Dark
Light

Luncurkan IM3 Buzz, Indosat Coba Rebut Pasar Aplikasi Chatting

1 min read
May 29, 2012

Indosat merilis IM3 Buzz, sebuah aplikasi chatting milik Indosat sendiri, dalam acara peluncuran “Serunya Liburan Bareng IM3 Seru Anti Galau” di Urban Kitchen Senayan City Jakarta, Senin kemarin. Dikutip Kompas Tekno, Division Head Youth Segment Indosat, M Andre Reinaldy mengklaim bahwa aplikasi IM3 Buzz ini lebih canggih daripada WhatsApp dan BlackBerry Messenger (BBM).

Meskipun namanya IM3 Buzz, aplikasi ini dapat dinikmati oleh semua pelanggan Indosat dengan menggunakan smartphone maupun featured phone. Pengguna Android, Blackberry dan iPhone dapat menggunakan aplikasi IM3 Buzz, sedangkan pengguna featured phone dapat menggunakan aplikasi ini dengan mengunjungi situs www.im3buzz.com atau menggunakan aplikasi berbasis J2ME.

Selain mempunyai fitur standar aplikasi chatting seperti chatting, grup, dan mengirim file, aplikasi IM3 Buzz juga mempunyai fitur audio chatting dan video chatting. Fitur inilah yang membedakan IM3 Buzz dengan WhatsApp dan BBM.

Sebagai promosi, Indosat menggratiskan biaya internet dari penggunaan aplikasi ini sampai 30 Juni mendatang. Setelah itu, penggunaan aplikasi ini dikenakan biaya sesuai dengan paket internet yang digunakan.

Walaupun dalam penjelasan dalam situs Indosat menyebutkan bahwa aplikasi IM3 Buzz ini dapat diunduh pada halaman www.indosat.com/im3buzz, kenyataannya pada saat artikel ini ditulis, halaman tersebut belum dapat diakses dan hanya diarahkan menuju halaman muka situs Indosat.

Sebelumnya, selain WhatsApp dan BBM, masih ada beberapa aplikasi chatting yang beredar di Indonesia seperti KakaoTalk dan Line. KakaoTalk dan Line juga mempunyai fitur audio-chatting, sehingga keunggulan fitur IM3 Buzz dibandingkan dengan kedua aplikasi tersebut adalah video-chatting, yang relatif belum jamak digunakan di Indonesia.

Sepertinya, persaingan utama IM3 Buzz justru adalah dengan aplikasi sosial mig33 pada level featured phone. Ironisnya, mig33 sendiri dulu pernah berkerja sama dengan ekslusif dengan Indosat sehingga bisa dibilang Indosat akan bersaing dengan aplikasi yang dibesarkannya sendiri. Selain dukungan komunitas yang besar, mig33 juga mempunyai keunggulan fitur seperti social game dan miniblog.

Jadi, mampukah IM3 Buzz merebut pasar pada aplikasi chatting di Indonesia? Seperti usaha tersebut membutuhkan lebih dari sekedar promosi gratis selama sebulan.

1 Comment

  1. Indosat merilis IM3 Buzz, sebuah aplikasi chatting milik Indosat sendiri,  sepertinya kalimat itu harus di riset ulang, karena IM3 Buzz adalah produk dari http://www.i-surf.co.id rekanan indosat…Jadi, mampukah IM3 Buzz merebut pasar pada aplikasi chatting di Indonesia? Seperti usaha tersebut membutuhkan lebih dari sekedar promosi gratis selama sebulan…(berat bosss….)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

TapIzy Kini Bisa Dipakai Untuk Membeli Tiket Kereta di Bandung

Next Story

Cronus, Kembali ke Masa Lalu Untuk Perbaiki Dunia

Latest from Blog

Don't Miss

Pesta Hadiah IM3 2023 Digelar, Hadirkan Lebih Banyak Hadiah

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui merek IM3 telah

Tri Luncurkan Paket HappyFlex

Tri, salah satu operator seluler ternama di Indonesia, terus berkomitmen