2 March 2015

by Adam Ardisasmita

Mahabharat Warriors, Ketika Kisah Wayang Muncul dalam Bentuk Game

Mahabarata merupakan kisah yang dahulu cukup populer di Indonesia. Cerita klasik tersebut dilestarikan dan disebarluaskan melalui kesenian wayang. Sayangnya, kisah tersebut seakan terputus oleh waktu seiring dengan turunnya minat generasi muda untuk menonton kesenian wayang.

Anoman Studio yang merupakan pengembang game asal Indonesia ini bertekad untuk melahirkan kembali kisah klasik tersebut dalam media yang lebih modern, yakni game. Dengan game yang berjudul Mahabharat Warriors, Anoman Studio berusaha untuk mengisahkan ulang 18 hari pertempuran pandawa dengan Kurawa.

Dengan game ber-genre tower defense ini, Mahabharat Warriors mencoba mengenalkan kembali karakter-karakter pandawa seperti Arjuna, Bima, dan kawan-kawan. Objektif di dalam game ini adalah untuk mengalahkan markas milik kurawa dengan cara mengirimkan pasukan ke markas mereka.

Musuh juga akan mengirimkan pasukan ke arah markas milik kita. Akan terjadi pertempuran yang seru ketika pasukan milik kita bertemu dengan pasukan milik musuh. Ada beberapa tipe pasukan yang bisa kita kirim ke dalam pertempuran seperti pemanah, ahli pedang, penyihir, dan lain-lain.

Info menarik: Game Android Pilihan 23 Februari – 1 Maret 2015

Selain mengirimkan pasukan ke arah pertahanan musuh, karakter utama yang kita pilih juga bisa kita gunakan untuk menyerang. Misalkan kita bisa menggunakan Arjuna untuk membantu pasukan-pasukan yang telah kita kirim ke medan tempur. Kombinasi antara pasukan yang kita kirimkan beserta kekuatan spesial dari hero yang kita pilih akan membuat game ini menjadi sangat menyenangkan untuk dimainkan.

Game Mahabharat Warriors dibalut dengan grafis yang baik. Namun dari sisi animasi rasanya bisa lebih ditingkatkan lagi agar kisah pertempuran epik ini bisa dinikmati dengan optimal.

Selain itu juga ketika penulis menguji game ini (menggunakan perangkat OnePlus One), terdapat bug saat memunculkan unit pasukan, game akan tertutup secara otomatis. Untungnya developer dari game ini sudah menanggapi hal ini dan akan memberikan perbaikan di update berikutnya.

Game Mahabharat Warriors ini sudah bisa didapatkan di Google Play.