25 February 2022

by Lukman Azis

Lumix GH6 Adalah Penerus Kamera MFT Dambaan Videografer, Mampu Rekam Video 5.7K 30fps

Penerus Lumix GH5 ini juga untuk pertama kalinya mendukung Apple ProRes 422 HQ

Bagi yang menggeluti dunia videografi, Anda kemungkinan besar pernah mengidam-idamkan Lumix GH5. Sebab kamera mirrorless bersensor Micro Four Thirds (MFT) buatan Panasonic ini memiliki rangkaian fitur perekaman video yang didambakan oleh tiap videografer bahkan bagi filmmaker.

Pada masanya, urusan video tidak ada kamera kompetitor di kelasnya yang mampu menandingi telenta Lumix GH5. Ia dapat merekam footage 4K pada 4:2:2 10-bit yang menawarkan fleksibilitas saat post processing dan sekaligus mendukung frame rate tinggi 4K 60fps tanpa crop.

Cukup tentang Lumix GH5, karena Panasonic akhirnya telah mengumumkan Lumix GH6. Ya, kali ini benar-benar penerusnya bukan varian lain dari Lumix GH5. Beberapa peningkatannya, termasuk penggunaan sensor baru, serta prosesor gambar dan in-body image stabilization yang ditingkatkan, dan banyak lagi.

Inti dari Lumix GH6 adalah sensor CMOS 25.2 MP baru yang dapat memotret berkecepatan tinggi 14 fps dalam mode AF-S. Serta, mampu merekam video 5.7K 30 fps secara internal pada format Apple ProRes 422 HQ yang pertama kalinya tersedia untuk kamera Lumix.

Bila menurunkan resolusinya ke 4K, Lumix GH6 dapat merekam video 10-bit 4:2:2 hingga DCI 4K 60 fps, video 10-bit 4:2:0 hingga 4K 120 fps, video 1080p bisa sampai 240 fps, dan variable frame rate mendukung hingga 1080p 300 fps. Panasonic juga telah menambahkan full V-Log/V-Gamut untuk mencocokkannya dengan kamera cinema, ini pertama kali untuk model Micro Four Thirds yang menurut Panasonic menawarkan dynamic range hingga 13+ stop.

Data besar tersebut diolah oleh prosesor gambar Venus Engine baru yang dibantu kipas internal untuk menjaga kamera tetap adem saat diajak syuting maraton. Performa IBIS pada Lumix GH6 ditingkatkan dan diklaim dapat mengkompensasi 7.5 stop menurut rating CIPA dan performa bisa dipertahankan saat menggunakan lensa dengan focal length panjang bila dikombinasikan dengan lensa yang kompatibel dengan Dual IS 2.

Kemudian di bagian belakang kamera terdapat layar dengan mekenisme tilt-and-articulating 3 inci 1,84 juta dot. Di atasnya terdapat jendela bidik elektronik OLED 3,68 juta dot. Panasonic juga menjanjikan dukungan perekaman langsung ke SSD melalui USB-C. Berapa harganya? Panasonic Lumix GH6 akan dijual dengan harga US$2.199 atau sekitar Rp31,5 jutaan untuk body only dan sekedar informasi harga terbaru Lumix GH5 body only di Indonesia berada di kisaran Rp19.499.000, menarik bukan?

Sumber: DPreview