Dark
Light

MeeGo: Mobile Platform dari Intel dan Nokia

1 min read
February 16, 2010

Intel telah memiliki aplikasi Moblin untuk melayani pasar mobile device dan Nokia telah mempunyai aplikasi Meemo untuk melengkapi OS yang bekerja di mobile device buatan mereka. Kini kedua raksasa teknologi ini bekerjasama dan menyatukan dua open source project ini dalam satu platform software baru dengan nama MeeGo.

Seperti yang ditulis Cnet, Kolaborasi ini sebenarnya telah terjadi sejak Juni tahun lalu, ketika dua perusahaan ini mengumumkan untuk melakukan kerjasama jangka panjang. Keduanya sebenarnya juga telah memiliki semacam app store masing-masing, Intel AppUp Center untuk Intel dan Nokia Ovi Store untuk Nokia.

Nantinya MeeGo, yang diharapkan bisa diluncurkan pada quarter kedua tahun ini, akan mendapat support kegiatan serta dukungan marketing untuk produk-produk Intel di Intel AppUp Center dan dukungan komunitas developer di Intel Atom Developer Program sedangkan untuk produk-produk Nokia, dukungan aplikasi MeeGo akan berasal dari Nokia Ovi Store dan komunitas developer di Forum Nokia.

MeeGo sendiri dibuat untuk memberikan OS untuk mobile device yang terus berkembang dan sudah pasti makin canggih, dan seperti yang ditulis di situs resmi mereka, penyatuan Moblin dan Maemo dengan tim yang berpengalaman dibalik dua platform ini akan mengembangkan software yang akan melayani produk-produk canggih masa depan.

Nokia sendiri telah memiliki OS Symbian untuk smartphones mereka, tapi kerjasama yang memunculkan MeeGo ini
hanya akan memberi perubahan atas starteginya, tetapi tidak akan membuat Nokia menghentikan menggunakan Symbian, strategi MeeGo akan menggunakan stategi yang mirip dengan Maemo, yaitu membidik high-end mobile devices, produk-produk yang akan berada lebih depan dari teknologi smartphones yang telah ada.

Moblin dari intel sendiri telah ditawarkan lewat beberapa vendor seperti netbook dari Dell, Acer dan Asus, serta smartphones dari LG.

Perkembangan mobile device memang seru, terutama dengan kemunculan iPad dan berbagai smartphone yang tentu akan membawa trend tablet device lebih banyak lagi, dan itu pula yang menjadi sasaran dari MeeGo.

Persaingan tentu juga akan semakin sengit, MeeGo akan bersaing dengan Google, Apple tentu saja dan Microsoft yang tadi malam meluncurkan Windows Phone 7 Series. Yang membuat penasaran, seperti yang ditulis Cnet, MeeGo akan diarahkan untuk melayani, teknologi device yang jauh di depan, bukan untuk diadu dengan iPhone, Android, dan Windows Mobile, tapi dibuat untuk melayani device yang ada didepan OS yang menggerakkan gadget-gadget ini.

Jadi penasaran akan jadi apa persaingan antara para giant ini, yang pasti akan semakin seru, dan mudah-mudahan juga memberi peluang bagi para developer, termasuk di Indonesia untuk ikut berperan dalam perkembangan platform ini.

Bagaimana pendapat anda, jangan lupa untuk share pada kolom komentar.

Sumber tulisan : Cnet, MeeGo

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Mendengarkan User: Buzz Improvement

Next Story

Trending Topics Ala Twitter di Google News

Latest from Blog

Don't Miss

Intel Jalin Kolaborasi Hadirkan Ekosistem dan Platform AI Terbuka Bagi Enterprise AI

Sederetan perusahaan teknologi seperti Intel, Anyscale, Articul8, DataStax, Domino, Hugging

Intel Masuki Arena Kompetisi Enterprise Generative AI dengan Chip Gaudi 3

Chip Gaudi 3 yang diklaim lebih kencang dari Nvidia ini