Masih Ingin Main Genshin Tapi Resin Habis? Inilah 15 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Tanpa Resin di Genshin Impact

Walaupun sebagian besar progress akun terkunci di balik sistem resin, ternyata terdapat sejumlah aktivitas yang mampu memberi resource secara gratis hingga Primogem.

Genshin Impact merupakan salah satu RPG yang paling digemari hingga saat ini. Gameplay-nya yang unik, karakter yang beragam, hingga pemandangan dan musik yang indah, menambah keseruan pengalaman bermain pemain.

Namun sama seperti kebanyakan game gacha lainnya, Genshin Impact menerapkan sistem stamina yang disebut Resin. Dengan Resin ini, pemain bisa mendapatkan berbagai resource yang akan meningkatkan kekuatan karakter.

Sayangnya, banyak yang mengeluhkan minimnya jumlah Resin yang diterima setiap harinya, yang habis hanya dalam hitungan menit. Hal ini bisa menjadi hal yang menyebalkan, karena terkadang pemain masih ingin bermain lebih lama.

Oleh karena itu, Hybrid.co.id merangkum sejumlah aktivitas yang bisa Anda lakukan, saat Resin Anda habis. Kegiatan tanpa Resin yang bisa Anda lakukan di Genshin Impact meliputi:

1. Daily Commission

sumber: Genshin Impact

Daily Commission merupakan sejumlah misi harian yang diterima pemain. Misi ini merupakan sumber utama Primogem gratis pemain. Total Primogem yang bisa didapatkan pemain berjumlah 60 Primogem.

Selain itu, hadiah yang diterima pemain berupa Adventure Rank, Mora, dan juga batu material ascension. Batuan ini berfungsi untuk meningkatkan level karakter dan hanya bisa didapatkan melalui Boss.

Terdapat juga beberapa World Quest yang terbuka setelah pemain menyelesaikan Daily Commission tertentu, seperti Gourmet Supremos: The Importance of Eating Well, Equivalent Exchange, Storytelling Method, dlsb. Ada juga Daily Commission yang akan memberikan pemain Achivement rahasia, yang berhadiah Primogem.

2. World Quest, Story Quest, Archon quest

sumber: Genshin Impact

Genshin Impact memiliki sejumlah cerita yang menarik di dunia Teyvat. Mulai dari cerita utama mengenai Traveler yang mencari saudara kembarnya di Archon Quest, cerita-cerita menarik dari berbagai NPC atau mengenai sebuah tempat di World Quest, hingga Story Quest yang menceritakan sejumlah cerita dan kisah dari berbagai karakter.

Ada juga Hangout yang memiliki jalan cerita bercabang, yang konklusinya bergantung dari pilihan dialog pemain. Selain menceritakan berbagai kisah dan cerita menarik, berbagai Quest ini juga akan memberikan hadiah berupa resource dan Primogem.

3. Event

sumber: Genshin Impact

Setiap versinya, Genhshin Impact memiliki berbagai event menarik. Event-event ini biasanya tersebar di sepanjang versi hingga berganti update. Hadiah di event ini sangat beragam, mulai dari resource, furnishing, Primogem, sampai senjata eksklusif dan karakter gratis.

Event-event yang ada di Genshin Impact tidak hanya menyuguhkan tantangan yang berupa pertarungan saja, namun ada juga event unik seperti Tower Defense, permainan PvP ala Prop Hunt hingga event bermain musik ala Guitar Hero.

4. Random Event

Ada satu jenis World Quest yang sering ditemui oleh pemain, namun sering terpicu secara acak saat pemain sedang melintasi daerah tertentu. Quest tersebut bernama Random Event.

Quest ini biasanya menyuruh pemain melakukan hal-hal sederhana, seperti mengalahkan musuh, memberikan benda tertentu kepada NPC, hingga memberi makan anjing. Hadiah yang diberikan di Quest ini tidak menentu. Namun yang pasti, pemain akan mendapatkan Friendship XP, Mora, Ore, dan terkadang Artifact yang jatuh dari musuh.

Walaupun dapat dipicu berkali-kali, namun pemain dibatasi mendapatkan hadiah sebanyak 10 kali saja. Selebihnya, Random Event yang dikerjakan tidak akan memberikan hadiah apa-apa. Video di atas merupakan salah satu cara memicu Random Event.

5. Eksplorasi

&ab_channel=ONGame

Salah satu hal yang ditawarkan di dalam game Genshin Impact adalah sistem open-world-nya yang sangat luas. Pemain dapat sebebas-bebasnya mengelilingi Teyvat dan menemukan banyak hal menarik di game ini.

