MDL ID Season 7 Terapkan Kualifikasi Terbuka, Siap Jaring Tim-Tim Potensial

Meski demikian, tim yang ikut harus memenuhi beberapa syarat tertentu yang ditetapkan oleh Moonton

Mobile Legends memiliki liga kasta kedua dengan nama Mobile Legends: Bang Bang Development League (MDL). Di Indonesia, turnamen ini sudah memasuki musim ketujuh dengan tujuan menjaring tim atau pemain yang memiliki potensi hebat.

Regenerasi dinilai menjadi hal yang penting, maka dari itu Moonton Indonesia menghadirkan liga kasta kedua tersebut. Bahkan, banyak pemain bintang yang lahir dari MDL, sebut saja Clover, Skylar, Alberttt, dan lain sebagainya.

Menyambut musim baru, MDL Indonesia Season 7 menghadirkan format baru yaitu kualifikasi terbuka bagi tim-tim Mobile Legends di Indonesia.

Memang MDL juga menjaring banyak minat, apalagi penonton yang menyimak rangkaian turnamen MDL juga tidak sedikit. Tercatat MDL ID Season 6 berhasil menarik banyak penonton dari data Esports Charts.

Sumber: Esports Charts

Lantas, MDL Indonesia Season 7 siap membawa format baru untuk menjaring minat para tim semi-profesional. Nantinya format kualifikasi akan dibagi menjadi empat fase, yaitu:
  1. Open Qualifier
  2. Play-In
  3. Regular Season
  4. Playoff
Registrasi untuk open qualifier sendiri sudah dibuka pada 2 Januari 2023 melalui website https://id-mdl.com. Fase open qualifier akan dilaksanakan pada 17-20 Januari 2023 dengan format best-of-three (Bo3). Syarat sebuah tim untuk mendaftar MDL open qualifier atau kualifikasi terbuka adalah sebagai berikut: 1. Tim tidak pernah mengikuti turnamen profesional. 2. Terdiri dari maksimal enam pemain (lima pemain inti, dan satu pemain pengganti). 3. Syarat registrasi: pemain minimal berusia 16 tahun, nickname tidak mengandung unsur SARA. 3. Memiliki pelatih. 4. Mempunyai jersey serta logo tim.

Sumber: Moonton

Sementara itu, fase Play-In akan berlangsung selama tiga hari mulai 24-26 Januari 2023. Tim yang akan berlaga adalah dua tim non-MPL terbawah dari MDL ID Season 6 yaitu FOES dan Pabz, dan empat tim yang telah lolos tahap seleksi. Keenam tim bakal bertanding dengan format BO3 dan BO5 di grand final. Dua tim terbaik yang masuk ke grand final dan Play-In akan langsung mendapatkan slot di MDL ID Season 7. Selain itu, total hadiah, tim yang akan bertanding, dan format turnamen juga berbeda dari musim sebelumnya.
Sumber: Moonton
Dari 16 tim yang bertanding, akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari delapan tim untuk setiap grup. Grup A akan diisi oleh tim MPL, sementara yang akan bertanding di Grup B adalah tim-tim semi-profesional termasuk tim dari open qualifier dan juga play-in. MDL ID Season 7 fase Regular Season akan berlangsung mulai 7-12 Februari 2023, dan Playoff berlangsung selama empat hari pada 13-16 April 2023.