Gadget News
for SEO
Gadget News

Mechanical Keyboard Terbaru Logitech Bisa Jadi Opsi Menarik Buat Kalangan Non-Gamer

26 January 2022Glenn Kaonang

Logitech G413 SE hadir membawa desain yang minimalis, cocok buat mereka yang tengah mengincar mechanical keyboard untuk keperluan bekerja

Logitech meluncurkan mechanical keyboard baru. Dinamai Logitech G413 SE, keyboard ini memang ditujukan untuk kalangan gamer. Namun kalau melihat penampilannya yang minimalis, perangkat ini semestinya juga bisa menjadi opsi yang menarik buat yang tengah mengincar mechanical keyboard untuk keperluan bekerja.

Di saat mayoritas keyboard gaming hadir dengan pencahayaan RGB, G413 SE justru cuma mengusung backlight berwarna putih saja. Jenis huruf pada keycap-nya juga tidak terkesan ‘terlalu gaming‘, membuatnya semakin cocok diletakkan di atas meja kantor. Pelat atas yang terbuat dari bahan aluminiukian mempertegas nuansa elegan yang disuguhkannya.

Dibandingkan G413 versi standar, G413 SE lebih unggul perihal keycap. Pasalnya, bahan yang digunakan adalah PBT, yang secara umum lebih tahan lama ketimbang ABS. Berdasarkan pengalaman pribadi, keycap berbahan PBT lebih sulit mengilap seiring penggunaan jika dibandingkan dengan keycap berbahan ABS.

Di balik masing-masing keycap PBT itu bernaung mechanical switch berjenis tactile. Logitech memang tidak merincikan switch yang digunakan, tapi yang pasti spesifikasinya agak berbeda dari switch Romer-G tipe tactile yang terdapat pada G413 standar. Buat yang perlu gambaran, karakteristik switch-nya semestinya cukup mirip seperti Cherry MX Brown maupun Gateron Brown.

Selain full-size, Logitech G413 SE juga hadir dalam layout tenkeyless (TKL) / Logitech

Bagi yang mencari switch bertipe linear ataupun clicky, sayangnya Anda harus melirik keyboard lain, sebab Logitech sama sekali tidak menyiapkan dua opsi tersebut buat G413 SE. Keyboard ini juga tidak dirancang untuk yang perlu memprogram ulang sejumlah tombol. Beruntung ia masih punya sejumlah tombol multimedia yang bisa diakses dengan menggunakan kombinasi tombol Fn + F1 sampai F12.

Logitech G413 SE hadir dalam dua varian layout: full-size dan tenkeyless (TKL). Keduanya bakal dipasarkan mulai bulan Februari dengan banderol masing-masing $80 dan $70. Harganya tergolong cukup kompetitif buat yang mencari mechanical keyboard dengan fokus pada ketahanan fisik ketimbang fitur-fitur ekstra seperti RGB maupun kenop multifungsi.

Sumber: Logitech.

Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV