Dark
Light

Masuk di BlackBerry Beta Zone, Insta10 Siap Menjadi Pilihan Apikasi Instagram untuk Pengguna BlackBerry

1 min read
February 9, 2015

Foto telah menjadi bagian dari penggunaan perangkat bergerak, dan Instagram adalah salah satu situs jejaring sosial berbasis foto yang terus mengalami peningkatan penggunanya. Aplikasi ini awalnya hanya hadir untuk platform iOS dan kemudian menjelajah di hampir semua platform mobile, namun sayangnya hingga saat ini pihak Instagram belum merilis aplikasi resminya untuk pengguna perangkat BlackBerry 10.

Sejak keberadaan sistem operasi BlackBerry OS 10.2, para pengguna perangkat smartphone BlackBerry 10 sebenarnya telah dapat menjalankan aplikasi Instagram dengan cara menginstal aplikasi milik platform Android yang berekstensi .APK. Aplikasi ini dapat di-install melalui metode sideloading dengan bantuan apikasi Snap.

Aplikasi Instagram (versi Android) juga dapat diunduh melalui layanan 1Mobile Market. Namun kini aplikasi native Instagram hadir khusus untuk pengguna BlackBerry 10 melalui aplikasi yang bernama Insta10.

Aplikasi Insta10 merupakan aplikasi client Instagram untuk para pengguna smartphone BlackBerry 10, aplikasi ini dibesut oleh pengembang Nemory Studio yang sebelumnya pernah merilis aplikasi Snap10. Versi beta dari aplikasi Insta10 kini telah nangkring di halaman BlackBerry Beta Zone.

Hadirnya aplikasi Insta10 di halaman Beta Zone merupakan indikasi bahwa aplikasi ini siap digulirkan untuk memasuki tahap final dan tampil di halaman BlackBerry App World, tempat dimana semua aplikasi BlackBerry dipajang dan siap diunduh oleh pengguna.

 

Info menarik: Olympus Ungkap Olympus Air, Debut Mereka di Lini Lens Camera

 

Sama seperti yang terdapat pada aplikasi Instagram di platform Android dan iOS, beberapa fitur utama telah hadir pada aplikasi Insta10 ini. Pengguna dapat mendaftar dan masuk ke akun Instagram mereka dan membagikan foto, menambahkan komentar atau mengirimkan pesan Direct Messsage ke pengguna lain.

Semua notifikasi juga akan ditampilkan ketika pengguna mendapatkan pesan, komentar dan yang  lainnya, pengguna juga dapat melakukan pencarian berdasarkan People atau hashtags untuk mencari foto. Menariknya, kita juga bisa meng-edit profil dan meng-copy tautan foto untuk di-share ke aplikasi lain.

Sedangkan untuk fitur kameranya, pengguna juga bisa menampilkan mode grid,  mengatur penggunaan lampu kilat serta menentukan kamera mana yang akan digunakan untuk mengambil gambar.

Sementara itu para pengembang di Nemory Studio juga masih terus memperbaharui aplikasi Insta10 ini agar versi mendatang memiliki fitur yang lebih lengkap, beberapa fitur lain yang kini tengah disiapkan adalah; integrasi dengan fitur BlackBerry Hub, penggunaan fitur lokasi, edit post, melakukan tag ke pengguna lain, dan optimalisasi terhadap perangkat BlackBerry Passport terkait fungsi keyboard-nya yang dapat difungsikan sebagai trackpad.

Aplikasi Insta10 sepertinya bisa menjadi aplikasi menarik bagi para pengguna perangkat BlackBerry 10. Sementara kita menunggu kehadiran aplikasi tersebut nongol di halaman BlackBerry World, berikut adalah screenshot dari aplikasi tersebut:

Insta10-01

Insta10-0

Sumber dan Gambar Header: N4BB

Previous Story

Inikah Bentuk Smartphone Samsung Galaxy S6 Mendatang?

Next Story

Smartphone Ubuntu OS Pertama Siap Melenggang di Eropa

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Threads himpun 30 juta pengguna kurang dari sehari

Threads Berhasil Himpun Lebih dari 30 Juta Pengguna Kurang dari Sehari

Twitter merupakan sebuah media sosial yang tergolong masih ramai digunakan.