Mencoba Kamera Xiaomi Redmi Note 12 Pro 4G

Xiaomi kembali mengeluarkan perangkat dengan kamera 108 MP di Indonesia. Seperti apa hasil foto dari Redmi Note 12 Pro 4G ini?

Tanggal 30 Maret 2023 yang lalu, Xiaomi mengumumkan kehadiran seri Redmi Note 12 di Indonesia. Perangkat smartphone dari seri tersebut yang sampai saat ini belum muncul adalah Redmi Note 12 Pro 4G. Walaupun begitu, Xiaomi berencana untuk menghadirkan perangkat yang satu ini pada tanggal 31 Mei 2023. Dan seperti biasa, Xiaomi mengajak para jurnalis untuk mencoba perangkatnya sebelum peluncurannya.

Seperti yang telah diumumkan, Redmi Note 12 Pro 4G akan menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 732G seperti yang digunakan pada Redmi Note 10 Pro dan Mi Note 10 Pro. Rendy Tonggo selaku Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia mengatakan bahwa SoC yang masih menggunakan proses pabrikasi 8 nm ini dianggap masih mumpuni untuk dipakai pada tahun 2023. SoC tersebut menggunakan 2 core prosesor Kryo 470 Gold berkecepatan 2.2 GHz dan 6 core Kryo 470 Silver berkecepatan 1.8 GHz.

Layar smartphone yang satu ini memiliki dimensi 6,67 inci dengan resolusi FHD+. Teknologi layarnya menggunakan AMOLED DotDisplay dengan refresh rate 120Hz. Perangkat ini juga mendukung teknologi Dolby Vision dan ditemani dengan suara Dolby Atmos. Baterainya sendiri memiliki kapasitas 5000 mAh dengan pengisian cepat 67 watt.

Untuk sisi kamera, Redmi Note 12 Pro 4G menggunakan sensor 108 MP dengan ISOCELL HM2. Dengan resolusi tersebut, hasil fotonya akan menjadi 12 MP saat teknologi nonacell-nya digunakan. Xiaomi juga menyematkan kemampuan perekaman 4K ke dalam Redmi Note 12 Pro 4G sehingga perekamannya akan menjadi lebih tajam. Namun sepertinya, perangkat yang satu ini belum memiliki EIS maupun OIS untuk merekam pada resolusi 4K.

Pada acara yang diadakan pada tanggal 24 Mei 2023 di hotel Morissey, tepatnya pada restoran Zoti, Xiaomi juga menginginkan para undangan untuk mencoba kamera terbaru dari perangkat ini. Tentu saja dengan menggunakan sensor 108MP, membuat smartphone` yang satu ini bisa menangkap cahaya dengan lebih baik. Ternyata memang benar, perangkat yang satu ini bisa mengambil gambar dengan sangat baik dalam kondisi cahaya yang kurang.

Saya sempat mengambil beberapa gambar dengan menggunakan Redmi Note 12 Pro 4G ini. Berikut adalah beberapa hasil tangkapan gambarnya

Untuk hasil kamera depannya bisa dilihat pada contoh berikut ini

Untuk isi dari paket penjualannya adalah sebagai berikut

Sayangnya, Xiaomi belum mau memberikan informasi mengenai harganya. Saya juga belum boleh melakukan beberapa benchmark cepat pada perangkat yang satu ini. Walaupun begitu, hasilnya mungkin tidak akan terlalu jauh dengan beberapa perangkat Snapdragon 732G dari Xiaomi yang pernah saya uji sebelumnya, seperti Redmi Note 10 Pro dan Xiaomi Mi Note 10 Pro.

Oleh karena itu, mari kita tunggu saja kehadiran perangkat yang satu ini di Indonesia pada tanggal 31 Mei 2023 nanti.