Dark
Light

Mendapat Perlawanan dari Para Rival, Apple Malah Menunda iPad Mini Terbaru?

1 min read
October 3, 2013

Semenjak diperkenalkan dalam iPhone 4, retina display mendapatkan resepsi yang cukup baik dari konsumen. Teknologi LCD dengan kepadatan pixel yang sangat tinggi ini membuat Apple berada di urutan nomor satu dalam menyajikan layar berkualitas terbaik. Retina display kini menjadi suatu keharusan dalam perangkat Apple, tapi entah mengapa mereka menunda peluncuran iPad Mini dengan teknologi layar beresolusi tinggi di bulan ini.

Penundaan ini membuat varian iPad Mini tertinggal di belakang milik para rivalnya, Google Nexus 7 dan Amazon Kindle Fire HDX dalam lini display. Saat ini Apple fokus untuk mempersiapkan retina display pada iPad Mini, namun kabar buruknya adalah mereka hanya memproduksinya dalam jumlah terbatas khusus untuk tahun ini. Jika benar begitu, mereka akan kehilangan kesempatan untuk mengumpulkan lebih banyak keuntungan karena melewatkan holiday season dan natal begitu saja.

Tanpa retina display, hilang satu poin alasan esensial untuk memiliki iPad Mini baru. Hal ini menambah tekanan pada Apple kerena para kompetitornya semakin menyusul dengan momentum yang cepat. Apalagi mengingat Apple iPad Mini merupakan tablet yang paling mahal di kelas tujuh inci. Seorang analis dari Fubon Securities Taipei, Arthur Liao, menambahkan bahwa, “Jika saja mereka bisa mengurangi harga sekitar US$ 50, hal itu akan membuatnya lebih menarik di mata konsumen.”

Tentu saja untuk sebuah produk baru, konsumen menuntut fitur, spesifikasi serta kemampuan yang lebih canggih dari sang pendahulu. Apple masih bungkam soal itu, tapi kemungkinan besar mereka akan mengumumkan secara resmi bulan Oktober ini.

Retina display sendiri diproduksi oleh beberapa pemasok berbeda di dunia. Untuk saat ini, khusus layar iPad, Samsung yang menjadi produsen utamanya. Kemudian retina display untuk varian Macbook Pro, iPhone dan iPod diproduksi baik oleh Samsung dan LG.

Seperti barang ‘segar’ lain dari Apple, produk ini tidak mungkin disajikan dengan harga yang lebih murah bahkan jika Apple mencoba memangkas ongkos pembuatan komponen lainnya. Kita juga bisa belajar dari iPhone 5C yang awalnya diklaim sebagai iPhone baru dengan harga ‘ekonomis’.

Untuk varian generasi saat ini, iPad mini disajikan dengan tiga pilihan kapasitas: 16GB seharga US$ 329, 32GB disajikan seharga US$ 429 dan varian dengan penyimpanan tertinggi, 64GB, dibanderol dengan tag harga US$ 529. Bandingkan dengan Nexus 7 yang ditawarkan mulai seharga US$ 229. Eksklusifitas dan keanggunan memang menuntut harga tinggi, dan Apple harus mulai memikirkan strategi baru…

Terima kasih kepada Reuters. Sumber gambar: OnlineGadgetStore.com.

Previous Story

Bing Tambahkan Koleksi dari Pinterest di Hasil Pencarian Gambar

Next Story

Hanya Nexus 4 dan 7, Nvidia Shield dan Moto X yang ‘Jujur’ dalam Uji Perangkat Android?

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Apple iPad mini Punya Desain Baru & iPad 10.2 Dilengkapi Fitur Center Stage

Pada Apple Event tahun ini, Apple memperkenalkan iPhone 13, iPhone

10 Fitur Revolusioner iPad Selama 10 Tahun Usianya

Tepat tanggal 27 Januari kemarin, iPad merayakan ulang tahunnya yang