Review Gadget

Mencoba MicroSD dari Kingston, Canva Go! Plus, di Nintendo Switch

04 Aug 2020 | Wiku Baskoro
MicroSD ini memiliki kecepatan yang cukup baik dan harga terjangkau

Bagi pengguna Nintendo Switch, ada banyak pilihan aksesoris yang bisa dibeli untuk menambah nyaman dalam bermain. Ada aksesoris gamepad, dock, casing, bahkan ada juga tools tambahan seperti Labo atau Ring Fit. Namun ada aksesoris lain yang sebenernya cukup penting yaitu microSD. 

Aksesoris ini cukup penting, apalagi bagi pengguna yang kerap membeli game digital bukan kolektor game fisik. Diantara beberapa pilihan microSD, produk dari Kingston ada yang menarik untuk dibahas, yaitu seri Canvas Plus.

Kingston belum lama ini memperkenalkan produk Canvas Select Plus microSD Card untuk konsumen Indonesia. Ada beberapa lini produk yang disediakan, salah satunya adalah Canvas Go! Plus microSD, microSD yang akan Hybrid bahas di artikel ini. 

MicroSD ini memang varian tengah-tengah alias bukan yang paling tinggi tetapi bukan pula yang terendah jika dilihat dari angka kecepatan teknis yang disematkan. Dari seri ini yang paling tinggi ada Canva React Plus, lalu ada Canvas Go! Plus dan untuk kecepatan terendah adalah Canvas Select Plus. Rekan kami di DailySocial sempat me-review Canvas React Plus, bisa dibaca di sini

Packing

canva go plus

Sebelum membahas ke hal teknis kita bahas dulu packing dan kelengkapan yang disertakan. Packing yang dibawanya cukup standar yaitu satu buah microSD dan disertakan pula adapter untuk penggunaan yang lebih luas. Nintendo Switch menggunakan microSD jadi adapter tidak dibutuhkan, kecuali untuk transfer data ke perangkat yang tidak mendukung microSD. 

Selain dari Canva Go! Plus, Kingston dengan baik hati menyertakan microSD Card reader MobileLite Plus yang berguna untuk alat baca microSD via USB type A. 

Kedua produk ini dibungkus dengan desain khas Kingston dengan beberapa keterangan fitur utama yang ada di perangkat dicantumkan di bagian depan. Bentuk bungkus yang cukup ringkas dan tidak neko-neko, tersedia pula petunjuk untuk memotong bungkus di bagian belakang. 

Di bagian depan Anda juga bisa menemukan beberapa keterangan tentang penggunaan yang bisa atau yang disarankan oleh Kingston. Di bungkus Canvas Go! Plus pada bgian kanan Anda bisa melihat beberapa ikon seperti 4K, lalu penggunaan untuk drone, tablet dan termasuk untuk gaming

Spesifikasi dan pengujian

Mari kita bahas sisi teknis atau kecepatan baca dan tulis untuk microSD ini. Canvas Go! Plus di atas kertas alias menurut Kingston memiliki kecepatan membaca hingga 170 mb/s dengan kecepatan menulis 90MB/s untuk varian 128 dan 512 GB sedangkan untuk varian kecepatannya 64GB 70MB/s untuk menulis sedangkan untuk baca 170MB/s. Jadi ada perbedaan write dan read untuk beberapa varian. Unit yang Hybrid coba berkapasitas 512GB jadi memiliki kecepatan baca hingga 170MB/s dan menulis hingga 90MB/s. 

Dalam keterangan resminya, Kingston juga menyebutkan bahwa MicroSD ini cocok untuk pengguna consumer alias pengguna umum, dengan kegunaan seperti perekaman 4K, untuk action camera, drones dan perangkat Android. Sedangkan di bungkusnya ada keterangan gambar controller, seperti yang dijelaskan di bagian packing di atas, yang menunjukkan bahwa microSD ini juga cocok untuk bermain game

Dalam handson kali ini saya melakukan uji coba pemakaian dengan handheld yang lagi sangat populer saat ini yaitu Nintendo Switch. Saya menggunakan versi pertama dari handheld keluaran Nintendo ini.

