Dark
Light

Mengenal Lebih Dekat Facebook Fan Page Insight: ‘Golden Key’ Pemasaran Sosial Media

2 mins read
October 11, 2013

Dewasa ini sosial media berkembang jadi model kampanye pemasaran yang dinilai cukup efektif, hal ini merupakan salah satu dari dampak perkembangan gaya hidup yang nyaris tak bisa lepas dari kehidupan sosial di media online semacam Facebook, Twitter dan Instagram.

Facebook menjadi tonggak terdepan dalam tren kampanye marketing via sosial media, pengukuhan ini bukan tanpa alasan, pertama Facebook dengan terbuka menawarkan fitur Facebook Fan Pages yang ditujukan untuk pesohor dan perusahaan di mana fitur ini menjadi pusat interaksi antara penjual dan pembeli. Kedua, Facebook juga menawarkan slot iklan untuk mendukung perkembangan Fan Page. Ketiga, adanya fitur Insight yang memudahkan pemasar untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih tepat.

Poin terakhir di atas berhasil menarik perhatian saya secara pribadi, dan di kesempatan ini, saya akan coba ungkap dan selami lebih dalam apa itu Facebook Fan Page Insight dan peranan tool ini bagi para pemasar yang fokus di sosial media.

Facebook Fan Page Insight pertama kali dirilis 19 Juni lalu oleh Facebook Studio, kini fitur Facebook Insight sudah mengalami banyak perombakan drastis yang jauh lebih lengkap dan informatif sehingga pemasar bisa melakukan berbagai analisis sebelum memutuskan untuk memulai kampanye.

Menu Tab Facebook Page Insight

Overview

Di dalam Facebook Fan Page Insight, bisa kita temukan 6 menu tab yang masing-masing memuat segala informasi dan interaksi yang terjadi di Facebook Page Anda, seperti Overview, Likes, Reach, Visits, Posts dan People. Lumayan banyak, sayangnya kita tidak bisa mengulas semua menu itu sekarang, tapi tenang, kemungkinan besar kita akan tuntaskan semua pembahasan tapi mungkin Anda harus bersabar sedikit sebab paling cepat minggu depan kita akan melanjutkan pembahasan menu-menu yang lain.

Anggap saja problem di atas clear, sekarang kita bahas dulu tab Overview dan Likes, setuju? Oke, menu tab Overview memuat kumpulan informasi dari menu tab lainnya. Ada tiga ringkasan yang ditampilan di mana semua informasi tersebut diambil dari periode 7 hari, pertama Page Likes yang berisi informasi jumlah Likes selama 7 hari terakhir, yang kedua ada Post Reach di mana Anda bisa melihat berapa orang yang berhasil terjangkau oleh post Anda dan ketiga ada Engagement yang memuat informasi interaksi atau tindakan yang dilakukan oleh fans Anda seperti meng-klik, men-share dan meninggalkan komentar.

Bagi pemasar, informasi sekecil apapun sangat berarti, termasuk potongan informasi di atas. Dari informasi tersebut, pemasar dapat melihat progress kampanye yang sudah dilakukan sebelumnya sebelum memutuskan untuk membuat program kampanye yang baru.

Likes

Kita bergeser ke tab kedua yaitu Likes, menu tab ini adalah gerbang pertama dari serangkaian analisis yang memuat informasi vital bagi para pemasar. Selain jumlah likes, pemasar dapat mengetahui lebih dalam seberapa efektifkah kampanye pemasaran yang sudah dilakukan selama periode tertentu.

Informasi pertama yang disajikan di tab ini berupa total likes yang berhasil didapat, Anda bisa merubah periode waktu yang diinginkan dengan 3 cara. Pertama menggunakan shortcut yang terbagi menjadi 3, 1 minggu, 1 bulan atau 1 kuartal. Kedua, dengan cara menarik pembatas ke periode waktu yang Anda inginkan atau ketiga menggunakan opsi tanggal yang ada di sebelah kanan atas seperti yang saya tandai di gambar ini.

Kemudian Anda bisa scroll mouse dan beralih ke Net Likes: What Changed, yang berisi 4 data seperti Unlikes, Organic Likes, Paid Likes dan Net Likes. Anda dapat membandingkan performa rata-rata dari 4 indikator tersebut untuk mengetahui seberapa baik performa kampanye yang sudah dijalankan.

Misalnya pemasar menggunakan iklan Facebook untuk menjaring likes, maka untuk mengetahui berapa jumlah likes yang berhasil didapat, pemasar bisa mengklik opsi Paid Likes. Dari sini, pemasar kemudian dapat menilai dan kemudian memutuskan langkah selanjutnya.

Informasi yang terakhir ini tak kalah vital, sebab di dalamnya terdapat informasi dari mana saja likes yang didapat dan ini bisa jadi sumber analisis bagi pemasar untuk memilih sasaran kampanye marketing mereka, yaitu sumber likes. Jika sumber dari mobile lebih banyak, bisa saja pemasar memilih konsumen yang datang dari perangkat mobile ketimbang menayangkan iklan untuk pengguna di media desktop.

Masih banyak sebenarnya yang bisa kita dalami dari Facebook Fan Page Insight, tapi cukup sulit untuk menuangkan semua dalam satu artikel saja. Untuk itu, minggu depan kemungkinan besar saya akan kembali mengangkat topik yang sama dengan ulasan yang lebih mendalam. So stay tuned. 

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Gartner: Penjualan Komputer Personal Turun 8,6% di Q3

Next Story

[SocMedFest 2013] Blibli dan BCA Siapkan Acara Lelang di Social Media Festival Besok

Latest from Blog

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri
Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi