Logitech Bermitra dengan iFixit, Bikin Program Perbaikan Mandiri

Mouse nirkabel Logitech MX Master dan Logitech MX Anywhere menjadi produk pertama yang menerima suku cadang

Touchpad yang ada pada laptop generasi terbaru, ukurannya memang lebih besar sehingga nyaman saat digunakan. Namun untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, seperti pengeditan foto atau video, mengolah data di aplikasi office, hingga gaming, keberadaan mouse masih sangat diperlukan.

Kabar baiknya, jika Anda pengguna mouse dari Logitech, kedepannya mungkin Anda bisa memperbaiki mouse secara mandiri ketika bermasalah. Baru-baru ini, Logitech mengumumkan kemitraannya dengan spesial perbaikan DIY iFixit. Mereka berupaya untuk mengurangi limbah elektronik yang tidak perlu.

Foto iFixit

Kerja sama tersebut juga bertujuan untuk membantu pengguna memperbaiki sendiri perangkat keras Logitech mereka yang tidak bergaransi dengan menyediakan suku cadang, baterai, dan panduan perbaikan untuk produk tertentu. Panduan tersebut bisa diakses di iFixit Logitech Repair Hub.

Mouse nirkabel Logitech MX Master dan MX Anywhere menjadi produk pertama yang menerima suku cadang, keduanya merupakan salah satu mouse paling populer dari Logitech. Selain mouse, sebetulnya sudah banyak produk Logitech yang sudah terdaftar di pusat perbaikan iFixit, termasuk webcam, keyboard, speaker Bluetooth, dan periferal game yang dibuat oleh anggota komunitas iFixit.

Tentu saja, lewat kemitraan resmi ini diharapkan produk Logitech yang didukung akan segera diperluas. Menurut sebuah laporan yang dikutip oleh Logitech, limbah elektronik global diproyeksikan tumbuh menjadi lebih dari 75 juta metrik ton pada tahun 2030, diperparah oleh tingkat konsumsi yang tinggi dan gadget dengan opsi perbaikan yang terbatas.

Logitech mengatakan bahwa mereka sedang mencoba untuk mengatasi hal ini dengan mendorong pelanggannya untuk memperbaiki dan merawat perangkat Logitech mereka, agar tidak dibuang ke TPA. “Konsumen sering kesulitan menemukan jalan untuk memperbaiki dan memperpanjang umur produk mereka,” ujar Prakash Arunkundrum, chief operating officer di Logitech.

Selain Logitech, iFixit juga bekerja sama dengan merek teknologi seperti Google, Samsung, dan Valve untuk membuat program perbaikan mandiri serupa. Semoga saja, suku cadang tersebut nantinya tersedia dibeli di Indonesia.

Sumber: TheVerge