Dark
Light

MediaTek Pamerkan Keunggulan dari Chipset Helio G100

by
2 mins read
September 15, 2024

Pasar smartphone mid-range memang menjadi salah satu pasar paling ramai di Indonesia. Tidak mengherankan hingga para pabrikan chipset pun terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para brand smartphone dengan chipset terbaik dan terjangkau mereka.

Salah satu pabrikan chipset teratas di kelas mid-range, MediaTek juga baru saja merilis chipset terbarunya yaitu Helio G100. Seperti sebelumnya, chipset ini menawarkan performa gaming yang luar biasa, kemampuan kamera yang baik, baterai yang awet, hingga konektivitas global yang andal.

 “MediaTek Helio G100 menawarkan performa gaming yang luar biasa sepanjang hari dengan masa pakai baterai yang mengagumkan, kemampuan kamera yang ditingkatkan, pengalaman tampilan yang mulus, dan konektivitas global yang andal,” ungkap JC Hsu, Wakil Presiden Senior Korporat di MediaTek.

MediaTek juga memamerkan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh chipset Helio G100 ini, yaitu:

Performa tangguh di kelasnya

Helio G100 dilengkapi dengan CPU octa-core bertenaga tinggi, termasuk dua prosesor Arm Cortex-A76, yang didukung oleh GPU Arm Mali G57 yang mumpuni.

Dengan memori LPDDR4X yang cepat dan penyimpanan UFS, kombinasi ini mempercepat akses data, membuat performa gaming, aplikasi, dan aktivitas sehari-hari menjadi lebih lancar.

Efisiensi daya yang lebih baik

MediaTek Helio G100 dibuat dengan teknologi chip 6nm (N6) canggih dari TSMC, yang secara signifikan meningkatkan efisiensi daya. Teknologi ini membuka peluang baru bagi produsen ponsel untuk menciptakan ponsel gaming dengan masa pakai baterai yang jauh lebih tahan lama dari sebelumnya.

Kamera utama 200MP

Ponsel dengan MediaTek Helio G100 dapat mendukung sensor kamera utama 200MP, memungkinkan pengguna mengambil foto detail di siang hari, sementara teknologi pixel binning 2.2um menghasilkan gambar lebih jelas di malam hari.

Proses pixel binning ini menggabungkan beberapa piksel kecil menjadi superpiksel untuk hasil yang lebih baik. Dukungan kamera ganda dengan zoom in-sensor tanpa kehilangan detail dan lensa potret memberikan efek bokeh yang halus untuk desain multi-kamera.

MediaTek Intelligent Display Sync untuk tampilan cepat

Produsen dapat membuat ponsel gaming ramping dan ringan dengan layar Full HD+ 120Hz beresolusi tinggi tanpa perangkat keras tambahan. Layar super cepat 120Hz ini memberikan pengalaman browsing dan animasi aplikasi yang sangat mulus.

Teknologi MediaTek Intelligent Display Sync juga membantu menghemat daya dengan menyesuaikan kecepatan refresh layar secara otomatis, sehingga hanya meningkatkan refresh rate saat dibutuhkan. Hasilnya, efisiensi daya meningkat hingga 20%.

MediaTek HyperEngine

MediaTek HyperEngine menghadirkan berbagai optimasi untuk gaming di ponsel. Dengan mengelola CPU, GPU, dan memori secara cerdas berdasarkan kondisi daya, suhu, dan permainan, pengalaman gaming jadi lebih mulus dan tahan lama.

HyperEngine memastikan performa tetap stabil, tanpa penurunan frame di momen-momen berat, dan menjaga koneksi server tetap kuat dengan memanfaatkan antena terbaik. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan game tetap online meski ada panggilan telepon masuk.

4G dengan “Elevator Mode”

Modem 4G LTE Cat-13 di dalam Helio G100 menawarkan kecepatan tinggi sambil tetap hemat daya. Modem ini mendukung pita jaringan global serta teknologi 4×4 MIMO dan 256QAM untuk koneksi yang andal, bahkan di area dengan lalu lintas jaringan padat.

Fitur “Elevator Mode” memungkinkan modem menyambung kembali dengan cepat setelah keluar dari area tanpa sinyal. Dukungan SIM 4G ganda memberikan pengalaman internet yang lancar, sementara VoLTE dan ViLTE memastikan panggilan dan video dengan kualitas tinggi serta koneksi lebih cepat dibandingkan panggilan biasa.

Dengan berbagai kelebihannya tersebut, MediaTek memang menjadikan chipset Helio G100 ini sebagai chipset performa yang sekaligus hemat daya. Sehingga sesuai untuk digunakan pada smartphone kelas mid-range yang rata-rata membutuhkan chipset yang berimbang di segala aspek.

Previous Story

GoTo Gandeng Microsoft Dukung Produktivitas Tim Engineer Lewat GitHub Copilot

Review POCO F6
Next Story

POCO F6 Kini Hadir dengan Fitur AI Pro untuk Editing Lebih Estetik

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Microsoft 365 Copilot Rilis Update Terbaru, Tawarkan Sistem AI yang Lebih Terintegrasi

Keseriusan Microsoft untuk mengembangkan sistem AI Copilot terus dibuktikan lewat

Tips ke Luar Negeri Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series

Sejak hadirnya Galaxy AI di smartphone-smartphone Samsung, banyak pengguna yang