Banyak pula Chest dan teka-teki yang tersebar di seluruh peta, yang berhadiah Primogem. Selain itu, ada juga Oculi yang bisa pemain kumpulkan, yang bertujuan untuk meningkatkan level Statue of the Seven.

Bagi Anda yang gemar mencari Chest, Anda bisa memakai bantuan Treasure Compass yang bisa dibuat di Blacksmith. Alat ini akan membantu pemain untuk menemukan sebuah Chest pada area tertentu. Perlu diingat bahwa kompas ini tidak akan mendeteksi Chest yang terkunci dibalik Puzzle maupun Seelie.

6. Reputation, Bounty, dan Request

sumber: Genshin Impact

Sistem reputasi merupakan misi mingguan yang dapat pemain kerjakan. Reputation akan memberikan sejumlah hadiah serta akan memberikan akses terhadap sejumlah gadget. Untuk meningkatkan Reputation, pemain perlu mengerjakan dua jenis Quest, yaitu Bounty dan Request.

Bounty merupakan Quest yang meminta pemain untuk mengalahkan musuh yang memiliki atribut khusus dan kelemahan tertentu, sedangkan Request merupakan permintaan yang didapatkan dari NPC untuk melakukan suatu hal. Selain EXP Reputation, kedua jenis misi ini akan memberikan Mora kepada pemain.

Setelah pemain berhasil meningkatkan level Reputation hingga level maksimal, pemain masih bisa mengerjakan Bounty dan Request setiap minggunya. Mora yang diberikan dari Quest ini lumayan besar untuk dilewatkan begitu saja.

7. Misi Battlepass

sumber: Genshin Impact

Battlepass merupakan sebuah fitur yang akan memberikan pemain resource dalam jumlah besar. Untuk meningkatkannya, pemain perlu menyelesaikan sejumlah misi yang sama setiap minggunya.

Battlepass memiliki versi gratis dan juga berbayar. Jika pemain membuka Battlepass versi berbayar, pemain akan mendapatkan bonus resource yang jauh lebih banyak, dan juga sebuah senjata dari lima pilihan senjata yang ada.

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan misi Battlepass lebih cepat, seperti:

  • Misi Forge dan memasak dapat diselesaikan dengan cepat dengan membuat Enchancement Ore abu-abu dan Teyvat Fried Egg. Keduanya memiliki material yang mudah didapatkan, serta waktu pembuatan yang singkat (untuk Forge).
  • Misi kalahkan Boss sebanyak 10 kali dapat dikebut dengan mengulangi Spiral Abyss Ruangan 3 Lantai 1. Cryo Regisvine di lantai ini akan terhitung di Battlepass. Retry sebanyak 10 kali untuk menyelesaikan misi ini.
  • Tantangan Domain 15 kali dapat dikebut dengan menyelesaikan lantai awal di Spiral Abyss.
  • Tantangan deposit Ley Line bisa dilakukan tanpa mengklaim hadiahnya. 1 Region memiliki 2 Ley Line, sehingga dari 3 Region, pemain dapat menyelesaikan misi ini dalam 4 hari.
  • Misi menyelesaikan Trounce Domain dapat dikebut dengan mengalahkan Dvalin/Stormterror pada level terendah. Domain ini dapat diselesaikan dengan sangat cepat apabila pemain memiliki Ganyu, yang dapat menjatuhkan Dvalin dengan sangat cepat.

8. Mencari fodder Artifact

&ab_channel=KyoStinV

Artifact merupakan salah satu faktor penting dalam memperkuat karakter. Semakin tinggi level Artifact, maka stat yang diberikan juga akan bertambah. Untuk meng-upgrade-nya, Artifact harus diberikan Artifact lain, sedangkan cara mendapat Artifact paling cepat, adalah dengan bermain domain.

Sebenarnya ada cara untuk mendapatkan Artifact secara gratis, yaitu dengan memungutnya pada berbagai tempat. Anda bisa mengikuti salah satu rute dari video di atas.

9. Memeriksa, meng-upgrade, dan membandingkan Artifact Potensial

sumber: Genshin Impact

Selain mendapatkan Artifact fodder, ada baiknya Anda memeriksa inventory Artifact Anda. Di antara ratusan Artifact yang telah Anda kumpulkan, mungkin terdapat Artifact yang mungkin memiliki atau berpotensi memiliki stat yang bagus.

Selain itu, membandingkan Artifact yang sedang dipakai saat ini juga bisa Anda lakukan. Walaupun terdenger sederhana, namun aktivitas satu ini bisa memakan waktu yang panjang.

