Esports Ecosystem

Mendominasi, Bigetron Esports Menjadi Juara Metaco Circuit Cup Season 1

18 Apr 2019 | Akbar Priono
Sementara itu Onic Esports mengamankan peringkat 2 dan Armored Project amankan peringkat 3

Setelah tiga pekan, perjalanan Metaco Circuit Cup Season 1 telah mencapai puncaknya pada akhir pekan lalu. Kualifikasi pekan ke-4 diselenggarakan pada hari Sabtu, 13 April 2019. Kualifikasi tersebut diikuti oleh berbagai nama-nama besar di kancah PUBG, seperti Bigetron, The Prime, PG.Barracx, dan banyak lagi. Alhasil, kualifikasi Metaco Circuit Cup jadi terasa beda kelas, jika dibandingkan dengan pekan-pekan sebelumnya.

Menariknya di kualifikasi ke-4 MCC, Bigetron malah terbilang tidak sebegitu ganas. Seperti biasa, kualifikasi mempertandingkan 3 ronde. 2 ronde pertama diselenggarakan dengan mode TPP mengguakan map Erangel dan Miramar, sementara ronde terakhir menggunakan map FPP Erangel.

Ronde pertama permainan terbilang cukup acak. Banyak tim yang tercecer dan mendarat di tempat yang kurang menguntungkan. Dranix yang berhasil mengamankan bangunan strategis sejak dini, berhasil mendapatkan chickendinner di ronde ini.

Sumber: Metaco.gg
Sumber: Metaco.gg

Masuk ronde kedua, pertandingan berpindah ke Miramar. Menariknya, pertarungan di sini malah berlimpah kill. Padahal, map ini biasanya dimainkan secara pasif oleh para pemain. Membuka permainan, Bigetron melakukan atraksi clutch tiga lawan satu, yang membuat mata penonton terbelalak. Kendati demikian, Bigetron gagal mendapat chicken dinner, dilibas oleh tim The Prime.

Ronde ketiga, circle jadi tak kondusif karena mengerucut ke arah jembatan. Permainan terpaksa harus diakhiri dengan adu heal. Jelang akhir permainan, kedua pemain sudah terlanjur terjebak, yang satu di atas jembatan, lainnya di bawah jembatan. Ketika circle semakin mengerucut, keduanya jadi tak bisa melakukan konfrontasi. Adu heal akhirnya berhasil dimenangkan oleh Bigetron Game.ly.

Setelah kualifikasi ke-4, esok harinya langsung dilanjut dengan pertandingan Grand Final Metaco Circuit Cup. Kali ini pertandingan berjalan dengan lebih panjang. Pertandingan berlangsung 5 ronde, dengan komposisi 2 TPP Erangel dan Miramar, 2 FPP Erangel dan Miramar, ditutup 1 ronde TPP Erangel.

Ronde pertama, berhasil mengamankan bangunan strategis dapat bertahan hingga tersisa dua tim saja. Sayang, setelah lemparan granat yang luar biasa akurat ke Capital Esports, Aura.One terbunuh oleh Lexus Esports karena pergerakan yang ceroboh. Ronde pertama dimenangkan Lexus Esports.

Ronde kedua, Bigetron mendadak datang dan mengamuk. Lingkar terakhir yang berada di Los Leones dimanfaatkan dengan maksimal oleh Bigetron. Mereka mendapat chicken dinner dengan 17 kill, yang membuat posisi mereka di klasemen melesat jauh ke posisi pertama. Posisi mereka di klasemen semakin solid setelah menang kembali di ronde ketiga dengan mendapatkan 17 kill. Alhasil poin Bigetron di posisi pertama terpaut 20 poin lebih, dari tim posisi kedua yaitu Onic Esports.

Ronde keempat, permainan kembali ke mode FPP dengan peta Miramar. Lagi-lagi circle terakhir memaksa pemain bermain adu heal karena menutup area pegunungan dekat Impala. Tim 1FLA dapatkan chickendinner setelah Streamer Bidut keok karena kehabisan pasokan obat-obatan.

Sumber: Metaco.gg
Sumber: Metaco.gg

Ronde terakhir kembali ke TPP Erangel. Setelah sebelumnya Streamer Bidut bermain dengan lebih low profile, mereka muncul ke permukaan pada ronde ini. Circle kembali ke area Rozhok dan mereka mengamankan tempat strategis di pinggir circle. Walau mereka mendapatkan Chicken Dinner, Streamer Bidut sayangnya tidak dapat menggoyahkan posisi Bigetron di puncak klasemen.

Setelah penghitungan poin total dari para kontestan, Bigetron berhasil menjadi juara pertama dengan perolehan poin yang sangat besar. Pemain Bigetron, yaitu BTR.Ryzen, juga berhasil mendapat titel terminator setelah membukukan jumlah kill terbanyak sepanjang gelaran Grand Final. Setelah Bigetron sebagai pemenang, posisi kedua diisi oleh Onic Esports, lalu posisi ketiga diisi oleh Armored Project.

Sepertinya Bigetron memang masih terlalu kuat untuk dikalahkan di musim ini. Selamat bagi para pemenang!