersebut tentu saja berkaitan dengan acara hands-on smartphone Huawei P50 Pro yang perangkatnya sebentar lagi bakal hadir di Indonesia. Huawei P50 Pro tentu saja nantinya bakal menggunakan sistem operasi buatan Huawei sendiri, yaitu HarmonyOS. Akan tetapi, sepertinya saat peluncurannya nanti pengguna harus melakukan upgrade dari EMUI 12 ke HarmonyOS.

Oleh karena sesi hands-on, tentu saja belum ada spesifikasi lengkap dan harga yang diumumkan. Semua itu nantinya akan diinformasikan oleh Huawei pada saat peluncurannya. Akan tetapi, tidak ada salahnya saya membagikan hasil foto-foto yang dilakukan pada tanggal 21 Januari yang lalu. Berikut adalah hasilnya

Play video

26 May 2022

#shorts Redmi Note 11 Pro

Sekilas tentang smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro.

Others from #HybridTV