10 April 2022

by Adi Nawan

2000 Orang Menonton Streamer Membaca Buku di Twitch

Twitch membuka kategori baru bernama Silent Reading.

Apakah Anda pernah berpikir untuk menonton seseorang membaca buku namun tidak menceritakannya kepada Anda? Bila iya maka kategori baru Twitch yang bernama 'Silent Reading' merupakan pilihan yang tepat.

Kategori ini akan berisi para streamer tengah membaca buku diam-diam. Sehingga aksi yang dilakukan para streamer ini tidak lain adalah membalikkan halaman atau berekspresi saat membaca bagian tertentu dari buku yang dibaca.

Meskipun terdengar tidak menarik, tetapi kenyataannya salah satu streamer bernama Mary Kish mendapatkan banyak penonton dari kategori tersebut. Mary membaca buku 'Lovesickness: Junji Ito Story Collection' yang ditonton hingga lebih dari 2.000 orang.

Mary membaca buku tersebut tanpa mengucapkan satu kata pun selama satu jam. Kolom chat yang diatur pada mode 'emote-only' tetap dibanjiri berbagai komentar dari para penontn. Mayoritas memberikan reaksi kepada sang streamer yang tengah membaca buku dengan tenang.

Sebelum semakin jauh, apa yang dilakukan Mary Kish dan hadirnya kategori 'Silent Reading' merupakan bagian dari lelucon April Fools atau April Mop yang tengah diadakan oleh Twitch pada 1 April lalu.

Silent Reading sendiri merupakan satu dari 5 kategori baru yang diumumkan. Twitch juga menyediakan kategori Pizza Time, Character Creation, Chores, Odd Jobs, Errands, dan Literally Just Chatting.

Literally Just Chatting yang notabene hanya berfokus pada bercakap-cakap di kolom komentar ternyata menjadi kategori yang paling populer di antara 4 kategori lainnya. Di kategori ini, para streamer akan mematikan webcam dan juga mikrofon mereka.

Image Credit: Twitch

Penonton yang masuk akhirnya akan memenuhi kolom chat dengan berbagai percakapan dan juga spam emote. Para stramer-pun akhirnya akan ikut berinteraksi dengan para penontonnya melalui kolom chat.

Yang mengejutkan kategori yang paling tidak populer dari daftar di atas adalah Character Creation. Kategori ini bahkan tidak memiliki streamer aktif ketika berita ini ditulis. Padahal membuat karakter dalam video game merupakan salah satu hal yang paling menarik terutama untuk RPG.

Uniknya, Twitch tidak menjelaskan apakah kategori ini hanyalah untuk lelucon atau benar-benar akan dibuat permanen.