25 April 2017

by Glenn Kaonang

Master & Dynamic Luncurkan Speaker Bluetooth Perdananya yang Terbuat dari Beton

Bobotnya mencapai 16 kilogram, tapi ia memang tidak dimaksudkan untuk dibawa ke mana-mana

Selama sekitar empat tahun berkiprah di industri audio, Master & Dynamic hanya berfokus pada sejumlah model headphone dan earphone saja. Meski lini produknya baru sedikit, konsumen rupanya sudah cukup mengenal image yang ingin dibangun oleh M&D, yakni keseimbangan antara desain, build quality dan tentu saja kualitas suara.

Tahun 2017 ini, sang pabrikan asal AS tersebut sudah siap keluar dari zona nyamannya dan merambah segmen speaker Bluetooth. Pun demikian, rute yang mereka ambil sedikit berbeda dari, misalkan V-MODA yang juga baru memperkenalkan speaker perdananya, dimana M&D sama sekali tidak mementingkan aspek portabilitas.

Buah idealisme mereka adalah Master & Dynamic MA770, sebuah speaker yang terbuat dari beton utuh yang dipahat hingga penampilannya cukup eksotis. M&D tidak main-main saat menyinggung soal beton utuh, sebab perangkat ini memang berbobot 16 kg dan jauh dari definisi portable.

Dimensinya pun juga cukup besar, tepatnya 410 x 510 x 245 mm. Dengan demikian, fungsi MA770 lebih mengarah ke speaker sekaligus dekorasi ruangan ketimbang speaker yang selalu Anda bawa-bawa ke mana saja.

Dalam bodi betonnya, tertanam sepasang woofer 4 inci berbahan Kevlar dan tweeter 1,5 inci berbahan titanium / Master & Dynamic

Soal performa, M&D telah membenamkan sepasang woofer yang masing-masing berukuran 4 inci dan terbuat dari Kevlar, plus sebuah tweeter 1,5 inci berbahan titanium. Didukung oleh amplifier Class D berdaya 100 watt, perpaduan ini sanggup mengisi ruangan besar sekalipun dengan volume yang cukup keras.

Yang mungkin menjadi pertanyaan, mengapa harus beton? M&D ternyata punya alasan fungsional, dimana menurut mereka beton lebih efektif dalam meredam getaran ketimbang kayu atau plastik. Alhasil, saat speaker diputar dalam volume maksimum, meja tempatnya berada tidak akan ikut bergetar karena semuanya telah diserap oleh bodi betonnya.

Desain MA770 yang geometris membuatnya tampak unik sekaligus elegan / Master & Dynamic

Semua tombol pengoperasiannya ditempatkan di bagian bawah wajahnya. Grille berbahan baja yang berada di atasnya bisa dilepas seandainya pengguna ingin memamerkan kalau speaker ini benar-benar terbuat dari beton, atau dipasangkan kembali dengan mudah berkat bantuan magnet yang tertanam.

Selain Bluetooth 4.1, MA770 turut mengemas dukungan Chromecast secara built-in, dan pengguna bahkan juga bisa menyambungkan dua speaker menjadi konfigurasi stereo. Jack 3,5 mm maupun input optical audio juga tersedia di belakang seandainya dibutuhkan.

Pre-order MA770 saat ini sudah dibuka dengan banderol harga sebesar $1.800. Dengan harga segitu, mungkin ia lebih pantas dikategorikan sebagai furniture yang kebetulan bisa berfungsi sebagai speaker.

Sumber: The Verge.