23 February 2022

by Sean Edbert

Kelewat Mirip, Street Fighter 6 Dituding Plagiat Logonya dari Adobe Stock

Logo seri Street Fighter terbaru ini ternyata kurang digemari oleh para penggemar.

Seri terbaru dari Street Fighter akhirnya diumumkan secara resmi oleh Capcom melalui video teaser pendek yang diunggah pada kanal YouTube resmi mereka. Meskipun detail yang diberikan oleh Capcom tentang Street Fighter 6 sangat sedikit, para penggemar menyadari satu hal yang sangat berubah, yaitu logonya.

Image Credit: Capcom

Logo dari Street Fighter memang menjadi ciri khas sendiri dengan aksen-aksen 'action'-nya. Namun, logo ikonik tersebut ternyata berubah menjadi simpel dan minimalis di Street Fighter ke-6 ini. Seakan kehilangan jati diri Street Fighter, sebagian besar penggemar dari serial game baku hantam ini kecewa atas perubahan logo tersebut.

Image Credit: Capcom

Tulisan "Street Fighter" yang tadinya penuh aksi kini hilang dan digantikan oleh huruf "SF" bersegi enam. Di pojok kanan bawah juga terdapat angka 6 yang menggantikan angka romawi dari seri-seri sebelumnya. Ini menjadi kontroversi di kalangan penggemar Capcom.

Hal ini kian meledak setelah Creative Director dari Ars Technica bernama Aurich menemukan sebuah templat desain di Adobe Stock yang sangat mirip dengan logo Street Fighter 6 tersebut.

Bagi yang belum tahu, Adobe Stock merupakan sebuah service yang menyediakan dan menjual beragam foto, video, ilustrasi, vector graphic, aset-aset 3D, dan semacamnya. Biasanya, jika Anda ingin menggunakan konten dari Adobe Stock, Anda harus membeli lisensi dengan harga bervariasi yang tergantung dari kontennya. Nah, templat desain yang identik dengan logo Street Fighter 6 ini dibanderol dengan harga US$80 atau sekitar Rp1,15 juta di Adobe Stock.

Image Credit: Capcom
- Adobe Stock

Seperti yang bisa Anda lihat di atas, kedua logo tersebut bisa dibilang sangat identik. Pihak Capcom kelihatannya hanya mengganti sedikit font dan warna background-nya serta menambahkan angka 6 dan efek cipratan pada logo tersebut. Sampai artikel ini dibuat, Capcom masih belum mengeluarkan klarifikasi atas tudingan plagiarisme logo mereka itu.

Jika kemiripan kedua logo ini dibilang hanya kebetulan belaka, saya pribadi agak ragu. Pasalnya, logo Street Fighter 6 ini memang sudah kelewat mirip dengan templat desain dari Adobe Stock tersebut. Apakah Anda setuju bahwa kedua logo tersebut identik?

Selain permasalahan logo ini, Street Fighter juga dikabarkan akan melakukan crossover dengan permainan kartu "Magic: the Gathering" (MTG)Event crossover yang dinamakan Secret Lair ini dikonfirmasi oleh Capcom lewat akun Twitter mereka.

Feat image credit: Capcom - Adobe Stock Image