Memeriahkan Pesta Sepak Bola Internasional, Facebook dan Twitter Luncurkan Fitur Hub World Cup

Ada beberapa tema panas yang minggu ini paling banyak dibahas: debat Capres, Electronic Entertainment Expo dan ajang yang paling banyak dinanti oleh jutaan fansnya, ajang sepakbola Piala Dunia 2014 di Brazil. Menyemarakkan pesta sepak bola terbesar di dunia, para raksasa sosial media menyiapkan berbagai fitur hub yang membuat Anda semakin dekat dengan tim favorit.

Banyak orang tidak sadar bahwa sekitar 40 persen dari 1,28 miliar pengguna Facebook adalah fans sepak bola. Menggunakan momentum ini, Mark Zuckerberg dan timnya mengenalkan fitur khusus Piala Dunia yang diberi nama Trending World Cup.

Layanan ini merupakan sebuah hub yang memungkinkan pengguna Facebook untuk melacak tim dan pemain favorit mereka dalam ajang yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan tersebut.

Trending World Cup akan menyediakan segala macam informasi dari mulai highlight pertandingan, skor-skor terbaru, dan juga feed langsung dari pemain, tim hingga kawan-kawan Anda yang memiliki minat sama. Anda juga disajikan peta interaktif yang menunjukkan dimana para fans pemain bintang dunia berada.

Berita baiknya, fitur hub ini tersedia untuk versi web dan juga versi mobile. Facebook sepertinya sudah mengantisipasi hal tersebut. Bayangkan, pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Facebook baru memiliki 500 juta pengguna. Jika 40 persen dari 1,28 miliar merupakan pecinta sepak bola, maka jumlah mereka mengalahkan total user Facebook empat tahun lalu.

 

Info menarik: 

 

Lalu bagaimana dengan Twitter? Pertama, mereka telah menambahkan fitur-fitur dan personalisasi khusus bertema Piala Dunia untuk pengguna yang baru saja mendaftar. Di sini Anda akan diminta memilih satu dari 32 negara yang telah melewati babak kualifikasi. Namun fitur primadona Twitter khusus World Cup ditempatkan pada bagian timeline yang merangkum semua tweet dari berbagai sumber.

Selanjutnya Anda bisa mengaksesnya hanya dengan mencari '#worldcup'. Di sana Anda bisa mencari link info tentang skor dan tim dalam tiap pertandingan. Terdapat pula timeline custom untuk tiap pertandingan terpisah, jika Anda menginginkan informasi yang lebih lengkap dan personal. T

witter juga menyajikan kembali Hashflag - Anda hanya perlu menuliskan kode tiga huruf seperti #GER atau #FRA, kemudian bendera negara tersebut akan muncul sebagai gambar di sebelahnya.

Vine, yang dimiliki oleh Twitter semenjak tahun 2012 lalu, juga memiliki fitur hub Piala Dunia. Disajikan dengan pendekatan yang hampir sama seperti Twitter, hub Vine fokus pada video-video yang dibuat dekat dengan lokasi pertandingan dan Piala Dunia.

Tidak hanya dua raksasa media sosial ini yang menyediakan fitur khusus World Cup, Google juga menawarkan Anda informasi panas dari ajang Piala Dunia. Minggu lalu Google melengkapi Street View dengan berbagai tempat di sekitar 12 stadion tempat Piala Dunia Brazil diselenggarakan. Lalu perusahaan ini juga meluncurkan laman spesial World Cup Google Trends yang berisi kabar lengkap tentang para pemain, tim dan momen-momen penting.

Sumber: The Verge & NBC News. Gambar header: Tibsnews.com.