22 February 2023

by Dimas Galih W.

Mengejar Ketertinggalan, Browser Microsoft Edge Bakal Punya VPN

Akhirnya browser bawaan sistem operasi Windows bakal dilengkapi dengan fitur keamanan gratis yang bisa menangkal para hacker saat browsing

Apakah Anda salah seorang yang tidak menggunakan browser internet Microsoft Edge karena kurangnya fitur penting? Saat ini mungkin banyak browser internet lain yang sudah menawarkan fitur keamanan tambahan seperti VPN dan lainnya. Ternyata, tidak lama lagi Microsoft bakal memperkenalkan fitur VPN ke dalam browser internet mereka. Namun, VPN tersebut ternyata merupakan kerjasama dengan pihak ketiga.

Pengujian dari VPN ini sudah dimulai semenjak sekitar bulan Mei tahun 2022 yang lalu melalui Microsoft Edge Canary yang memang diperuntukkan pada para beta tester. Akan tetapi, beberapa pengguna ternyata saat ini sudah bisa menemukan fitur ini pada browser versi stabilnya. Nama dari fitur ini adalah Microsoft Edge Secure Network. Setiap pengguna nantinya bakal mendapatkan kuota gratis akses keamanan sebanyak 1 GB.

Penyedia layanan VPN ini nantinya adalah CloudFlare, sang pemilik layanan 1.1.1.1. Pengamanannya sendiri memiliki 3 mode yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Hal tersebut dari menggunakan VPN hanya utuk mengakses situs pilihan, optimalisasi untuk web yang tidak memiliki sertifikat yang valid, atau selalu aktif setiap kali membuka website. Pilihan pertama dan kedua tentu saja akan menghemat kuota VPN tersebut.

Hal ini tentu saja bakal menarik para pengguna Windows yang memakai browser internet lain yang saat ini sudah menawarkan VPN. Selain itu, kita juga tidak perlu menambahk sebuah layanan VPN pihak ketiga lain dengan pilihan yang satu ini. Belum jelas apakah Microsoft nantinya akan memberikan layanan berbayar bulanan atau tidak. Pasalnya, para beta tester mendapatkan kuota 15 GB pada Edge Canary v110.0.1563.0.

Lalu untuk apa akses VPN pada sebuah browser internet? Hal ini akan membuat akses kita tidak lagi bisa diintip oleh hacker pada saat menggunakan WiFi gratis di area umum seperti di mall. Pasalnya pencurian kata sandi sering terjadi pada area-area WiFi umum yang mudah diakses semua orang. Saya adalah salah satu orang yang hampir terbobol akun bank-nya karena lupa memasang VPN berbayar.

Dengan VPN, kita bisa dengan aman mengakses internet banking tanpa harus ketahuan oleh hacker di sekitar kita. Anda juga bisa menggunakan layanan gratis dari CloudFlare dengan aplikasi 1.1.1.1 sebelum mendapatkan fitur VPN di Micrososft Edge. Dengan menggunakan fungsi VPN, sang hacker juga seharusnya tidak mengetahui alamat IP mana yang bakal kita tuju serta apa yang sedang kita ketik.

Jadi, saya sangat menyarankan untuk menggunakan pengaman internet saat terhubung dengan WiFi umum. Dan semoga saja fitur ini bakal disediakan oleh Microsoft untuk semua pengguna Edge dengan cepat.

Sumber: Neowin