31 January 2023

by Glenn Kaonang

Paspath Adalah Marketplace NFT Lokal Baru dengan Fokus pada Kemudahan Penggunaan

Pengguna bisa membayar menggunakan rupiah untuk NFT yang berasal dari berbagai blockchain

Dalam banyak kesempatan, aksesibilitas kerap menjadi kendala utama bagi mereka yang ingin mendalami dunia NFT. Bahkan sebelum mulai melihat-lihat NFT yang dijual di berbagai marketplace, sebagian mungkin sudah langsung mengurungkan niat setelah mengetahui bahwa mereka perlu aset kripto untuk membeli.

Tentu tidak selamanya harus seperti itu, sebab ada beberapa marketplace NFT yang mencoba memberikan kemudahan dari segi metode pembayaran. Salah satu contohnya adalah Paspath, marketplace NFT lokal baru yang resmi menjalani debutnya pada 31 Desember 2022 lalu.

Oleh pengembangnya, Paspath dideskripsikan sebagai tempat bagi konsumen untuk mendapatkan NFT pertamanya. Hal itu dicapai dengan menyederhanakan proses pembelian NFT. Di Paspath, pengguna dapat membayar dengan menggunakan mata uang rupiah, tidak perlu aset kripto sama sekali.

Hal itu berlaku untuk semua aset NFT yang tersedia, baik yang berasal dari blockchain Ethereum, BNB Chain, dan lain sebagainya. Paspath sendiri juga sudah menjalin kemitraan dengan sejumlah organisasi blockchain terkemuka dari berbagai negara, dan tim pengembangnya pun datang dengan bekal pengalaman membangun sejumlah proyek berbasis blockchain yang cukup sukses.

Perihal konten, Paspath ingin memberikan kesan pertama yang mengesankan dengan mengambil pendekatan yang amat selektif. Selain memberdayakan komunitas kreator NFT, Paspath juga merilis konten berdasarkan IP populer dengan lisensi resmi, contohnya koleksi NFT superhero dari DC Comics. Mereka pun juga menawarkan aset digital identity (DID) dari KEY3.id.

Kolaborasi dengan sosok kenamaan di tanah air juga dilakukan. Salah satu yang pertama adalah koleksi NFT dari aktor dan sutradara Jeremy Thomas. Lebih lanjut, Paspath juga akan meningkatkan dukungan terhadap metode distribusi NFT yang lebih inovatif, termasuk melalui sistem lelang maupun mystery box.

Agenda utama Paspath saat ini adalah memperkaya konten yang ditawarkan. Mereka juga tengah mengembangkan IP baru bersama komunitas NFT lokal Metarupa. Ke depannya, Paspath juga berniat menggelar sejumlah event online maupun offline, termasuk workshop yang ditargetkan untuk komunitas kreator.