Berikut spesifikasi berdasarkan situs resmi: 

Kingston

Untuk pengujian kecepatan, karena tidak bisa mengujinya secara langsung (dengan tools atau aplikasi benchmark) di perangkat Nintendo Switch maka saya menggunakan microSD reader mobile lite plus yang dicolokkan ke USB hub 3.0. Kecepatan yang saya dapatkan mendekati 170MB/s yang berarti bisa dibilang klaim dalam kotak Canvas GO! plus ini sesuai dengan saat test. Untuk angka test lengkap bisa di cek di bawah, saya menggunakan software benchmark Crystal Disk Mark sebagai salah satu alat uji.  

Canva Go! Plus

 

Canva Go! Plus

Dalam penggunaan Nintendo Switch, salah satu aktivitas yang biasanya sering dilakukan adalah memindahkan file game yang ada di Switch ke microSD agar ruang penyimpanan internal cukup lega. Nah salah satu aktivitas yang saya lakukan adalah memindahkan file di internal ke microSD, dan pengalaman yang saya dapatkan juga cukup baik, waktu yang dibutuhkan juga tidak terlalu lama. Memindahkan game Super Smash Bross dengan ukuran 15.7 GB membutuhkan waktu belasan menit saja. 

Meski MicroSD penting untuk penggunaan Switch, namun ada informasi yang coba saya gali terkait, apakah kualitas Micro SD akan berpengaruh pada kecepatan atau kenyamanan bermain. Dan sampai tulisan ini dibuat, dari beberapa informasi yang saya kumpulkan, kecepatan yang disarankan oleh Nintendo adalah microSD yang memiliki transfer speed antara 60 – 95 MB/s. Dengan spesifikasi yang lebih direkomendasikan adalah UHS-I. 

Nintendo juga menyebutkan bahwa semakin tinggi kecepatan transfer maka pengalaman bermain akan lebih baik. Tetapi sebenarnya tidak ada penjelasan tambahan apakah ada perbedaan jika menggunakan microSD dengan kecepatan transfer di atas 95MB/s, apakah akan lebih baik dari yang maksimal 95MB/s.

Nah untuk pengalaman bermain sendiri, meski tidak bisa dideteksi dengan tools tertentu menurut saya cukup menyenangkan. Ada perubahan cukup signifikan dari microSD sebelumnya yang saya coba, minimal dari sisi kecepatan loading game atau menyimpan progress game. 

Beberapa game yang saya rutin mainkan, salah satunya adalah Super Smash Bros. Ultimate memberikan loading time saat start game atau save progress yang terasa lebih cepat dari hanya menggunakan internal memory ditambah microSD non Kingston. 

Tentang microSD Card reader MobileLite Plus

Nah dari tadi saya belum berbicara banyak tentang perangkat tambahan yang disertakan untuk melengkapi Canva GO! Plus yaitu card reader. Bentuk dari perangkat ini cukup kecil dan bisa menjadi pelengkap saat kita membutuhkan mobilitas. Fitur utama produk ini antara lain USB 3.2 Gen 1 speeds dan dukungan performa tinggi untuk kartu memori tipe UHS-II. Card reader ini juga mendukung kartu memori tipe UHS-I cards.

Pengalaman penggunaannya pun cukup baik, card reader ini mampu mendukung kecepatan kartu memori Canva GO! Plus yang saya coba. Satu kekurangannya adalah tidak ada tutup, jadi ketika membawa perangkat ini Anda harus menyiapkan tempat tersendiri agar slot yang ada tidak banyak terkena debu. 

canva go plus

Kesimpulan

Canva Go! Plus bisa jadi pilihan untuk mereka yang membutuhkan memori luas dengan kualitas yang cukup baik dan kecepatan baca dan tulis yang juga cukup baik. Meski memang memory ini tidak dikhususkan untuk gaming atau ada embel-embel logo Switch seperti merek SanDisk, namun dari pengujian kecepatannya bisa diandalkan. Dari pengalaman juga saya tidak menemukan hambatan.

Jika Anda tidak menggunakannya untuk gamingmemory ini masih bisa diandalkan karena kecepatannya, memudahkan saat memindahkan file misalnya. Harga jual microSD ini adalah 500 ribu rupiah (sebelum diskon) di toko online

Meski demikian Anda tentunya bisa membaca detail spesifikasi dan mengukur apakah spesifikasi yang ada sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena Kingston menyediakan varian yang lebih tinggi yaitu Canva React Plus yang cocok untuk mereka yang membutuhkan kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat. Tapi bagi saya, Canva Go! Plus sudah cukup untuk kegiatan gaming, setidaknya untuk bermain di Nintendo Switch.