Dark
Light

Mengabadikan Keunikan Bali Lewat Tiga Kamera Utama OPPO Find X6 Pro 5G

2 mins read
July 1, 2023
Mengabadikan-Keunikan-Bali-Lewat-Tiga-Kamera-Utama-OPPO-Find-X6-Pro-5G

Biarpun smartphone memiliki konfigurasi multi kamera, saya hanya memercayai kamera utama saja. Alasannya bukan karena tak suka selain lensa wide, tetapi sensor kamera dengan lensa ultrawide dan telephoto berukuran lebih kecil, sedangkan pekerjaan foto dan video saya menuntut kualitas.

Namun OPPO dengan Find X6 Pro 5G telah memulai era baru smartphone dengan multi-primary camera system. Di Bali, lewat acara Vitality Imaging Tour yang diselenggarakan oleh OPPO APAC, saya merasakan gambaran ‘masa depan teknologi kamera smartphone’.

Untuk pertama kalinya, saya tidak perlu khawatir akan kekurangan kualitas saat memotret memakai lensa ultrawide dan telephoto pada Find X6 Pro 5G. Sedangkan kamera dengan lensa wide 1 inci yang dipadukan dengan canggihnya algoritme pemrosesan gambar OPPO, membuatnya sangat dapat diandalkan di malam hari. Berikut beberapa hasil foto pilihan yang saya ambil dari Find X6 Pro 5G.

Kamera Telephoto Periscope & Ultrawide

Kamera telephoto Find X6 Pro 5G menghadirkan 3x optical zoom dengan panjang fokus setara 65mm, yang mana memberikan perspektif gambar yang dalam. Ini sangat ideal untuk foto portrait, still life, street, dan sebagainya dengan kualitas terjaga.

Itu karena OPPO menggunakan Sony IMX890 yang berukuran 1/1.56 inci, sensor gambar flagship 50MP yang biasanya dipakai pada kamera utama. Dilengkapi OIS, all-pixel omnidirectional autofocus, serta mendukung 3x optical zoom, 6x hybrid zoom, dan hingga 120x digital zoom.

Tentu saja, kita tetap harus disiplin dalam memotret dan membatasi penggunaan zoom untuk mendapatkan foto yang tajam dengan fokus yang tepat. Saya sudah gembira mendapatkan 3x optical zoom, 6x hybrid zoom adalah bonus untuk menambah variasi shot, lebih dari itu sebaiknya dihindari.

Di Bali sangat kental dengan campuran budaya lokal yang sangat unik dan juga penetrasi budaya luar, serta tentu saja pemandangannya. Itu semua bisa direkam secara apik dengan kamera ultrawide Find X6 Pro 5G yang juga mengandalkan Sony IMX890 dan dapat membidik jarak dekat.

Sony IMX989 Tipe 1 Inci

Harus diakui, kemampuan fotografi komputasi berbasis AI pada Find X6 Pro 5G memiliki peran yang sangat penting, pemrosesan gambar OPPO yang begitu canggih dengan paduan chipset Snapdragon 8 Gen 2 dan NPU MariSilicon X. Namun hal pokok fotografi setelah cahaya ialah sensor gambar dan OPPO menyematkan Sony IMX989 tipe 1 inci.

Artinya memegang Find X6 Pro 5G sama dengan membawa kamera compact premium. Ditambah sentuhan color science dari Hasselblad yang disebut Natural Color Calibration, semakin memperkuat citra perangkat ini sebagai salah satu smartphone kamera terbaik.

Pada kegiatan photo walk di Bali, terutama saat memotret portrait dengan model, saya berusaha memosisikan diri dengan baik, serta mengambil gambar sebanyak mungkin dengan cepat sehingga bisa eksplorasi foto landscape dan genre lainnya. Jadi saya menekan rana menggunakan tombol volume, bahkan dengan mode Pro dan output Raw Plus, seolah Find X6 Pro 5G tak perlu jeda untuk memprosesnya.

Tentu saja, bagian terbaik dari sensor gambar berukuran besar adalah peningkatan dalam mengambil foto di kondisi cahaya rendah. Saat mengabadikan pertunjukan Kecak, Find X6 Pro 5G memperlihatkan performanya dengan sangat baik. Ingat bahwa pencahayaan sedikit pun tetap sangat penting, bahkan dari api yang membara.

Sayangnya harus saya katakan lagi bahwa OPPO Find X6 Pro hanya tersedia secara eksklusif di pasar Tiongkok. Setidaknya saya bisa merasakan sudah sejauh apa perkembangan teknologi pencitraan yang dimiliki oleh OPPO, pengalaman memotret dengan tiga kamera utama.

Previous Story

IGDX Roadshow di Yogyakarta Bahas Tentang Cara Masukkan Elemen Lokal di Game

Signify
Next Story

Signify Galakkan Seruan Beralih ke “Pencahayaan Hijau”

Latest from Blog

Don't Miss

OPPO A60 Resmi Dirilis, Ajak Calon Pengguna Buktikan Langsung Ketangguhannya

Sejak diluncurkan secara resmi sejak 17 Mei lalu, OPPO A60

Bertambah Lagi, OPPO Experience Store Kini Hadir di AEON Deltamas Cikarang

OPPO Experience Store Cikarang ini memiliki luas 241 meter persegi—lebih