Dark
Light

Mencoba Aplikasi Koprol Untuk Android

2 mins read
May 6, 2011

Akhirnya, saya mendapat kesempatan untuk mencoba secara langsung aplikasi Koprol untuk Android. Koprol cukup sibuk melakukan berbagai pembaruan pada layanan mereka, mulai dari merge akun Koprol ke Yahoo! yang telah mereka persiapkan sejak April tanggal 26 kemarin, persiapan aplikasi untuk Android yang secara eksklusif, foto -fotonya dimuat di DailySocial beberapa waktu lalu dan hari ini juga Koprol mengadakan acara di Jakarta dengan tagar #ytownhall.

Koprol untuk Android ini masih dalam versi beta, saat mencobanya saya juga mendapatkan aplikasi ini error dan harus ‘ditutup’ dan diakses kembali untuk mencoba beberapa fitur yang ada, yup seperti yang diumumkan Koprol dari email akses aplikasi ini, resiko ditanggung pengguna. 😉

Ketika launch aplikasi pertama kali maka Anda akan disuguhkan tampilan khas Koprol dengan kombinasi warna hijau dan putih, dari halaman utama ini ada beberapa menu yang diberikan Koprol yang bisa diakses tanpa melakukan login, misalnya jika Anda telah mengatur GPS ponsel, maka Anda bisa melihat pengguna lain yang sedang berada di lokasi dekat dengan Anda, termasuk juga lokasi paling populer serta deals, jika ada penawaran di sekitar lokasi Anda.

Untuk login, Anda diharuskan menggunakan Yahoo! ID yang proses ‘penyatuannya’ telah dijalankan mulai 5 Mei kemarin, setelah login Anda akan disuguhkan dengan berbagai menu dari Koprol, seperti streams, places, melihat mentions, komentar, deals serta profil. Dari tampilan awal ini Anda juga bisa menuliskan post dengan melakukan klik ikon pada bagian kanan-atas.

Untuk fitur lain, seperti komentar serta mention, Anda bisa melihat berbagai komentar dan atau mention yang dilakukan pengguna lain atas akun Anda, lalu untuk stream, layaknya Koprol untuk web, dengan scroll, kita bisa melihat perkembangan apa yang dilakukan relasi kita dengan akun Koprol mereka, klik atau sentuh pada post tertentu untuk melihat komentar atas stream relasi Anda.

Yang paling terlihat dari sisi tampilan dan pengalaman penggunaan aplikasi ini bagi saya adalah pada menu stream atau komentar, dimana ketika kita melihat status atau post yang di komentari oleh orang lain, tampilannya dibedakan antara status/post utama dan komentar, fasilitas scroll akan memudahkan untuk melihat komentar yang panjang.

Saya menggunakan Optimus ME (yang mungkin spesifikasinya tidak high-end), terus terang cukup menyenangkan menggunakan Koprol untuk Android ini. Namun untuk versi beta ini saya masih menemukan kesulitan untuk mendeteksi GPS, entah karena device atau karena aplikasi serta mendapati beberapa kali aplikasi crash, dan harus mematikan dan kemudian menyalakan kembali aplikasi.

Untuk lokasi, meski hanya mencoba di satu tempat tetapi hasilnya cukup akurat, namun untuk akses profil pengguna, saya sampai sekarang belum bisa menemukan (atau memang tidak bisa) cara untuk melihat secara langsung profil dari stream akun Koprol saya. Sayangnya untuk Deals, berhubung lokasi ketika saya mencoba aplikasi ini tidak memberikan deals terdekat, saya tidak bisa berkomentar, untuk hal ini sepertinya Koprol bisa menambahkan keterangan tertentu alih-alih hanya gambar kosong-putih ketika pengguna tidak menemukan deals di dekat mereka.

Beberapa fasilitas lain yang bisa digunakan di Koprol untuk Android ini antara lain, fasilitas Bump, yang bisa diakses langsung ketika Anda melihat post pengguna lain, lalu menuliskan komentar secara langsung dan post baik berupa teks mupun foto, untuk foto bisa mengakses koleksi foto di ponsel atau mengambil foto langsung dengan ponsel. Anda juga bisa membagikan ke Facebook dan Twitter dari post yang dilakukan di Koprol.

Selain itu, tentunya tersedia fasilitas pencarian yang bisa digunakan untuk mencari lokasi atau pengguna lain plus pencarian dengan suara yang sepertinya mengunakan teknologi Google Voice Search, hasilnya? Meski sering kali tidak akurat, namun jika pengucapan kita baik, maka hasilnya akan muncul, apalagi jika kita mengubah pengaturan ke bahasa Indonesia.

Secara garis besar, setelah mencoba beberapa jam, saya cukup menyukai Koprol untuk Android ini, meski masih banyak yang bisa diperbaiki dan tampilannya memang sederhana, fokus pada fungsi, terutama deteksi lokasi dan pengguna terdekat berdasarkan GPS, kita juga tentunya bisa membaca dan mem-post berbagai aktivitas di akun Koprol. Kini kita tunggu rilis resmi aplikasi Koprol untuk Android, sambil menanti rilis aplikasi mereka untuk iPhone.

Pembaca DailySocial sudah ada yang mendapatkan akses Koprol untuk Android? Bagaimana pendapat Anda? Bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar.

PS: Mohon maaf jika kualitas foto kurang maksimal, dan meski terdengar aneh, saya mengusulkan satu nama untuk aplikasi Android Koprol: KopDrol. 😉

[English version for this post]

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

  1. Saya sudah coba,, berikut review saya setelah pakai +- 24 jam…

    -masih sering sekali crash (maklum beta)
    -saat saya coba profile, baik profile saya atau kops lain sudah bisa di akses, tapi saya tidak menemukan pilihan ad as friend atau follow
    -gps masih sering tidak bisa

    Dan berikut wish list saya untuk aplikasi ini:
    -lebih stabil, tidak banyak crash
    -gps lebih baik, karena penting sekali untuk fitur nearby n deals
    -add as friend n’ follow, serius ini penting sekali y!
    -add place mobile
    -live notification, semua aplikasi social android punya ini y…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Aktivitas VC Teknologi Meningkat Seiring Naiknya PDB Indonesia yang Mencapai 6,5%

Next Story

Breaking: Blibli.com is Ready to Launch

Latest from Blog

Don't Miss

Jangan-Salah-Pilih,-Ini-Perbandingan-Xiaomi-14T-dan-Xiaomi-14T-Pro-Terbaru-dengan-Kamera-Leica

Jangan Salah Pilih, Ini Perbandingan Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro Terbaru dengan Kamera Leica

Xiaomi Indonesia kembali mencuri perhatian para penggemar fotografi mobile dengan
Di-Bawah-3-Juta,-Pilih-Tecno-Pova-6-Atau-Xiaomi-Redmi-Note-13-5G

Di Bawah 3 Juta, Pilih Tecno Pova 6 Atau Xiaomi Redmi Note 13 5G?

Bingung memilih smartphone baru karena budget terbatas? Jangan khawatir, karena