Dark
Light

MediaTek Perkenalkan Chipset Baru, MT6739

1 min read
September 28, 2017

MediaTek merupakan salah satu pabrikan chip yang selalu menjadi menjadi bayang-bayang bagi Snapdragon hampir di seluruh lini, mulai dari entry level hingga flagship. Yang membuat MediaTek sulit menjadi nomor satu, ia sudah kadung dikenal sebagai chipset kelas dua.

Tapi MediaTek tak berhenti berinovasi. Yang terbaru, mereka mengumumkan kehadiran chipset baru di ajang India Mobile World Congress 2017. Chipset MT6739 merupakan chip dengan prosesor empat inti yang dirancang untuk pasar 4G yang sedang berkembang. India adalah model paling ideal untuk debut perdananya.

Fitur unggulan dari chip ini adalah dukungannya untuk dual VoLTE dan Dual SIM Dual Standby, sehingga memungkinkan setiap SIM mendukung jaringan 4G di ponsel pintar yang membawa dua buah slot SIM. Chipset ini memiliki empat prosesor Cortex-A53 dengan clockspeed hingga 1.5GHz. Grafis yang digunakan adalah PowerVR GE8100 yang memberikan kecepatan clock 570MHz. RAM maksimum yang didukung sebesar 3GB dan mendukung LTE Cat. 4 downlink LTE dan Cat. 5 uplink. Chip ini juga dapat mendukung konfigurasi kamera ganda 8M+0.3M (VGA).

Berikutnya, MediaTek rupanya mencium momentum tren penggunaan layar dengan aspek rasio lebar, misalnya 18: 9 dengan resolusi HD+. Aspek rasio ini sudah banyak diadopsi oleh pabrikan ternama dunia untuk perangkat flaship-nya. Kehadiran fitur yang sama di ponsel kelas menengah tentu akan memberikan keuntungan bagi MediaTek untuk bersaing dengan Snapdragon. Pabrikan smartphone juga berpeluang menawarkan keunggulan flagship di produk mereka dengan harga lebih terjangkau.

MediaTek juga mengumumkan Helio P23 di acara tersebut. Ini adalah chipset dengan delapan buah prosesor Cortex-A53 dengan clockspeed hingga 2.3GHz. Seperti MT6739, P23 memiliki dual VoLTE selain ViLTE. Ia juga mendukung kamera ganda 13MP + 13MP atau konfigurasi kamera tunggal sampai dengan 24MP.

MediaTek mengatakan bahwa MT6739 dan Helio P23 akan menghuni perangkat komersil di tahun ini. Tetapi mereka belum membeberkan siapa saja yang akan mengadopsinya untuk pertama kali.

Sumber berita MediaTek dan gambar header ilustrasi Digit.

Previous Story

Activity Tracker Khusus Anak Garmin Vivofit Jr. 2 Datang Bersama Karakter dari Franchise Disney

Next Story

Menjajal Aero 15X, Ultrabook Berperforma Tinggi Dengan Desain Max-Q Persembahan Gigabyte

Latest from Blog

Don't Miss

AMD Resmi Perkenalkan Prosesor Ryzen AI 300 ke Indonesia

Dengan semakin populernya perangkat elektronik dengan teknologi AI saat ini,

MediaTek Pamerkan Keunggulan dari Chipset Helio G100

Pasar smartphone mid-range memang menjadi salah satu pasar paling ramai