10. Serenitea Pot

sumber: Genshin Impact

Serenitea Pot merupakan sistem housing yang ada di Genshin Impact. Selain menempatkan perabotan sesuai keinginian pemain, fitur ini juga bisa memberikan pemain sejumlah resource yang bisa ditukarkan menggunakan koin Adeptal, yang didapatkan setiap waktu tertentu.

11. Spiral Abyss

sumber: Genshin Impact

Spiral Abyss merupakan tantangan tersulit yang ada di Genshin Impact. Tantangan time-trial ini akan di-reset dua kali sebulan, tepatnya setiap tanggal 1 dan 16. Musuh yang dihadapi biasanya akan diganti setiap versinya.

Di mode ini, pemain yang berhasil menaklukan setiap lantainya, akan mendapatkan sejumlah resource dan beberapa Artifact secara acak. Dan bagi pemain yang berhasil menyelesaikan tantangan dalam waktu tertentu, akan mendapatkan bonus Primogem dan Mora. Total Primogem yang bisa didapatkan setiap bulannya melalui Spiral Abyss adalah 1200 Primogem.

12. Berburu Achievement

Mencari Achievement merupakan aktivitas lain yang dapat pemain lakukan. Setiap versinya, akan ada sejumlah Achievement baru yang dimasukkan ke dalam game. Hadiah dari Achievement adalah Primogem yang jumlahnya bervariasi.

Selain hadiahnya, tingkat kesulitannya juga beragam. Ada Achievement yang membutuhkan waktu yang sangat cepat atau cara yang sangat sederhana, namun ada juga Achievement yang membutuhkan waktu berbulan-bulan, atau membutuhkan keberuntungan melalui sistem RNG dari Daily Commision.

Terdapat juga satu set Achievement yang akan memberikan kartu nama sebagai hadiah utamanya.

13. Farming Musuh Elite

sumber: Genshin Impact

Material merupakan salah satu item penting yang ada di Genshin Impact. Sebuah karakter atau senjata membutuhkan material dari musuh tertentu untuk bisa ditingkatkan. Musuh-musuh jenis Elite merupakan musuh-musuh yang memiliki HP dan damage yang lebih besar dibandingkan dengan Hilichurl. Namun hal ini juga sesuai dengan hadiah yang mereka berikan.

Selain material khusus, musuh Elite akan memberikan sejumlah Mora, mulai dari 200, 400, dan 600 Mora, tergantung dari jenis musuhnya. Walaupun terasa sangat sedikit, namun Mora tersebut bisa didapatkan secara gratis, musuh-musuh tersebut memiliki jumlah yang banyak, serta dapat dilakukan setiap hari.

Selain itu, pemain juga bisa mendapatkan Artifact B3 atau B4 dari musuh jenis ini jika beruntung. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara mendapatkan Artifact biasanya harus menggunakan Resin pada domain, sedangkan dengan cara ini, pemain bisa mendapatkannya secara gratis.

14. Mencari Mysterious Hilichurl

Berburu Mysterious Hilichurl merupakan salah satu aktivitas yang penting, khususnya bagi pemain baru. bagi pemain yang masih memiliki AR rendah atau bagi pemain yang ingin menaikkan AR secepat mungkin. Sebagai informasi, cara meningkatkan AR sendiri memiliki cara yang terbatas.

Dengan mengalahkan Mysterious Hilichurl, pemain akan mendapatkan hadiah berupa 18 Adventure Rank. Namun hadiah ini akan percuma, apabila pemain sudah menyentuh AR 55 ke atas, karena jarak AR antar levelnya yang naik 10 kali lipat.

Setiap harinya, pemain memiliki jatah 2 Mysterious Hilichurl untuk dikalahkan. Pemain juga bisa mengunjungi dunia pemain lain, untuk memburu Hilichurl unik ini. Sayangnya, Hilichurl ini akan muncul secara acak pada lokasi-lokasi tertentu, yang membuat waktu pencariannya cenderung membutuhkan waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan waktu mengalahkannya.

15. Menambang Batu

Hal terakhir yang ada pada daftar ini adalah mencari batu, seperti Crystal Chunk. Batu ini berfungsi untuk menempa senjata baru, menempa Mystic Enhancement Ore, maupun membuat gadget tertentu.

Sejak diperkenalkan The Chasm yang notabene adalah area pertambangan, kini pemain dapat dengan mudah mendapatkan batu biru ini. Anda bisa melihat lokasi batu ini pada video di atas.

Itulah tadi sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan walau tanpa Resin. Adakah aktivitas yang membuat Anda tertarik? Semoga daftar ini bermanfaat bagi Anda.