Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

7 Mantan Pro Player Mobile Legends yang Masih Eksis Pasca Pensiun

4 December 2021Yubian Asfar

Beberapa di antaranya mengisi kesibukan sebagai influencer, content creator, pelatih, hingga CEO.

Mobile Legends: Bang Bang memang menjadi salah satu game yang ramai dimainkan di Indonesia. Seiring perkembangannya, tokoh atau atlet esports pun turut merasakan dampak positifnya.

Beberapa pemain yang memutuskan untuk pensiun dini masih kedapatan ‘bermain’ di lingkup ekosistem esports Mobile Legends. Sebelumnya, kami membahas tentang 7 mantan pro player Mobile Legends yang kurang terdengar kiprahnya.

Lalu di edisi kali ini, siapa saja pemain yang masih eksis pasca pensiun? Apa kesibukan yang digeluti oleh para mantan pro player Mobile Legends tersebut? Yuk, simak 7 mantan pro player Mobile Legends yang masih eksis pasca memutuskan pensiun.

1. Justin “JessNoLimit”

https://www.revivaltv.id/wp-content/uploads/2019/10/Jess-no-Limit-1.jpg
JessNoLimit di MPL ID Season 1. Sumber: RevivaLTV

Siapa yang tidak kenal dengan JessNoLimit? Dia bisa dibilang sebagai pionir kreator konten Mobile Legends: Bang Bang di YouTube.

Pemain yang memiliki nama Tobias Justin tersebut bermain Mobile Legends cukup lama. JessNoLimit bahkan sempat memperkuat Saints Indo bersama Daylen dan Warpath.

Memulai masa kejayaannya bersama EVOS Esports sebagai runner-up MPL ID Season 1, kariernya sebagai pro player hanya bertahan hingga akhir MPL ID Season 3. JessNoLimit sudah tidak aktif berlatih bersama tim dan memutuskan untuk hengkang.

Bukan tanpa rencana, JessNoLimit melihat peluang di YouTube dan beralih profesi sebagai kreator konten. Sang pemain kini sangat terkenal dan sudah memiliki total 23,8 juta subscribers saat artikel ini ditulis.

2. Yurino “Donkey”

https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/x/photo/2019/11/17/1259504673.jpg
Donkey (paling kanan) merayakan kemenangan EVOS di M1. Sumber: EVOS Esports

Salah satu pemain penting dari masa kejayaan EVOS Esports adalah Donkey. Pemain dengan nama Yurino tersebut merupakan pemain setia EVOS bahkan sejak MPL ID Season 1.

Donkey yang menjadi seorang Tank sudah merasakan pahitnya kekalahan di grand final MPL ID Season 1 hingga manisnya comeback di grand final M1 World Championship di Malaysia bersama EVOS.

Seiring dengan torehan manisnya selama bertanding, rupanya Donkey secara mengejutkan keluar dari EVOS Esports. Setelah memperkuat tim Harimau Putih hingga MPL ID Season 5, Donkey mengatakan tidak akan kembali ke tim tersebut.

Lantas apa yang dilakukan Donkey pasca pensiun? Pada awalnya, Donkey aktif sebagai seorang streamer, namun perlahan-lahan sang pemain aktif dalam beberapa acara esports baik on-air maupun off-air.

Hingga akhirnya, kini Donkey membuat timnya sendiri dan menjabat sebagai CEO di GPX (Geng Kapak).

3. Afrindo “G/Four” Valentino

https://asset-a.grid.id/crop/12x0:1076x816/x/photo/2019/08/23/1642405140.jpg
G atau Four (tengah atas) saat aktif di EVOS pada gelaran MPL ID Season 4. Sumber: EVOS Esports.

Saat terjadi perubahan pemain yang masif di era MPL ID Season 3, EVOS Esports menarik salah satu juara MPL ID Season 1 yaitu Afrindo “G” Valentino. Sang pemain resmi memperkuat tim EVOS mulai di MPL ID Season 3 pasca bermain untuk Aerowolf.

