5 August 2014

by Yoga Wisesa

Mari Simak Video Hands-on Gameplay The Sims 4

The Sims 4 adalah game terbaru penerus franchise tersukses Electronic Arts yang dibuat oleh Maxis. Dalam mengembangkannya, sang developer mencoba mengkombinasi gameplay tradisional yang membuat The Sims digemari dengan fitur baru agar permainan dapat dinikmati dengan lebih intuitif - baik oleh para fans maupun pendatang baru.

Saat para gamer menanti The Sims 4 dengan tidak sabar, Tom Marks dari PC Gamer berkesempatan untuk menjajal permainan ini lebih dulu. Berita baiknya, ia dengan senang hati mempublikasi pengalamannya dalam sebuah video berdurasi 10 menit. Dan Anda bisa menyaksikannya di bawah ini.

Ada dua kekuatan utama dalam seri The Sims. Yang pertama adalah kustomisasi karakter serta Build Mode, dan yang kedua ialah gameplay life simulation dimana pemain akan mengontrol karakter Sim dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Perpaduan keduanya membuat The Sims menjadi permainan favorit para gamer hardcore dan juga casual.

 

Info menarik: The Sims 4 Akan Fokus Pada Narasi dan Penyampaian Cerita?

 

Pada bagian awal video di atas, Marks memperlihatkan bagaimana Maxis telah merombak Build Mode. Untuk pertama kalinya dalam The Sims, Anda tidak perlu lagi membangun ruangan (atau bangunan) secara manual - seperti menentukan ukuran ruang dengan membangun tembok, memasang jendela, pintu dan lantai. Kini pemain bisa membeli ruangan secara utuh dan memasangkannya langsung di salah satu sisi rumah.

Di tiap ruangan, game sudah menyertakan segala macam furnitur, tergantung dari jenis yang Anda pilih. Misalnya untuk kamar mandi, di dalamnya sudah ada shower atau bathtub, dan juga toilet. Untuk mengkustomisasi ukurannya, Anda hanya perlu men-drag bagian sisi tembok. Walaupun biasanya para pemain yang lebih serius memilih untuk mendesain rumah dari awal, fitur ini sangat memudahkan gamer casual yang biasanya memilih bangunan jadi, dengan tetap memberikan esensi upgrade untuk mereka.

Tambahan lain adalah fitur emosi pada masing-masing Sim. Dalam demo ini, Marks mengontrol dua kakak-beradik. Sang kakak memiliki karakter yang cukup unik: ia tidak suka pada anak kecil. Jika ada anak kecil di dekatnya, mood-nya akan merosot. Sang kakak akan marah-marah jika ia melakukan percakapan dengan Sim yang lebih muda. Namun sepertinya si adik dapat mengerti perilaku aneh abangnya itu.

 

Info menarik: EA Bagi-Bagi The Sims 2 Ultimate Collection Gratis

 

Fitur lain yang Maxis tambatkan pada gameplay adalah kemampuan multitasking. Kini karakter Sim Anda dapat melakukan beberapa hal sekaligus, seperti contohnya mengobrol sambil duduk di sofa, saat mereka sedang menonton televisi. Dalam permainan sebelumnya, hanya beberapa aktivitas saja yang memungkinkan untuk dilakukan secara berbarengan, selebihnya Sim harus menghentikan (atau menunda) tugas mereka saat pemain memberi perintah baru.

Penasaran? The Sims 4 akan diluncurkan pada tanggal 2 September 2014 untuk PC dengan versi Mac-nya yang segera menyusul. Maxis berjanji bahwa game ini akan mendukung mod - berita gembira bagi komunitas modder dan gamer yang menginginkan konten gratis.

Sang developer menjelaskan bahwa karakter Anda tidak lagi bisa mati karena merasa depresi. 'Fitur' ini dihilangkan lantaran Maxis ingin menyajikan gameplay yang lebih ceria. Menariknya, Sim bisa tewas karena tertawa terbahak-bahak...

Sumber gambar: TheSims.com.