Esports Ecosystem

Kata Ravalda dan Viscaloid Soal Lokapala dan Melon Minor Tournament

23 Jun 2020 | Akbar Priono
Ravalda dan Viscaloid mewakili jajaraan caster di Lokapala Melon Minor Tournament memberikan pendapatnya soal MOBA besutan gamedev lokal ini.

Lokapala mungkin bisa dibilang sebagai salah satu proyek ambisius game developer lokal untuk bisa mengambil pasar pemain MOBA lokal. Selain proses pembuatan game yang penuh usaha, proyek ini terbilang ambisius salah satunya lewat usaha Anatarupa Studio beserta tim penerbitu untuk dapat mengembangkan ekosistem esportsgame ini lewat gelaran Melon Minor Tournament.

Diselenggarakan 26-28 Juni 2020 mendatang, Melon Minor Tournament tak hanya meriah karena memperebutkan total hadiah sebesar Rp25 juta, tetapi juga karena dimeriahkan oleh sosok-sosok shoutcasters ternama. Ada sosok-sosok yang sudah ternama di komunitas pemain MOBA Indonesia seperti Atoy, Viscaloid, Dewi, Fearus 22, Gobz, dan Ravalda.

Melihat usaha keras Anantarupa Studios untuk mengembangkan Lokapala dan komunitas pemainnya lewat gelaran esports, kira-kira bagaimana pendapat mereka? Menjawab ini Tiara Evalda (Ravalda) dan M Al-fariz Firdaus (Viscaloid) memberikan komentarnya mewakili jajaran para shoutcasters.

Sumber: Lokapala Offical
Sumber: Lokapala Offical

Ravalda membuka pendapatnya membahas soal game Lokapala itu sendiri. Ia menyebut bahwa game ini punya konsep yang sangat bagus, dan benar-benar membawa semangat dari Indonesia untuk Indonesia. “Secara produk, jujur Lokapala masih perlu melakukan usaha lebih terhadap in-game development. Namun, menurut gue ini nggak masalah. Semoga game ini bisa melakukan progres perubahan yang positif seiring waktu. Toh MOBA juga tak lekang zaman. Bisa selalu hidup walau sedang tidak heboh, apalagi game ini juga berbumbu lore atau cerita dengan latar belakang dari Indonesia yang relate sama para pemainnya.”

Membahas soal perkembangan ekosistem esportsgame ini, Ravalda dan Viscaloid berpendapat bahwa ini memang satu inisiatif yang sangat baik dari sang pengembang. “Menurut gue ini bisa dibilang sebagai inisiatif yang cukup cepat dari sang pengembang dan pihak-pihak yang terlibat. Semoga saja bisa konsisten, dan nggak kalah saing dengan MOBA esports lainnya.”

Viscaloid lalu menambahkan. “Menurut gue kehadiran turnamen ini sangat membantu menarik perhatian para gamers, terutama yang sudah main genre MOBA game lain. Ini merupakan inisiatif yang baik, ke depannya kita tinggal serahkan kepada komunitas gamers.” tukasnya.

Sumber: Instagram
Ravalda (kiri) dan Viscaloid (kanan) dua caster Lokapala Melon Minor Tournament yang sempat naik daun sebagai caster pada game genre MOBA lain. Sumber: Instagram

Menutup obrolan, kedua sosok shoutcaster yang sebelumnya membangun nama dari skena game MOBA juga memberi harapannya terhadap Lokapala. “Untuk para partisipan, semoga bisa bersaing sportif. Saya menunggu meta dan gaya bermain baru yang menarik dari para partisipan, yang berbeda dari MOBA lain. Juga saya berharap semoga Lokapala punya banyak turnamen ke depannya, supaya bisa menjadi harapan baru bagi komunitas pemain genre MOBA di Indonesia.” ucap Viscaloid.

Ravalda lalu mengatakan. “Gue berharap Lokapala lebih giat lagi menyentuh komunitas secara langsung. Sebagai produk Indonesia, gue berharap ada inisiatif yang menyentuh pemain di luar Jakarta dan luar Jawa secara langsung. Juga semoga Lokapala berkembang secara developmentgame dan ekosistem esports ke arah yang positif.”

Hadirkan Ksatriya Baru

Membicarakan Lokapala dari sisi pengembangan game, Anantarupa juga baru saja merilis dua Ksatriya terbaru. Ksatriya tersebut bernama Rajapatni dan Kanta. Rajapatni adalah seorang Marksman, sementara Kanta adalah seorang Fighter.

Sosok Rajapatni di sini kemungkinan berasal dari sosok istri pertama Raden Wijaya dari kerajaan Majapahit, yang punya nama serupa dan kadang disebut sebagai Gayatri. Sementara sosok Kanta merupakan sosok dengan menggunakan baju perang futuristik, yang bisa saja merupakan karakter fiksi dan tidak berasal dari sejarah lokal.

Dua Ksatriya ini tidak dapat langsung Anda mainkan. Anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli, dengan harga 18800 Coin atau 280 Citrine di dalam in-game shop. Sementara itu, dari sisi esports, Lokapala Melon Minor Tournament juga masih membuka pendaftarannya. Anda dapat mendafatar pada tautan bit.ly/lokapalaminor untuk dapat ikut berkompetisi.