Kehadiran Afrindo di tubuh tim bisa dibilang cukup baik, namun tidak berakhir cemerlang. Beberapa rotasi kerap dilakukan oleh tim EVOS Esports untuk menemukan kecocokan pola permainan.

Meski begitu, G tidak mampu berkontribusi banyak dan harus hengkang sebagai pemain aktif. Melihat potensi yang ada, manajemen EVOS tidak mendepak Afrindo melainkan masih menggunakan jasanya sebagai pelatih.

Hingga saat ini, Afrindo “G” Valentino masih aktif sebagai pelatih untuk tim EVOS Icon di ajang MDL Indonesia, liga resmi kasta kedua Mobile Legends: Bang Bang.

4. Eko “Oura” Julianto

https://oneesports.azureedge.net/cdn-data/sites/2/2021/05/EVOS-Legends-juara-M1.jpg
Oura (dua dari kanan) bersama EVOS Esports saat menjuarai M1 Worlds Championship. Sumber: ONE Esports

Lagi-lagi mantan pemain EVOS Esports sekaligus bintang di M1 World Championship. Eko Julianto atau yang kerap disapa Oura merupakan salah satu pensiunan pro player Mobile Legends yang masih aktif.

Saat masih aktif bermain, Oura lihai dalam menggunakan hero di posisi jungle hingga offlane. Siapa yang tidak ingat aksi Oura dalam menggunakan Masha di grand final M1 World Championship?

Pasca menjuara M1 World dan MPL ID Season 4, Oura memutuskan untuk hengkang sekaligus pensiun dari skena kompetitif Mobile Legends.

Namun hingga saat ini Oura sendiri masih aktif di ekosistem Mobile Legends sebagai influencer dan juga menjabat sebagai head of Esports di Geng Kapak (GPX).

5. Jonathan “Emperor” Liandi

Pemain berikutnya masih mantan punggawa EVOS Esports. Jonathan Liandi atau Emperor merupakan pemain yang membela tim tersebut di musim MPL ID Season 2 dan MPL ID Season 3.

Pasca hengkang, Emperor tidak bermain untuk tim lain. Langkah awalnya menjadi seorang streamerdan kini aktif sebagai influencer dan kreator konten YouTube.

Jonathan Liandi juga terkenal dengan konten podcast miliknya yaitu EmpeTalk di kanal YouTube.

6. Steven “Marsha” Kurniawan

https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/x/photo/2018/10/03/3766006383.jpg
Marsha (paling kanan) saat membela EVOS di MPL ID Season 2. Sumber: RevivaLTV

Pemain yang juga sempat membela EVOS Esports pasca bermain untuk RRQ.O2, Marsha, memang sudah tidak aktif lagi sebagai atlet esports. Ia terakhir membela Genflix Aerowolf pada MPL ID Season 4.

Namun kegagalannya bersama Genflix Aerowolf di MPL ID Season 4 membuatnya hengkang lebih cepat. Pada akhir pertandingan, Marsha sempat memberikan niatnya untuk pensiun.

Pasca memutuskan pensiun, Marsha kini aktif di tim Geng Kapak (GPX) sebagai bagian yang mengurus bisnis GPX, terkait lobi investor maupun sponsor.

7. Dicky “Tuturu

https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x169:1080x1081/x/photo/2021/07/17/3626321785.jpg

Pensiunan pro player Mobile Legends kali ini tidak datang dari EVOS Esports, melainkan RRQ. Dicky atau pemain dengan nickname Tuturu merupakan sosok Marksman yang dihormati sekaligus disegani.

Tuturu sendiri belum memperkuat roster RRQ sejak MPL ID Season 6 usai. Posisi pemain tersebut perlahan digantikan dengan pendatang baru.

Meski begitu, Tutur mengakui bahwa dirinya tidak bilang pensiun dari skena kompetitif Mobile Legends melainkan rehat.

Namun hingga saat ini belum ada niat Tuturu untuk kembali ke tim profesional. Bahkan, kini Tuturu terlihat sangat aktif di kanal YouTube miliknya sebagai konten kreator yang memiliki 1,18 juta subscribers.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada ...

Others from #HybridTV