Dark
Light

Mengenal Smartplatform Veda

1 min read
January 17, 2013

Sudah banyak startup yang berkutat di area piranti lunak, terutama yang berbasis web, tapi tidak banyak yang menggali hingga ke low level dan mencoba memiliki kontrol terhadap piranti keras (hardware). Veda adalah salah satu dari sedikit startup yang mengusung hal ini. Berasal dari lingkungan akademisi (alumni dan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia) dan berasal dari inkubator kampus, Veda menyasar pasar smart home dan energy monitoring, yang membuatnya sangat berguna untuk masyarakat umum.

Veda mengembangkan sistem operasinya sendiri, yang berbasis Android, dan saat ini sudah mencapai versi 3.0. Fleksibilitas Veda adalah dukungannya terhadap berbagai aplikasi dan perangkat. Seperti disebutkan oleh Budiarto sebagai team leader Veda, mereka berusaha mewujudkan visi “era pervasive computing” yang diimplementasikan dalam bentuk Smart Building, Smart Home, Smart Office, Smart Car, Smart Refrigerator dan lain sebagainya.

Nama Veda sendiri diambil dari nama central computer yang terdapat pada serial film kartun Gundam yang berfungsi untuk memantau, me-manage, mengontrol, serta memberi keputusan bagi para robot Gundam.

Sejauh ini produk tersebut telah membawa Veda menjadi pemenang INAICTA 2012 untuk kategori Professional Research and Development dan Merit untuk ajang APICTA 2012 di Brunei Darussalam lalu. Saat ini Veda menjadi finalis Mandiri Young Teknopreneur 2012.

Lebih jauh, seperti yang diungkapkan oleh Budiarto,  Veda sekarang sedang menjajaki kemungkinan pendanaan dengan investor untuk lepas dari inkubasi. Veda sendiri memperoleh kesempatan inkubasi setelah memenangkan kompetisi inkubator bisnis Fasilkom UI di tahun 2011.

Disebutkan bahwa saat ini Veda sudah memiliki sejumlah klien yang memanfaatkan langsung teknologi ini. Saya bayangkan bahwa jika semakin banyak orang yang menggunakan teknologi seperti ini, monitoring energi alat-alat listrik yang kita gunakan bakal semakin mudah dan pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi terhadap penggunaaan energi yang kita terapkan. Jika ingin memulai semangat green energy, perangkat seperti ini bisa menjadi awalan yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Nokia Akan Pangkas Karyawan dan Outsource Pekerjaan ke HCL dan Tata

Next Story

Game Temple Run 2 Telah Tersedia di App Store, Versi Android Menyusul

Latest from Blog

Don't Miss

EZVIZ-Umumkan-Rangkaian-Perangkat-Smart-Home-Impian-di-Indonesia-1

EZVIZ Umumkan Rangkaian Perangkat Smart Home Impian di Indonesia

EZVIZ meluncurkan rangkaian perangkat smart home terbarunya di Indonesia, dalam
Samsung Bespoke Life 2023

Samsung Umumkan Visi Baru 2023 Bertajuk “Bespoke Life”

Samsung akan menandai awal babak baru untuk divisi home appliance