Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Memperkenalkan New Meta, Program Esports Business Bootcamp Persembahan Hybrid.co.id

16 November 2021Glenn Kaonang

New Meta adalah program inkubasi yang dirancang untuk membekali para pendiri startup esports dengan ilmu, keterampilan praktis, dan jaringan yang diperlukan untuk membangun usahanya

Tidak bisa dimungkiri, esports telah menjadi salah satu cabang industri hiburan yang paling menjanjikan dalam beberapa tahun terakhir. Di tahun 2020 misalnya, total pendapatan industri esportssecara global tercatat mencapai angka $1,1 miliar, dengan sponsorship dan media rights sebagai sumber terbesarnya.

Esport juga terbukti berhasil menciptakan ekosistem bisnis baru, baik di kancah global maupun nasional. Tidak sedikit startup yang telah memulai kiprahnya di esports, dan kalangan pemodal ventura pun juga sudah mulai melirik organisasi-organisasi esports sebagai target yang potensial.

Sayangnya, masih ada sejumlah faktor yang menghambat pertumbuhan startup esport di Indonesia. Kurangnya support system dan program mentorship bisnis merupakan salah satu tantangan terbesar, demikian pula kurangnya akses ke berbagai sumber daya (talent, partner, network) dan investor.

Melihat kondisi seperti itu, Hybrid.co.id memperkenalkan New Meta, sebuah program esports business bootcamp yang dirancang untuk membekali para pendiri startup esports dengan ilmu, keterampilan praktis dan jaringan yang diperlukan untuk membangun usahanya. Program ini berjalan dengan kerja barang antara Hybrid.co.id dan Kolaborasi.

Program ini berlangsung selama enam pertamuan dan akan berfokus pada empat aspek berikut:

  • Pemahaman akan lanskap bisnis, tren, dan masa depan esports lokal
  • Pembentukan fondasi bisnis dengan berbekal metode dan pemahaman terbaik di industri
  • Akselerasi pertumbuhan bisnis melalui akses ke sumber daya, aset, dan jaringan
  • Keberlanjutan bisnis dengan menciptakan support system bagi para founder

Yang menjadi target dari program ini adalah 10 founder startup esports terpilih dari tiga vertikal yang berbeda. Agar memenuhi kualifikasi, partisipan program harus sudah memiliki ide tentang startup berbasis esports mereka, atau telah memiliki organisasi esports sendiri yang sedang dikembangkan, atau setidaknya entitas kecil dan rencana matang untuk mengembangkan organisasi esports. Program juga terbuka untuk startup atau perusahaan kecil yang ingin terjun ke esports tapi bukan sebagai tim, melainkan sebagai penyedia produk atau layanan terkait.

Selama program berlangsung, partisipan bakal mengikuti tiga macam aktivitas pembelajaran: peer learning, diskusi, dan sesi sharing praktik bisnis. Berikut adalah agenda lengkapnya.

Minggu ke-1 — Kamis, 25 November

Presentasi dan diskusi dengan topik “Indonesia Esport Trend, Outlook, and Business Opportunities“. Materi yang dibahas mencakup ekosistem dan pemangku bisnis; peluang bisnis di Indonesia; serta tren esport lokal dan internasional.

Minggu ke-2 — Jumat, 26 November

Sesi sharing praktik bisnis dengan topik “Product/Service Ideation, Development & Management“. Sesi ini akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan positioning dan keunikan produk; strategi pengembangan produk; serta model bisnis dan monetisasi.

Minggu ke-3 — Kamis, 2 Desember

Sesi sharing praktik bisnis dengan topik “Marketing Strategy, Content Development, and Customer Acquisition“. Materi yang dibahas meliputi channel & campaign development; content, visual identity & storytelling; dan organic marketing & growth hacking.

Minggu ke-4 — Jumat, 3 Desember

Sesi sharing praktik bisnis dengan topik “Operation & Team Management in Esport Organization“. Sesi ini bakal membahas mengenai manajemen tim dan rekrutmen; manajemen proyek untuk tim kecil; serta pembentukan SOP dan operasional yang efisien.

Minggu ke-5 — Kamis, 9 Desember

Presentasi dan diskusi dengan topik “Founder Perspective on Early Journey of Building Business”. Sesi ini akan banyak membahas tentang kesulitan saat memulai; apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tahap awal; serta sejumlah insight menarik lain buat para founder.

Minggu ke-6 — Kamis, 16 Desember

Business showcase dan partner matchmaking; dalam sesi yang terakhir ini, partisipan akan diajak untuk meracik pitch deck sederhana dan mempresentasikannya di hadapan juri dan panelis guna mendapatkan feedback sekaligus peluang kolaborasi yang potensial.

Pendaftaran program inkubasi New Meta saat ini sudah dibuka dari tanggal 16-22 November 2021. Pendaftaran gratis tetapi slot terbatas dan tidak dipungut biaya. Link pendaftaran bisa lewat tautan ini.

Narasumber untuk tiap sesi akan berbeda-bera, beberapa nama yang akan hadir seperti Irliansyah Wijanarko dari Revival TV, Darang S Candra dari Nikopartners, Gary Ongko dari BOOM Esports, Aryo Meidianto – praktisi PR dan PR manager OPPO Indonesia, Yabes Elia dari Hybrid.co.id serta beberapa nama lain yang telah berpengalaman di industri esports atau industri kreatif.

Jangan lewatkan kesempatan berharga ini, ikut jadi bagian untuk tumbuh kembang ekosistem esports di Indonesia. Daftar lewat tautan ini.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV