3 March 2016

by Glenn Kaonang

McDonald's dan Coca-Cola Kini Juga Punya Virtual Reality Headset

Keduanya sama-sama memanfaatkan desain kemasan unik yang bisa dilipat-lipat menjadi VR headset ala Google Cardboard

Masih ingat kalau dulu kita sering merengek ke orang tua minta dibelikan paket Happy Meal di McDonald's karena ada hadiah action figure Ronald, Hamburglar, Grimace dll yang lucu-lucu? Well, zaman sudah berubah. Paket Happy Meal sekarang hadiahnya virtual reality headset, paling tidak itu yang tengah dialami oleh anak-anak di Swedia.

McD tidak bercanda, mereka belum lama ini meluncurkan kampanye Happy Goggles di negara beribukota Stockholm tersebut. Nama ini sengaja diambil karena hadiah VR headset bukannya tersimpan di dalam kotak Happy Meal, melainkan kotak itu sendirilah yang bisa disulap menjadi sebuah VR headset.

Kotak Happy Meal khusus ini bisa disobek-sobek, lalu dilipat membentuk sebuah VR headset ala Google Cardboard. Selanjutnya anak-anak tinggal menyelipkan sepasang lensa yang termasuk dalam paket pembelian, lalu sebuah smartphone milik pribadi, dan voila, mereka bisa langsung terjun ke dalam dunia virtual.

McD tak lupa menyertakan sebuah game olahraga ski berbasis VR dengan judul Slope Stars yang bisa diunduh di smartphone. Mengapa ski? Karena kampanye ini sengaja dibuat untuk merayakan liburan musim dingin Sportlov, dimana masyarakat Swedia biasanya banyak menghabiskan waktunya untuk berski.

Namun McDonald's bukan satu-satunya brand non-teknologi yang ikut meramaikan tren virtual reality. Coca-Cola baru-baru ini juga mengungkap desain kemasan baru yang unik. Unik karena kemasan tersebut bisa dilipat-lipat menjadi VR headset, lagi-lagi menganut konsep Google Cardboard.

Kemasan baru Coca-Cola ini memang belum masuk ke toko-toko maupun pasar swalayan, akan tetapi Coca-Cola tampak cukup serius dalam merancangnya. Terbukti dari tiga desain yang berbeda yang pada akhirnya sama-sama bertujuan untuk memberikan pengalaman virtual reality bagi para konsumen.

Tidak diketahui kapan inisiatif menarik kedua brand makanan dan minuman terpopuler ini bakal merambah konsumen tanah air. Untuk McDonald's, mereka sepertinya cukup antusias menghadirkan Happy Goggles di luar Swedia, meski tidak ada yang tahu kapan pastinya.

Sumber: Eater dan Adweek.