Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Mencoba Singkat Headphone Gaming Logitech Wireless G733

15 February 2021Wiku Baskoro

Ringan dengan suara surround yang seru

Berbicara tentang headphone, aksesoris yang satu ini menjadi salah satu bagian terpenting di era gamingstreaming dan konten kreator dewasa ini. Headphone tidak hanya harus bisa menjalankan fungsi standar tetapi juga harus punya beberapa faktor lain untuk bisa menjadi pilihan penggung. Logitech G733 memiliki beberapa elemen untuk bisa jadi pilihan pengguna.

Logitech G733 sejatinya adalah perangkat headphone wireless yang dilengkapi dengan detachable mic. Headphone ini juga dilengkapi lampu RGB di pinggir earcup untuk mereka yang doyang dengan elemen gaming. Kita bahas desain terlebih dahulu.

Logitech G733

 

Bahas desain

Dari departemen desain, headphone ini menurut saya menitikberatkan pada bobotnya yang ringan, sehingga desain yang disediakan juga mendukung hal tersebut. Mulai dari bahan yang dipilih yang mostly plastik, lalu desain headrest sampai dengan model headband headphone yang menggunakan bahan berbalut fabric yang elastis. Gabungan dari elemen perangkat ini memberikan kesan ringan yang cukup kentara.

Untuk urusan elemen gaming, Anda yang suka tambahan fitur RGB bisa menikmati lampu warna-warni yang bisa diatur lewat software yang letaknya di sisi pinggir depan earcup. Letaknya cukup menarik karena tidak terlalu mencolok dan cukup nge-blend dengan keseluruhan desain.

 

Lalu untuk desain earcup, headphone ini membawa jenis over the ear sehingga semua telinga kita tertutup. Pilihan yang paling masuk akal untuk headphone gaming karena akan lebih nyaman dipakai lama serta bisa memberikan pengalaman suara yang lebih terasa full.

Earpad-nya sendiri cukup empuk dan nyaman digunakan, Logitech menyebutkan bahwa memory foam yang disediakan ada dua layar untuk memberikan kesan lembut dan mengikuti kontur wajah. Oh ya, Logitech menyebut headband G733 ini dengan istilah suspension strap headband, bisa di adjust dan tentu saja elastis mengikuti lebar kepala.

Elemen desain lain yang juga masuk dalam fitur utama di perangkat ini adalah mic yang bisa dilepas – pasang, bisa disesuaikan jarak dengan mulut serta hadir dengan desain yang cukup modern futuristik. Cocok dengan keseluruhan desain headphone yang juga modern futuristik. Meski bahan utamanya plastik.

Logitech G733

Untuk button, terletak di bagian bawah salah satu sisi earpad, termasuk colokan untuk mic dan colokan usb type C untuk mengisi daya. Untuk urusan wireless, tersedia dongle yang bisa dicolokan ke colokan USB di laptop, PC atau PS untuk memungkinkan headphone terkoneksi tanpa kabel. Logitech dalam situsnya menyebutkan bahwa jarang maksimal yang bisa didukung perangkat ini adalah 20 meter.

Pengalaman penggunaan

Kita beralih ke pengalaman fitting. Jika harus disimpulkan dalam beberapa kalimat saya akan memilih, nyaman tetapi kurang berat. Bisa jadi ini masalah selera, tetapi saya tidak terlalu suka dengan headphone yang terlalu ringan. Ada kesan kurang premium dari headphone yang terlalu ringan. Tetapi jika Anda ingin mencari headphone ringan dan nyaman, G733 ini bisa jadi pilihan. Earpad fabric yang cukup empuk serta over the ear yang juga memberikan nuansa nyaman tertentu. Untuk urusan headband juga serupa, pilihan karet memang cukup memberikan kenyamanan karena akan langsung mengikuti ukuran kepala. Meski demikian, karena saya berangkat dari penyuka headphone khusus audio, headband model seperti ini paling saya hindari. Tapi tentu saja ini kembali lagi masalah selera.

Selanjutnya kita akan membahas singkat tentang suara. G733 memiliki kualitas suara yang cukup baik. Salah satu fitur yang cukup menyenangkan di perangkat ini adalah surround sound.

Logitech G733

Logitech menyematkan teknologi DTS Headphone:X 2.0. Suara yang dihasilkan bisa dari hampir segala arah, menjadikan pengalaman mendengarkan lewat headphone ini semakin nyaman. Dengan perangkat lunak pendukung (Logitech G Hub) Anda bisa menguji dan mengukur volume-volume dari 7 sisi, memberikan pengalaman surround yang seru.

Dalam pengaturan di perangkat lunak Anda juga bisa memilih dengan mudah template pengaturan untuk berbagai keperluan, misalnya game FPS atau entertainment, sports dan tentu saja musik juga dengan pengaturan EQ yang bisa diatur sendiri sesuai preferensi. G733 juga bekerja sama dengan BLUE VO!CE untuk urusan input suara. Anda bisa menggunakan filter dari Blue VO!CE untuk berbagai kegiatan misalnya streaming.

Salah satu ciri khas dari perangkat gaming adalah perangkat lunak pendukung untuk melakukan kustomisasi. Anda bisa melakukan berbagai pengaturan G733 lewat aplikasi Logitech G Hub. Beberapa diantaranya telah saya sebutkan di atas, yaitu pengaturan template suara surround untuk berbagai aktivitas seperti gaming, mendengarkan audio sports atau entertainment. Pengaturan EQ juga bisa dilakukan dan tentu saja lampu RGB di headphone juga bisa diatur sesuai keinginan.

Logitech G733

Kesimpulan

Secara overall, headphone G733 adalah headphone yang cukup menarik. Ringan, earpad nyaman, wireless dan dukungan perangkat lunak yang cukup. Kualitas audio juga cukup baik. Namun di sisi lain, bahan utama plastik, earpad housing yang tidak fleksibel, model headband elastis dan model yang terasa kaku dan kopong mungkin akan merusak selera pengguna tertentu.

Dengan harga 2 juta rupiah, saya akan lebih memilih headphone audiophile entry level/mid atau bahkan entry level wireless headphone bukan yang gaming. Tetapi tentu saja G733 ditujukan untuk pengguna laptop/PC yang ingin menikmati pengalaman wireless gaming headset yang bisa nyaman digunakan dalam waktu lama, memiliki fitur mic yang bisa diandalkan untuk streaming atau chat ketika bermain. Penggunaan dongle juga menjadi salah satu fitur yang berguna karena biasanya perangkat PC kadang tidak dilengkapi bluetooth bawaan. Dengan harga 2 juta, tentunya G733 akan mendapatkan saingan dari beberapa brand yang juga menawarkan pengalaman wireless gaming headset di segmen harga yang relatif   sama, misalnya Corsair HS70.

Play video

7 May 2021

HYBRID CUP Tarkam Series - PUBG Mobile Squad

NGABUBURIT sambil main PUBG Mobile buat dapetin uang tunai sebesar Rp. 500000! Kira-kira siapa yang akan menjadi pemenangnya ya? . . . Follow IG: ...

Others from #HybridTV