Esports Ecosystem

Mantan Bintang NBA Kevin Garnett Tanamkan Investasi di Triumph Esports

20 Aug 2019 | Ayyub Mustofa
Triumph Esports menaungi perusahaan event Rivalcade dan tim profesional Triumph Gaming.

Mantang pemain basket profesional NBA Kevin Garnett belum lama ini dikabarkan telah melangkah masuk ke industri esports lewat investasi di organisasi baru bernama Triumph Esports. Dilansir dari Esports Insider, penanaman modal Garnett ini dilakukan lewat perusahan manajemen dan produksi event miliknya, Big Tickets Sports LLC.

“Relasi kami dengan Triumph Esports adalah kecocokan alami seiring kami berusaha untuk menunjukkan dan mengangkat pengalaman lifestyle bersama lewat kompetisi, konten, dan acara live,” ujar Garnett dalam sebuah siaran pers, “Visi kami adalah untuk menciptakan pengalaman unik yang mengenai para penggemar kami di beragam titik passion.”

Triumph Esports adalah sebuah perusahaan esports “full-service” yang meliputi berbagai jenis bidang usaha. Perusahaan ini memayungi perusahaan event dan kompetisi esportsRivalcade, serta tim profesional Triumph Gaming. Dampak investasi ini salah satunya adalah penggabungan antara program-program Rivalcade dengan acara bola basket milik Big Ticket Sports yang bernama Hoop-It-Up.

“Kami sangat gembira bisa bekerja dengan Hoop-It-Up seiring mereka menyatukan bola basket, musik, esports, dan gaya hidup urban di event mereka. Kami berharap bisa bekerja sama untuk mendekatkan para penggemar dan pemain kami dengan cara-cara baru yang kreatif dan kolaboratif,” ujar Scott O’Leary, founder Rivalcade dan CEO Triumph Esports.

Jake Laumann, founder Triumph Gaming dan COO Triumph Esports menambahkan, “Memiliki kompetitor kelas dunia seperti Kevin sebagai partner memvalidasi dan memperkuat dedikasi kami untuk menciptakan platform bagi para pemain dan staf untuk mempelajari apa yang dibutuhkan untuk bermain, berkompetisi, dan tampil di level tertinggi.”

Karier Kevin Garnett di dunia NBA adalah perjalanan yang cukup legendaris. Selama 22 tahun bermain, Garnett telah memperkuat beberapa tim besar seperti Minnesota Timberwolves, Boston Celtics, dan Brooklyn Nets. Bersama Boston Celtics, Garnett meraih gelar juara di tahun 2008, juga meraih medali emas Olimpiade 2004 bersama timnas Amerika Serikat. Ia juga berkali-kali meraih penghargaan personal, seperti NBA Most Valuable Player dan NBA All-Star Game MVP.

Garnett bukan satu-satunya mantan bintang NBA yang kini masuk ke dunia esports. Tahun lalu, pemain legenda Michael Jordan juga telah menanamkan modalnya di perusahaan yang menaungi Team Liquid, aXiomatic. NBA sendiri juga memiliki kaitan erat dengan esports dengan adanya kompetisi seperti NBA 2K League.

Beragam kerja sama seperti ini bermanfaat bagi kedua sisi (esports dan olahraga konvensional). Perusahaan-perusahaan esports bisa mempelajari sisi bisnis perusahaan olahraga konvensional yang telah memiliki pengalaman panjang, sementara perusahaan olahraga konvensional bisa menyerap ilmu dan teknologi baru yang digunakan di industri esports. Bukan hal yang aneh bila kolaborasi serupa akan semakin banyak di masa depan.

Sumber: Esports Insider, NBA